Tempat Wisata

Elyora Beach Batam – atraksi, aktivitas liburan, tempat dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket Pantai Elyora salah satu pantai pasir putih yang indah di ujung Jembatan Barelang Batam, Kepulauan Riau. Pantai yang bersih dengan panorama alam yang menawan dan didukung dengan fasilitas yang memadai layak menjadi destinasi liburan Anda.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; map: Cek lokasi

Berbicara tentang kota Batam tidak akan ada habisnya jika kita membicarakan tentang pantai-pantai indah di kota ini. Tak heran, karena lokasi tempat ini dikelilingi pantai dan laut dari segala arah. Dari sekian banyak pantai di Batam, Pantai Elyora menjadi salah satu yang dijadikan rekomendasi wisata.

Pantai yang dibuka untuk umum pada Januari 2018 ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Namun, sebelum resmi dibuka, pantai ini sangat sepi karena tidak banyak orang yang mengetahuinya. Seiring berjalannya waktu, keberadaan pantai ini mulai dikenal masyarakat luas.

Oleh karena itu, pemerintah setempat akhirnya memperbaiki fasilitas yang ada di pantai dan mendesain bagian-bagian pantai agar terlihat lebih bagus. Tentunya sejak diresmikan, pantai ini menjadi tujuan para wisatawan yang datang ke kota Batam untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

Atraksi Pantai Elyora

Atraksi Pantai ElyoraKredit Foto: Google Maps Kambing Beraroma

1. Memiliki garis pantai yang lebar

Pantai Elyora memiliki kemiripan dengan salah satu pantai lain di Batam, yaitu Pantai Reviola. Kemiripan kedua pantai ini terletak pada lebar pantainya. Sehingga tidak sedikit orang yang mengira bahwa pantai ini adalah saudara kembar dari pantai Reviola. Tak hanya itu, kedua pantai ini memiliki pemandangan yang sama-sama indah.

Luasnya garis pantai semakin terlihat seiring surutnya air laut. Pantai ini terlihat memiliki pasir yang sangat luas dan pengunjung bisa menggunakannya untuk bermain. Saat air surut, ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai.

Momen air surut bisa Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas. Biasanya pengunjung memanfaatkan luasnya pantai untuk berbagai permainan seperti sepak bola, voli atau sekedar jogging.

2. Pasir putih lembut

Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang indah. Pasir putihnya yang halus menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Inilah salah satu keunggulan pantai ini karena tidak semua pantai di Kota Batam memiliki pasir putih dan bersih.

Anda akan terkesima dan terpesona saat tiba di pantai ini. Keindahan pasir putih akan menyambut Anda. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga. Anda bisa membawa keluarga untuk piknik di atas pasir yang indah. Anak-anak bisa bermain pasir di tepi pantai.

3. Mangrove kering di tengah pantai

Saat cuaca panas terik, wisatawan umumnya mencari perlindungan di bawah pohon bakau besar yang kering ini. Pengunjung bisa bersantai di bawah pohon bakau sambil menikmati makanan atau minum air kelapa yang sudah dipesan. Karena dalam cuaca panas Anda lebih cepat lelah dan haus daripada di cuaca normal.

Selain sebagai tempat berteduh dari terik matahari, tak jarang orang-orang berfoto di bawah pohon bakau yang kering ini. Para wisatawan merasa bahwa mangrove yang kering memiliki nilai keindahan saat difoto. Pasti banyak orang yang mondar-mandir di bawah pohon bakau, meski tidak terlalu panas.

Alamat, rute, lokasi dan harga tiket Pantai Elyora

Alamat Pantai ElyoraKredit foto: Google Maps Nurrina Dwi Larasati

Pantai berpasir putih ini terletak di Pulau Galang, lebih tepatnya berjarak sekitar 75-80 km dari pusat Kota Batam. Oleh karena itu, waktu untuk sampai ke pantai ini sekitar 2 jam tergantung kondisi jalan dan juga pengemudinya.

Sepanjang perjalanan Anda bisa melihat pemandangan alam yang segar berupa hutan atau kebun yang akan menemani perjalanan Anda. Tempat wisata ini berada di ujung Jembatan Barelang yang berada di sebuah jembatan yang bernama Raja Kecik atau bisa dibilang Jembatan 6. Jangan takut tersesat karena ada banyak petunjuk di sepanjang jalan.

Setelah Anda menemukan panduan pasti tempat wisata yang ingin Anda tuju, tinggal beberapa langkah lagi untuk menuju tempat wisata tersebut. Jalan menuju tempat wisata ini cukup berbatu dan juga berlumpur. Namun, bisa terbayar setibanya Anda dan Anda bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan berupa pantai di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Saat Anda tiba di Pantai Elyora, ada petugas yang akan menjualkan Anda tiket pantai dengan harga yang sangat terjangkau. Biaya masuknya hanya sekitar 10.000 rupiah untuk satu orang dan bukan untuk 1 kendaraan. Hanya dengan 10.000 rupiah Anda sudah bisa menikmati pantai yang menakjubkan.

