Tempat Wisata

Wisata Sawah Pematang Johar, Tempat Rekreasi Favorit Keluarga di Deli Serdang

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 08.00 – 20.00 WIB, Alamat: JL. Dusun VI, Pematang Johar, Kec. Labuhan Deli, Kab.Deli Serdang, Sumatera Utara; map: Cek lokasi

Wisata Sawah Pematang Johar merupakan salah satu desa wisata yang baru saja diresmikan. Terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara, tempat wisata ini langsung menjadi destinasi populer. Lokasi pedesaan memang sangat cocok untuk liburan keluarga dan belajar hal baru yang tidak terdapat di perkotaan.

Desa wisata ini memiliki luas 1.750 hektar. Dikelola oleh Kepala Desa Pematang Johar dan bekerjasama dengan PT. Taman bisnis Medan. Keberadaan tempat wisata ini disambut baik oleh masyarakat karena telah meningkatkan perekonomian warga sekitar. Kerjasama dengan masyarakat berupa sewa lahan dan petani dapat terus menikmati hasil panen.

Saat ini manajemen sedang merencanakan berbagai fasilitas baru. Salah satunya adalah rencana membangun homestay dengan konsep hunian yang sederhana dan nyaman. Penginapan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan warga. Selain itu, ada juga rencana untuk membangun fasilitas outbond yang akan menarik lebih banyak pengunjung.

Daya Tarik Wisata Sawah Pematang Johar

Daya tarik persawahan Pematang JoharKredit foto: Instagram

1. Sawah

Sebagai objek utama, persawahan di Desa Wisata Pematang Johar menjadi daya tarik tersendiri. Ini positif karena tidak ada sawah yang rusak. Sawah tidak berubah dan pemiliknya tetap bisa bercocok tanam dan menikmati hasil panen.

Matahari terbit dan terbenam di tempat sejuk ini juga menjadi salah satu daya tarik utama. Jika Anda biasanya melihat matahari terbit atau terbenam di puncak gunung atau di pantai, desa wisata ini akan menawarkan pemandangan yang tidak kalah indah dan romantis. Tak heran jika banyak pengunjung yang menunggu momen ini.

Pengunjung juga bisa ikut bertani dan berlibur sambil belajar bertani. Saat pengunjung datang saat nasi mulai menguning, pemandangan terlihat semakin indah. Saat musim panen, pengunjung kemudian dapat melihat secara langsung bagaimana beras diolah menjadi beras.

2. Kolam renang

Di kawasan desa wisata Pematang Johar terdapat kolam dengan sepeda bebek. Fasilitas ini menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. Banyak pengunjung terutama anak-anak yang antusias mencoba fasilitas ini. Tak perlu merogoh kocek, liburan keluarga bisa lebih menyenangkan.

3. Tempat foto

Keindahan pemandangan sawah yang terhampar luas menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berfoto. Spot foto menarik lainnya juga direncanakan. Adanya jembatan warna yang terbuat dari bambu menjadikan tempat ini unik. Oleh karena itu, pengunjung jangan lupa mengabadikan pengalaman saat berkunjung ke desa wisata ini.

Banyak pengunjung yang mengunggah foto di desa wisata ini. Dengan pemandangan yang memukau, banyak pengguna media sosial lainnya yang penasaran ingin melihat secara langsung keindahan pedesaan dan persawahan yang terhampar.

4. Taman Bacaan

Daya Tarik Wisata Sawah PematangKredit foto: Facebook oleh PapiNya Rifqi Rendy

Wisata Nasi Pematang Johar juga berencana menjadikan destinasi ini sebagai wisata edukasi. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan taman baca. Gedung perpustakaan ini tergolong baru, namun bagi Anda yang gemar membaca pasti akan tertarik untuk datang. Membaca buku sambil merasakan suasana yang asri pasti akan lebih menenangkan dan nyaman.

5. Wisata ramah lingkungan

Semua akomodasi di desa liburan menggunakan bahan ramah lingkungan. Misalnya meja dan kursi atau furniture lain yang terbuat dari bahan Ecobrick. Bahan baku ecobrick berasal dari pengolahan sampah plastik dari TPA kota. Selain itu, pengelola juga meminimalisir penggunaan plastik di area ini.

Jalur pejalan kaki dan gubuk juga terbuat dari bahan bambu. Untuk tampilan yang lebih baik, jalur pejalan kaki ini telah dicat dengan warna dan dirancang sebagai tempat berfoto bagi pengunjung. Sedangkan untuk sumber listriknya dengan panel surya.

Bahkan, penggunaan material ramah lingkungan semakin menarik pengunjung. Penggunaan bambu membuat suasana lebih asri dan terasa khas pedesaan. Banyak pengunjung yang terkesan untuk kembali dan menikmati suasana seperti itu. Anak-anak juga bisa bermain dengan bebas dan belajar untuk tidak merusak lingkungan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat persawahan PematangKredit foto: Google Maps Fadilsyah lubis

Wisata Sawah Pematang Johar terletak di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Terletak di Jl. Johar Raya, Pematang Johar, Kabupaten Labuhan Deli. Wisata ini tidak sulit ditemukan. Bisa juga menggunakan kendaraan roda dua, roda empat atau bus. Selain itu, infrastruktur untuk menuju lokasi mudah dikendarai dan sudah bagus.

