Berita Wisata

Dispar Biak Numfor siapkan tiga desa jadi desa wisata 2023

Biak (ANTARA) – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua, telah menyiapkan tiga desa agar dapat ditetapkan sebagai desa wisata pada 2023 guna mendongkrak perekonomian warga setempat.

“Tiga desa wisata sudah disiapkan, yakni desa Sorido, Binsari dan Anggaduber/Anem-Kakur,” kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Onny Dangeubun kepada Biak, Jumat.

Diakui Onny, desa wisata merupakan bentuk keterpaduan antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang menyatu dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang terintegrasi dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

“Desa/desa wisata adalah desa yang hidup mandiri dengan potensi yang dimilikinya dan dapat menjual berbagai daya tariknya sebagai daya tarik wisata tanpa melibatkan investor,” ujarnya.

Secara khusus, desa wisata Binsari, menurut Onny, memiliki daya tarik wisata peninggalan Perang Dunia II, yakni goa Jepang.

Onny mengakui, desa wisata Binsari dengan objek wisata batu Jepang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Onny menyebutkan, untuk kriteria penetapan desa sebagai desa wisata memiliki potensi wisata alam yang bisa dijadikan daya tarik wisata.

“Selain memiliki aksesibilitas, dan sudah memiliki aktivitas wisata atau dekat dengan aktivitas wisata yang ada,” ujarnya.

Onny mengatakan, tiga desa wisata yang disiapkan Biak kini telah membangun infrastruktur pendukung yang memadai, seperti akses jalan, air minum, toilet, pendopo wisata dan tempat wisata lainnya.

“Dispar berharap tahun 2023 bisa masuk dalam kategori Anugerah Desa Wisata Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” harap Onny.

Diberitakan pula, pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata di Kabupaten Biak Numfor mendapat dukungan dana alokasi khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2022 yang mencapai Rp23,8 miliar.

Source: papua.antaranews.com

Related Articles

Back to top button