Tempat Wisata

Pantai Tanjung Setia Lampung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket Pantai Tanjung Setia salah satu pantai terindah di Lampung Barat. Pantai ini populer karena ombaknya yang cocok untuk aktivitas selancar dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

harga tiket: Rp 8.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tanjung Setia, Kec. Pantai Barat, Kab.Lampung Barat, Lampung; map: Cek lokasi

Pantai Tanjung Setia yang indah pasti akan menyenangkan para peselancar di wilayah Lampung pulau Sumatera ini. Anda mungkin berpikir bahwa hanya pulau Bali yang memiliki begitu banyak pesona pantai.

Tanjung Setia terletak di jalur arus Samudera Hindia, yang membuat ombak di pantai ini stabil dan cocok untuk berselancar. Pantai ini terkenal di kalangan peselancar yang mengejar ombak di seluruh penjuru dunia. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sungguh memukau setiap pasang mata yang melihatnya.

Meskipun banyak peselancar yang mengetahui pantai ini, namun pantai ini masih tergolong pantai tersembunyi atau hidden gems. Karena jarak ke pusat kota yang jauh dan hanya sedikit orang yang tahu pantai yang memiliki sejuta keindahan ini. Sehingga pantai ini masih memiliki suasana yang asri dan tenang.

Atraksi Pantai Tanjung Setia

Tempat Wisata Pantai Tanjung SetiaKredit foto: Google Maps Ardhito Putra

1. Ombak yang cocok untuk berselancar

Ombak yang dimiliki pantai ini sangat cocok bagi para peselancar yang mencari ombak yang menantang untuk ditaklukkan. Untuk itu para peselancar pasti sudah mengetahui indahnya ombak di pantai ini dan sudah lama ingin pergi ke Pantai Tanjung Setia untuk merasakan deburan ombaknya.

Pantai ini memiliki ombak yang tidak kalah menarik di mata para peselancar dengan ombak di Bali. Hanya beberapa peselancar yang masih datang ke sini, meskipun mereka sudah mengetahui keindahan panorama dan keunikan ombak di pantai ini.

2. Pemandangan matahari terbenam

Seperti pantai lainnya, Tanjung Setia memiliki tempat untuk melihat matahari terbenam. Pantai ini memiliki spot di mana Anda bisa melihat matahari terbenam yang tidak boleh Anda lewatkan, keindahan matahari terbenam di sore hari. Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari. Dua hal yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai ini.

3. Permata tersembunyi

Pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan, hanya sedikit yang sering dikunjungi oleh pengunjung dan peselancar yang ingin menaklukkan ombak. Karena itu, pantai ini masih memiliki suasana yang asri, tenang dan bersih. Bagi Anda yang mencari ketenangan dari segala aktivitas sehari-hari atau dari hiruk pikuk kota.

Di pantai ini Anda bisa melepas lelah sambil menikmati panorama alam atau menyusuri pantai. Pantai-pantai dengan keindahan alam yang masih hidup jarang ditemukan, sebenarnya pantai ini berpotensi untuk semakin populer di kalangan masyarakat. Bagi anda yang mencari tempat wisata untuk menenangkan diri dan refreshing, pantai ini wajib masuk daftar keinginan anda dan wajib dikunjungi.

Pantai di Lampung tidak kalah menarik dengan pantai di Bali. Hal ini terjadi karena masih kurangnya upaya untuk memperkenalkan atau mempromosikan pantai ini kepada masyarakat luas.

4. Panorama alam yang indah

Objek Wisata yang dimiliki Pantai Tanjung SetiaKredit foto: Petualang Amatir dari Google Maps

Panorama Pantai Tanjung Setia sangat indah, mulai dari ombak yang menjadi incaran banyak peselancar. Keindahan pantainya sendiri dengan pasir putih dan air laut yang jernih juga akan membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini.

5. Cocok untuk memancing

Karena terdapat jalur arus di Samudera Hindia, pantai ini cocok bagi Anda yang hobi memancing. Penduduk setempat juga biasanya memancing di sekitar pantai, ikan blue marlin adalah salah satu ikan yang biasa di dapatkan oleh para pemancing. Penduduk setempat menyebutnya ikan dengan ikan Iwa Tuhuk.

Alamat, Rute, Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Setia

Alamat pantai Tanjung SetiaSumber gambar: Google Maps Nursito Anton

Pantai indah ini terletak di dekat Taman Bukit Barisan Selatan. Lebih tepatnya, di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat. Pantai ini berjarak sekitar 273 km dari pusat kota Bandar Lampung dan memakan waktu 6-7 jam perjalanan.

Jika Anda dari Bandar Radin Inten II, langsung menuju Terminal Rajabasa di Bandar Lampung, pilih Bus Krui Putra tujuan Pantai Tanjung Setia. Anda akan melewati Jalan Raya Trans Sumatera dalam perjalanannya, yang akan menyuguhkan banyak pemandangan alam yang menarik.

Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 8.000 untuk biaya ke tempat ini, namun biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi siapkan uang lebih saat Anda mengunjungi pantai indah di Lampung ini.

Kegiatan Seru di Tanjung Setia

Kegiatan rekreasi di Tanjung SetiaKredit foto: Google Maps Pantai Barat

1. Pantai impian para peselancar

Dengan lokasinya yang dekat dengan Samudera Hindia, pantai ini merupakan jenis ombak yang menjadi incaran para peselancar. Pada waktu-waktu tertentu, ketinggian ombak bisa mencapai 7-10 meter dengan panjang hingga 200 meter.

