Berita Wisata

KSOP Tambah Izin Guna Dermaga Untuk Permudah Distribusi Logistik di IKN – Media Harapan

MEDIAHARAPAN.COM, Balikpapan – Kantor Otoritas Pelabuhan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Balikpapan akan menambah izin pantai dan dermaga di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Tujuannya adalah untuk mempercepat transportasi laut dan distribusi logistik untuk pembangunan ibu kota negara (IKN) nusantara.

“Dalam rangka mempersiapkan jalur distribusi logistik untuk industri perkapalan dan mengantisipasi masa depan distribusi logistik IKN yang baik, kami mengusulkan penambahan jalur pelayaran dan area tambat,” kata Kepala KSOP Balikpapan, Takwim Masuku dalam siaran pers di Minggu. (16/10).

Mengenai pembangunan pengembangan IKN, Takwim menjelaskan, selama ini sudah ada penambahan dermaga baru untuk pemanfaatan bibir pantai yang sudah diberikan izin.

Karena sebelumnya hanya ada dua dermaga. Yaitu PT Tepian Sekapung Nusantara, dan Bentang Panjang Pulau Balang di sisi Tempadung.

Ke depan, akan segera direalisasikan di enam dermaga. Setelah keluarnya empat izin baru, untuk Bumdes Makmur Mandiri, CV Mandiri Multi Material, PT Tepian Benuo Paser (Punggur) dan PT Balikpapan Ready Mix.

“Selanjutnya dalam rangka mempersiapkan jalur distribusi logistik untuk industri perkapalan dan mengantisipasi distribusi logistik IKN ke depan, kami menyediakan tambahan jalur pelayaran dan tempat berlabuh,” kata Takwim.

Untuk kawasan Pelabuhan Balikpapan, selain jalur pelayaran yang sudah diatur ke Jembatan Pulau Balang, diusulkan penambahan jalur pelayaran dari Jembatan Pulau Balang di IKN. “Penyelidikan telah dilakukan. Tinggal mengurus izinnya saja,” jelasnya.

Sementara itu, untuk kawasan berlabuh selain kawasan berlabuh eksisting (8 kawasan) di Kawasan Lingkungan Kerja Pelabuhan (DLKR) dan Kawasan Kepentingan Lingkungan Pelabuhan (DLKP) Pelabuhan Balikpapan diusulkan penambahan 4 kawasan tambat baru untuk angkutan logistik IKN. kapal.

Diharapkan dengan adanya penambahan alur pelayaran dan daerah berlabuh, penyiapan alur laut untuk distribusi logistik IKN dapat berjalan lebih lancar kedepannya.

“Saat ini ada beberapa usulan BBPJN untuk pemanfaatan pesisir yang saat ini sedang dalam proses evaluasi dan memenuhi persyaratan,” kata Takwim. (Cecep Gorbachev)

komentar

komentar

Source: mediaharapan.com

Related Articles

Back to top button