Ada beberapa cara untuk sampai ke lokasi. Jika Anda datang dari Medan, Anda bisa berkendara melalui Jalan Yos Sudarso yang berjarak sekitar 36 km. Saat sampai di Jalan Pulau Sumatera, Anda bisa menuju Jalan Rawe 7 sebagai koordinat terakhir. Atau bisa juga melalui Jalan Sampali atau Jalan Williem Iskandar. Dari alternatif ini bisa ditempuh selama 40-45 menit.

Anda juga dapat mencapai lokasi dengan transportasi umum. Salah satu bentuk angkutan umum yang dapat digunakan adalah trayek. Anda juga bisa menggunakan angkot 79 hijau. Angkutan umum ini cukup terjangkau untuk kantong Anda.

Harga tiket masuk objek wisata sawah

Harga tiket wisata sawahKredit foto: Google Maps Fadilsyah lubis

Wisata Sawah buka setiap hari dari hari Senin hingga Minggu dari pukul 08:00 hingga 20:00. Karena beroperasi hingga malam hari, Anda dapat melihat matahari terbenam dan pemandangan unik persawahan di malam hari.

Biaya masuk tempat wisata juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 5000 saja untuk dewasa dan anak-anak. Tentunya harga ini tergolong murah untuk tujuan wisata keluarga. Harga tiket wisata Pematang Johar dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Kegiatan menarik di wisata sawah

Kegiatan wisata persawahan Pematang JoharFoto oleh Google Maps Ryan S

Meningkatnya jumlah pengunjung Desa Wisata Pematang Johar Sawah mendorong pengelola untuk menyiapkan kegiatan edukasi dan hiburan lainnya untuk menjadikan desa wisata ini lebih menarik. Saat ini di desa wisata ini terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa anda lakukan selama liburan.

1. Ambil foto

Banyaknya spot foto yang disediakan pengelola menjadikan desa wisata ini sebagai destinasi untuk foto backdrop yang epic. Pemandangan alam, persawahan dan keindahannya membuat hasil foto lebih bagus untuk diunggah ke media sosial. Jembatan bambu dan gubuk membuat tempat ini terlihat unik dan rustic.

Pengelola juga mendesain spot foto dan juga memasang payung warna-warni. Jembatan ini juga dicat dengan warna berbeda agar terlihat menarik. Dikelilingi oleh hamparan persawahan, tempat wisata ini sebenarnya merupakan spot foto yang sangat bagus.

2. Sepeda bebek

Penyediaan fasilitas ini bisa dijadikan aktivitas seru saat Anda berkunjung ke wisata persawahan Pematang Johar ini. Sambil berolahraga, Anda bisa merasakan keindahan alam dan kolam renang bersama keluarga. Sepeda bebek ini banyak diminati para pengunjung. Anda akan ingin mencobanya juga ketika Anda mengunjungi tempat ini.

3. Membaca

Setelah mengunjungi desa wisata ini anda bisa beristirahat di taman bacaan yang telah disediakan. Bagi Anda yang menyukai buku, Anda dapat menikmati angin sepoi-sepoi sambil membaca buku-buku yang tersedia. Taman baca ini juga cocok untuk anak-anak untuk menambah wawasan dengan membaca lebih banyak buku.

4. Berkumpul bersama keluarga

Kegiatan Lainnya Wisata Sawah Pematang JoharFoto oleh Google Maps Yuki Febrian

Desa wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Anak-anak bisa bermain dengan bebas. Anda juga bisa menggunakan kabin dan gubuk yang disediakan untuk singgah. Tentu saja, berkumpul bersama keluarga, menikmati pemandangan yang indah dan merasakan suasana pedesaan akan menjadi liburan yang menyenangkan.

5. Wisata kuliner

Di kawasan wisata persawahan ini juga terdapat warung makan yang harganya cukup murah dan enak. Ada banyak menu untuk dipilih, termasuk makanan laut atau kelapa muda yang ditanam di kebun setempat. Selain itu, warung ini juga menawarkan makanan tradisional seperti singkong, ubi atau jagung pada hari Sabtu dan Minggu. Menu ini akan membuat Anda lebih merasakan suasana khas pedesaan.

6. Belajar bertani

Anda dapat bergabung dengan petani untuk belajar cara bercocok tanam. Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana para petani memanen padi dan mengolahnya menjadi beras. Oleh karena itu, wisata menarik ini sangat cocok untuk liburan keluarga, karena selain berlibur, Anda juga bisa belajar hal baru.

Fasilitas yang tersedia di Sawah Pematang Johar

Fasilitas di Padi PematangKredit foto: Facebook Pematang Johar

Wisata sawah ini merupakan desa wisata yang sedang dibangun dan juga menyediakan fasilitas untuk digunakan pengunjung. Terdapat tempat parkir bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, mushola, terdapat toilet, dan gubuk dan gubuk untuk istirahat. Fasilitas seperti sepeda bebek dan taman baca juga tersedia bagi pengunjung.

Wisata Nasi Pematang Johar tidak hanya menghadirkan suasana khas pedesaan di Deli Serdang, tetapi juga memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung yang datang. Selain itu, pengelola akan mengembangkan dan menambah lebih banyak fasilitas di masa mendatang. Oleh karena itu, Anda bisa memilih desa wisata ini untuk membawa keluarga dan menghabiskan waktu liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button