Hal ini membuat banyak orang mengatakan bahwa pantai ini memiliki ombak pantai terbaik di Lampung bahkan ada yang mengatakan bahwa ini adalah ombak terbaik di dunia. Karena keunikannya, pantai ini akan digunakan pada tahun 2021 sebagai tempat penyelenggaraan Krui Pro International Surfing Championship 2021.

Ada bagian-bagian tempat berselancar dan memiliki ketinggian yang berbeda-beda, berikut beberapa bagian tempat Anda bisa berselancar:

  • Licking Edge atau Nimbor Coral

Ombak di tempat ini mirip dengan yang ada di Uluwatu, Bali yang memiliki ombak tinggi dan panjang.

Para peselancar biasa menyebutnya Pipeline, sedangkan para nelayan lokal menyebutnya sebagai iblis yang sesungguhnya. Bagian ini memiliki ombak yang besar dan merupakan spot populer bagi para peselancar.

Bagian ini memiliki ombak yang sangat bagus, menyenangkan untuk berselancar di bagian ini karena Anda juga dapat menikmati keindahan Pantai Tanjung Setia.

2. Snorkeling

Bagi yang memiliki hobi snorkeling di pantai ini, luangkan juga waktu untuk hobi yang Anda sukai ini. Pantai ini memiliki keindahan dasar laut untuk Anda jelajahi dan kagumi.

3. Menikmati keindahan matahari terbenam

Nikmati keindahan dan suasana matahari terbenam saat senja sambil bersantai di pantai. Momen ini juga bisa Anda abadikan sebagai kenangan yang akan membuat Anda ingin kembali lagi ke pantai ini.

4. Bola voli pantai bersama teman

Bermain voli pantai di pinggir pantai juga bisa menjadi pilihan aktivitas Anda untuk menghabiskan waktu. Ngobrol dengan teman, saudara dan keluarga sambil bermain bersama akan memberikan kenangan indah dan mengingatkan anda akan pantai ini.

5. Belajar berselancar

Hal yang Dapat Dilakukan di Seru Tanjung SetiaSumber Gambar: Google Maps Abdul Sujadi

Bagi anda yang ingin belajar surfing bisa mencoba dan belajar di pantai ini, tentunya anda perlu menyewa pemandu untuk mengajar. Ombak di pantai ini juga cocok untuk anda yang sedang belajar surfing, ini akan memberikan anda pengalaman baru.

6. Bersantai di pantai

Suasana pantai yang masih sedikit dikunjungi wisatawan ini cocok bagi anda yang ingin liburan pantai namun tidak ingin bertemu banyak orang. Atau anda yang mencari suasana pantai yang tenang tanpa hiruk pikuk orang, Pantai Tanjung Setia sangat cocok.

Untuk melepas lelah, Anda bisa bersantai di tepi pantai sambil mencicipi makanan lokal atau menikmati indahnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

7. Memancing

Pantai ini memiliki kehidupan bawah laut yang menjadi rumah bagi banyak ikan, cocok untuk anda yang memiliki hobi memancing. Karena di sini juga banyak orang yang memancing, jadi bisa ngobrol-ngobrol dan bikin suasana hangat.

Akomodasi Murah Terdekat Dari Lokasi Pantai Tanjung Setia

Akomodasi di Pantai Tanjung SetiaKredit foto: Google Maps Frianti hartono

1. Lovina Krui Surf

Terletak di pantai selatan, pantai ini memiliki akses dekat dengan fasilitas umum. Hotel ini menawarkan banyak fasilitas dengan harga yang terjangkau. Beberapa fasilitas yang akan Anda dapatkan antara lain airport transfer, transportasi di sekitar hotel, kolam renang, rental mobil, laundry dan lain sebagainya.

2. BeOcean Krui

Villa ini menawarkan banyak fasilitas yang nantinya bisa Anda dapatkan jika menginap di sini. Fasilitas yang Anda dapatkan seperti restoran dengan makanan yang enak, wifi di tempat umum, AC, kolam renang. Vila ini juga dekat dengan Pantai Walur dan Bukit Selalau.

3. Penginapan Pantai Matahari Terbenam

Bagi Anda yang backpacker, hotel ini cocok karena hotel ini mengutamakan kenyamanan Anda dan menawarkan banyak fasilitas. Hotel ini juga menawarkan fasilitas yang lengkap bahkan fasilitas selancar pun tersedia di sini.

Fasilitas wisata di pantai Tanjung Setia

Fasilitas di Pantai Tanjung SetiaKredit foto: Google Maps Fafa Faqih

Fasilitas di pantai ini cukup memadai, seperti akomodasi, persewaan papan selancar, toilet dan masih banyak fasilitas lainnya. Namun, beberapa pengunjung masih mengeluhkan akses pantai. Akses perlu ditingkatkan agar setiap pengunjung yang datang tidak harus berjalan jauh.

Ada banyak surga wisata tersembunyi di Indonesia yang menyimpan sejuta keindahan alam yang akan membuat kita takjub, termasuk Pantai Tanjung Setia di Lampung Barat. Mari kita jelajahi banyak tempat di negeri ini untuk menemukan dan menjaga keindahan tempat seperti ini. Sehingga nantinya bisa dilihat dan dirasakan oleh orang lain atau mungkin anak cucu kita.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button