Berita Wisata

5 perpustakaan estetika di Jakarta, tinggalkan kesan monoton

Perpustakaan sering diidentikkan dengan kegiatan yang terkesan monoton, membosankan dan tidak menarik. Anggapan lama inilah yang sering menjadi alasan mengapa banyak perpustakaan yang sepi peminatnya. Perpustakaan hari ini juga menawarkan banyak Ruang kerja umum nyaman bagi Anda untuk melakukan pekerjaan rumah atau pekerjaan.

Berikut lima rekomendasi perpustakaan estetika di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Tidak ada alasan lagi untuk malas ke perpustakaan, kan? Ayo, perhatikan baik-baik!

1. Perpustakaan Cikini Jakarta, Taman Ismail Marzuki

5 perpustakaan estetika di Jakarta, tinggalkan kesan monotonPerpustakaan Cikini Jakarta, Taman Ismail Marzuki (youtube.com/Maura Studio)

Perpustakaan ini baru dibuka untuk umum pada tanggal 8 Juli 2022. Meski terlihat baru, perpustakaan ini ramai dibicarakan saat pertama kali dibuka. Perpustakaan ini pasti masuk kronologi media sosial Anda, bukan?

Perpustakaan ini berlokasi di Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No.73, Cikini, Jakarta Pusat. Beroperasi setiap hari dari pukul 9.00 hingga 17.00. Namun, untuk dapat berkunjung ke sini, Anda harus melakukan reservasi langsung on line pertama.

Ada sekitar 190.000 koleksi buku di perpustakaan ini. Selain itu, perpustakaan ini juga menawarkan ruang obrolan, ruang baca pribadi, ruang kerja untuk bekerja atau mengerjakan pekerjaan rumah, hingga layanan multimedia yang menyediakan komputer dan WiFi gratis dan sangat praktis.

Di perpustakaan ini Anda juga dapat menemukan banyak tempat sangat foto instagramable kamu tahu! cocok untuk menambah koleksi foto anda di instagram.

2. Perpustakaan Institut Liberty

5 perpustakaan estetika di Jakarta, tinggalkan kesan monotonPerpustakaan Freedom Institute (twitter.com/Kemenparekraf)

Perpustakaan ini berlokasi di Wisma Bakrie 1, Jalan HR Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Beroperasi dari Senin hingga Jumat dari pukul 9.00 hingga 17.00.

Di perpustakaan ini terdapat sekitar 14.000 koleksi buku dari berbagai kategori, seperti agama, ilmu sosial, politik, ekonomi, sastra, sejarah, filsafat, dan masih banyak lagi. Selain itu, perpustakaan ini memiliki interior yang dapat menciptakan suasana tenang, serta ruang baca yang kondusif dan sangat nyaman untuk membaca buku.

Namun sayangnya layanan peminjaman buku untuk dibawa pulang belum tersedia, namun pengunjung dapat memfotokopi buku atau lembaran buku yang dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Perpustakaan Gratis dan Mudah Digunakan

3. Perpustakaan Nasional RI

5 perpustakaan estetika di Jakarta, tinggalkan kesan monotonRuang Kerja Perpustakaan Nasional RI (youtube.com/Walking Around)

Perpustakaan ini terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat. Dikutip dari akun Instagram resminya, perpustakaan ini beroperasi pada hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 hingga 21.00 dan Sabtu hingga Minggu dari pukul 09.00 hingga 16.00, serta tutup pada hari libur dan hari libur bank.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Perpustakaan ini dianggap sebagai perpustakaan tertinggi di dunia, lho! Selain itu juga banyak fasilitas yang semuanya gratis, seperti WiFi, komputer, ruang kerja nyaman dan estetis untuk bekerja atau mengerjakan tugas, bahkan di lantai 24 yang merupakan lantai paling atas pun ada atap yang langsung menghadap Monas dan gedung-gedung tinggi Jakarta. Sangat cocok untuk mengambil foto untuk menambah koleksi foto Instagram Anda. Betapa menyenangkan bukan?

Uniknya, perpustakaan ini menyimpan manuskrip kuno asli yang telah mendapat sertifikat dari UNESCO dan tersimpan rapi di perpustakaan ini. Bahkan, kamu bisa meminjam dan membaca di ruang baca khusus, lho!

Namun, untuk menikmati semua fasilitas tersebut, Anda harus terlebih dahulu membuat kartu anggota Perpustakaan Nasional RI. Yang membuatnya cukup mudah, cepat dan tentunya gratis.

4. Perpustakaan Erasmus Huis Perpustakaan

5 perpustakaan estetika di Jakarta, tinggalkan kesan monotonPerpustakaan Erasmus Huis (twitter.com/ameliardany)

Nah, jika perpustakaan ini terletak di Kedutaan Besar Belanda di Jakarta kamu tahu! Erasmus Huis sendiri merupakan pusat kebudayaan Belanda. Berlokasi di Jl. HR Rasuna Said Blok C No.3, Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Dikutip dari akun Instagram resminya, perpustakaan ini beroperasi Selasa hingga Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 16.00.

Koleksi buku perpustakaan ini mencapai 14.000 dan didominasi oleh kategori sastra dan sejarah. Namun, sebagian besar koleksi buku di perpustakaan ini berbahasa Belanda, namun ada juga yang berbahasa Inggris dan Indonesia. Untuk dapat meminjam koleksi buku, pengunjung harus melakukan registrasi kartu anggota dan membayar biaya keanggotaan.

Selain itu, perpustakaan ini juga menjadi wadah kolaborasi budaya Indonesia dan Belanda. Ini juga memiliki auditorium untuk pertunjukan budaya.

Perpustakaan ini memiliki interior khas Belanda bergaya minimalis modern dengan perpaduan warna coklat dan putih yang menciptakan suasana nyaman, sehingga semua orang pasti betah berlama-lama.

5. Perpustakaan Goethe Institute

5 perpustakaan estetika di Jakarta, tinggalkan kesan monotonPerpustakaan Goethe-Institut Jakarta (youtube.com/Gloria Charlotte SH Siringoringo)

Perpustakaan ini terletak di Pusat Kebudayaan Jerman, Jl. Sam Ratulangi No. 9, Gondangdia, Jakarta Pusat. Beroperasi Senin-Jumat 11:00-21:00, Sabtu 11:00-19:00 WIB dan Minggu 11:00-15:00 WIB.

Kutipan dari halaman situs web Secara resmi, Goethe Institute memiliki koleksi sekitar 40.000 materi cetak dan digital yang akan terus diperbarui. Selain itu, pengunjung juga dapat meminjam koleksi buku dari Goethe Institute.

Bagi Anda yang membawa buah hati tercinta, jangan khawatir, Goethe Institute juga memiliki banyak koleksi buku anak dan ruang bermain yang sangat nyaman.

Selain banyak koleksi buku, perpustakaan ini juga menawarkan beberapa fasilitas menarik lainnya, seperti ruang baca yang sangat bersih dan nyaman, WiFi gratis, mesin fotokopi, pencetakiPad, pemutar CD mendengarkan lagu Jerman, pendengar, dan banyak lagi.

Selain itu, setiap hari Jumat Goethe-Institut mengadakan play day yang terbuka untuk umum lho! Wah, sangat menyenangkan bukan?

Dari daftar perpustakaan di atas, mana yang ingin Anda kunjungi?

Baca Juga: 9 Potret Taman Buku, Perpustakaan Estetika di Itaewon, Seoul

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Back to top button