Berita Wisata

Ya, mari kita pilih Lamongan 2022, bertanggung jawab untuk membantu mempromosikan pariwisata secara modern

Laporan reporter Tribune Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN – Setelah tiga tahun vakum akibat Covid-19, Lamongan kembali menyelenggarakan event untuk menggali potensi generasi muda melalui pemilihan Duta Wisata Yak Yuk Lamongan.

Generasi muda ini nantinya akan berpartisipasi dalam pelestarian dan pengembangan potensi seni budaya, ekonomi kreatif dan pengembangan pariwisata di Lamongan.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan bekerja sama dengan Himpunan Duta Wisata Yak Yuk Lamongan sukses menyelenggarakan Program Seleksi Duta Wisata tahunan.

Tiga Rizki Eko Saputra dan Diyah Ayu Safitri terpilih sebagai juara sebagai Duta Wisata Yak Yuk Lamongan 2022 dalam Grand Final yang digelar di Lamongan Sport Center, Jumat (14/10/2022) malam.

Yak Rizki yang masih bersekolah di SMKN 1 Sambeng dan Yuk Diyah yang merupakan siswa Polinema berhak mewakili Lamongan pada acara Pemilihan Duta Wisata Raka Raki di Provinsi Jawa Timur.

Selain juara 1, ia juga dinobatkan sebagai 1st Yak Rep Abigail Ulil Albab (Unair) dan Yuk Ailsa Shafa Salsabila (SMA N 2 Lamongan) dan 2nd Yak Rep M. Brillian Pahleva (SMAN 1 Babat) dan Yuk Rosyida Sadza Afifah (Pulpen).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak para finalis untuk menjadi generasi muda yang selalu kreatif dan inovatif. Memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Lamongan secara digital dan kontemporer.

“Sudah menjadi komitmen Pemkab Lamongan untuk lebih gencar memperkenalkan wisata Lamongan, baik alam, buatan, religi maupun budaya, agar masyarakat luas mengetahuinya”, ujar Yuhronur.

Ia meminta Yak Yuk Lamongan menjadi pelopor dalam melatih generasi muda untuk lebih mencintai budaya lokal. Padahal kemungkinan menorehkan prestasi masih terbuka lebar.

Melihat gelar bergengsi ini, kata Yuhronur, tentu menjadi kebanggaan tersendiri, semua pihak harus merasakan kontribusi positif dari masyarakat Yak Yuk, terutama dalam hal memajukan pariwisata, melestarikan budaya dan mengembangkan mentalitas generasi muda di dunia Joko Tingkir.

Sementara itu, Ketua Disparbud Lamongan, Yuhronur Siti Rubikah menjelaskan selain menyematkan juara 1, 1 rep dan 2 rep, Yak Yuk juga memilihkan busana terbaik.

Yak Yuk Talent, Yak Yuk Favorite dan Yak Yuk Friendship berpartisipasi dalam 125 entri mulai dari siswa SMA hingga mahasiswa.

Tak hanya menggembar-gemborkan yang terbaik, pada malam Grand Final Duta Wisata Yak Yuk Lamongan 2022, tarian tradisional juga disuguhkan hingga penampilan 30 finalis Yak Yuk yang dibalut drama musikal.

Source: jatim.tribunnews.com

Related Articles

Back to top button