Harganya sangat murah dengan banyak atraksi dan juga fasilitas yang masuk akal. Untuk biaya lainnya dikenakan biaya parkir yang disesuaikan dengan jenis kendaraan yang Anda bawa. Biaya parkir kendaraan roda 4 sebesar Rp 5000 dan untuk kendaraan roda 2 hanya Rp 2000.

Aktivitas seru di Pantai Elyora

Aktivitas Rekreasi Pantai ElyoraKredit foto: Google Maps Cahya Setiawan

1. Coba fasilitas game

Jika bosan hanya sekedar berenang atau bermain pasir, ada fasilitas bermain air yang menarik untuk dicoba di sini. Pengelola pantai telah menyediakan fasilitas permainan air seperti banana boat dan perahu kecil.

Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin, bermain banana boat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata. Jangan khawatir karena wahana banana boat hadir dengan keamanan yang terjamin. Tentu saja, untuk menikmati wahana tersebut, Anda perlu menyiapkan anggaran di luar biaya masuk.

Ada juga persewaan perahu kecil di sini untuk sampai ke pulau di seberang. Tarifnya sendiri sangat murah, hanya sekitar Rp 30.000 untuk satu orang. Disana kamu juga bisa berfoto dengan background yang indah dengan pemandangan laut.

2. Berfoto di tempat yang indah

Rasanya kurang afdhol ketika pergi ke suatu tempat yang eksotis dan mempesona namun lupa untuk mengambil foto dan mengabadikan momen tersebut. Itulah yang dilakukan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Elyora. Bahkan tidak heran, karena di pantai ini banyak terdapat spot foto yang cocok untuk Instagram dan cocok untuk dibagikan di media sosial.

Pantai cantik ini sering dijadikan sebagai spot untuk pemotretan prewedding. Keindahan alam pantai yang mempesona memang sangat cocok dijadikan sebagai latar foto bagi pasangan yang akan menikah. Tentunya pasangan yang mengabadikan momen spesial akan puas dengan hasil foto yang diterima.

3. Berenang di pantai dan bermain pasir

Ombak di sini cukup tenang dan bersahabat, sehingga sangat aman untuk berenang. Namun, Anda harus melindungi diri sendiri dan orang-orang terdekat Anda.

Tentunya jika ingin berenang pastikan bisa berenang dan menggunakan alat pengaman seperti pelampung. Jika Anda tidak membawa peralatan, di sini juga ada tempat persewaan yang bisa Anda gunakan.

Jika Anda membawa keluarga ke sini, Anda bisa mengajak anak-anak bermain di pasir putih yang indah. Pasir lembut Pantai Elyro tentunya bisa dijadikan berbagai miniatur bangunan unik seperti istana, rumah, dan miniatur hewan.

Akomodasi murah terdekat dari Lokasi Pantai Elyora

Akomodasi murah terdekat dari Lokasi Pantai ElyoraKredit foto: Google Maps Dikdok B

1. Resor Morelo Kelong

Bagi Anda yang memiliki budget minim, penginapan ini bisa menjadi referensi yang tepat. Resor ini memiliki fasilitas yang tidak terlalu banyak namun sangat nyaman untuk ditinggali. Pemandangan di sekitar tempat ini juga sangat indah. Jarak penginapan dengan pantai hanya sekitar 15 km. Situs tersebut berada di kawasan Sijantung.

2. Resor SBS

Hotel ini cukup lengkap dengan fasilitasnya. Namun jaraknya lebih jauh dari penginapan sebelumnya yaitu 20 km. Hotel bintang 3 ini terletak di Sembulang. Untuk masalah akomodasi, harganya juga masih cukup terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan di sekitar penginapan yang sangat mempesona.

3. Pulau Labun

Rekomendasi terakhir untuk menginap di dekat Pantai Elyora adalah pulau Labun. Jarak hotel ini sangat dekat dengan lokasi pantai yang hanya 6,9km jadi lumayan dekat. Fasilitas di penginapan ini juga cukup lengkap.

Fasilitas Wisata di Pantai Elyora Batam

Fasilitas Elyora Beach BatamKredit Foto: Google Maps Ade Jaya S

Dari segi fasilitas, Pantai Elyora memiliki banyak fasilitas yang sangat menunjang kebutuhan para pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Fasilitas tersebut seperti toilet, kamar mandi atau ruang ganti dan juga terdapat tempat untuk sholat.

Di tempat wisata ini juga bisa disewakan paviliun, harga sewanya dipatok 100.000 rupiah. Di paviliun ini Anda bisa menikmati bekal makan siang atau kuliner di sekitar pantai. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang cukup luas.

Kalau ke Kota Batam, jangan lupa mampir ke Pantai Elyora. Karena begitu sampai, destinasi wisata ini akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga semakin banyak wisatawan yang datang ke pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button