Berita Wisata

Tempat Wisata Di Lampung Cocok untuk Camping dan Keindahan Pantai Kalianda

Tribunlampung.co.id, Lampung Selatan – Mencari tempat wisata di Lampung yang cocok untuk camping sambil menikmati semilir angin pantai? Pantai Semukuk di Desa Pauh Tanjung Iman, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan cocok dijadikan rekomendasi.

Pantai Semukuk di Kalianda Lampung Selatan menyuguhkan tempat wisata di Lampung dengan panorama pantai Sumatera Selatan yang indah serta tenda untuk camping. Fasilitas camping turis serta jasa tenda bermalam sengaja disediakan untuk pengunjung dengan sistem sewa.

Apalagi banyak spot foto yang bisa digunakan pengunjung untuk mengabadikan momen seru saat camping di Pantai Semukuk, Kalianda, Lampung Selatan. Tempat wisata di Lampung ini telah resmi menjadi destinasi wisata bahari di Lampung Selatan selama 9 tahun atau sekitar tahun 2013.

Arti nama Pantai Semukuk menurut salah satu wali yaitu Rusli Ismail karena tempat ini dulunya banyak terdapat pohon semukuk. Kini keberadaan pohon semukuk sudah mulai padam dan untuk mengenang tumbuhan tersebut dulu ada pohon semukuk maka masyarakat setempat menamakan pantai Pantai Semukuk.

“Menurut cerita masyarakat setempat, secara turun-temurun di kawasan pesisir ini banyak terdapat pohon semukuk,” jelas Rustam, panggilan akrabnya.

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Lampung, Nikmati Siluet Kapal Tanker di Pantai Tiska

Baca Juga: Tempat Wisata Gratis di Lampung, Santai Bersama Keluarga di Kota Metro Dewi Amor

Diakuinya, keberadaan pohon itu sudah lama, bahkan dia tidak menemukannya.

“Dulu banyak pohon semukuk di sini, sudah lama sekali bahkan saya sempat melihat seperti apa pohonnya,” Rustam, Selasa (13/9/2022).

Untuk menuju Pantai Semukuk, pengunjung atau wisatawan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam jika dari Bandar Lampung, dan 1 jam jika melalui Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Jika dari kota Kalianda sekitar 5-7 menit.

Dari arah tugu Adipura, pengunjung atau wisatawan langsung menuju dermaga bom Kalianda. Kemudian lanjutkan perjalanan selama kurang lebih 5 menit menuju desa Pauh Tanjung Iman.

Desa Pauh Tanjung Iman sendiri merupakan sebuah desa yang terletak di pesisir pantai Kalianda. Dan jalan menuju pantai Semukuk adalah jalan pantai.

Untuk petunjuk arah, pengunjung akan menemukan papan petunjuk di sebelah Alfamart, dari perempatan menuju lokasi sekitar 500-600 meter.

Biaya masuk ke pantai Semukuk, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10 ribu saja. Harga tiket parkir kendaraan roda empat dan lain-lain dikenakan sebesar Rp 10.000 per unit. Dan untuk harga tiket parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per unit

“Kami selalu memberikan tiket parkir gratis untuk kendaraan bermotor, tetapi jika ada hari libur besar, akhir pekan atau hari libur panjang, kami mengenakan biaya Rp 5.000 per unit,” kata Rustam.

Selain pengunjung bisa berkunjung sekali, pengunjung juga bisa menginap. Untuk fasilitas ini, pengunjung bisa memilih wisata camping. Harga tiket camping adalah Rp 20.000 per orang.

Source: lampung.tribunnews.com

Related Articles

Back to top button