Berita Wisata

Komisi V DPR mendukung transformasi Tebing Sei Uluk menjadi tempat wisata

Indah sekali kawasannya, kalau sudah jadi bisa ditata ulang, mungkin bisa jadi tempat wisata sungai.

Kapuas Hulu (ANTARA) – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengatakan lokasi Situs Waduk Tebing Sei Uluk di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat sangat cocok untuk dikembangkan menjadi tempat wisata sungai terbuka di kawasan ini.

“Wilayah ini sangat indah. Setelah dibangun bisa dirombak, mungkin bisa jadi tempat wisata sungai, karena Kapuas Hulu salah satu ikon sungai itu,” kata Lasarus di lokasi pembangunan Rutan Tebing Sei Uluk . Tengah, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu.

Lasarus mengatakan wisata sungai terbuka seperti jogging track atau lari di tepi air, sehingga orang bisa bersantai.

Namun, rencana tersebut harus dikoordinasikan bersama, karena berkaitan dengan tanah milik masyarakat.

“Saya sempat berdiskusi dengan Bupati Kapuas Hulu, untuk rencana penataan ke depan, kami bisa masuk untuk mendorong dan mendukung,” lanjut dia.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan, rencana penataan lokasi tebing di kawasan wisata akan dilanjutkan dengan koordinasi dan kajian.

Sebagai pemimpin daerah, Fransiskus sangat mendukung pengembangan ke depan sebagai kawasan wisata, seperti waterfront dan lintasan lari atau jogging.

“Kalau sudah dibangun dengan baik, kita akan pasang, nanti kita lihat kegunaannya dan kita kaji ulang, karena di sekitar tempat ini selalu ada area komunitas juga,” kata Fransiskus.

Ditambahkannya, yang sudah masuk dalam perencanaan pembangunan yaitu waterfront yang berada di bantaran sungai di sekitar rumah dinas Bupati Kapuas Hulu.

“Jika desain di depan Rumah Dinas Bupati Kapuas Hulu sudah masuk, diperkirakan pembangunannya akan dimulai pada 2023,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Kapuas Hulu-Sandiaga Uno Bahas Potensi Wisata Danau Sentarum

Reporter: Theophilusianto Timothy
Penerbit : Budisantoso Budiman
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Back to top button