Tempat Wisata

Pulau Bush, pulau eksotis & surga bagi pecinta berkemah

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab.Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; map: Cek lokasi

Kepulauan Seribu adalah salah satu tujuan wisata paling populer di kalangan orang-orang. Salah satu tempat wisata yang paling populer di kepulauan ini adalah Pulau Semak Daun. Orang biasanya menghabiskan waktu berlibur untuk berwisata atau berkemah di pulau tak berpenghuni ini. Pengunjung biasanya mendirikan tenda bersama keluarga atau teman untuk bermalam.

Pulau dengan panorama alamnya yang mempesona ini membuktikan betapa indahnya anugrah Tuhan. Tempat ini menjadi tempat favorit para backpacker. Lokasinya cocok untuk anda yang bekerja di kantor dan penat dengan hiruk pikuk kota. Pulau ini bisa menjadi obat bagi anda yang ingin menang sendiri dan menghilangkan penat.

Ombaknya yang sangat tenang dengan pesona pantai yang mempesona, membuat pulau ini banyak digunakan untuk berbagai aktivitas. Meski dekat dengan Jakarta, air di Pulau Semak Daun sangat bersih dan jernih serta berwarna pirus. Pulau kecil ini memiliki sejuta pesona yang wajib Anda nikmati saat berlibur.

Daya tarik pulau semak daun

Daya tarik pulau semak daunKredit foto: Instagram Puji S Pursie

Meski berada di provinsi Jakarta, pulau tak berpenghuni ini tentu memiliki pesona yang tak bisa disamakan dengan ibu kotanya. Keindahan alam yang masih alami, kebersihan dan ketenangan hanya bisa anda temukan di kawasan wisata ini. Beberapa atraksinya adalah sebagai berikut.

1. Matahari terbenam yang mempesona

Kawasan wisata seperti pantai memang tidak pernah jauh dari keindahan sunset. Pulau Semak Daun dikenal memiliki spot untuk menikmati sunset. Bagi Anda yang berwisata ke tempat ini, Anda harus bisa mengatur waktu agar tidak melewatkan momen untuk menikmati sunset. Anda juga bisa menyalakan api unggun di malam hari untuk pemanasan.

2. Bersihkan pulau

Wisata ini tergolong tempat yang sangat bersih karena tidak ada orang yang tinggal di pulau ini. Tidak ada polusi atau sampah yang dapat mencemari udara. Pengelola setempat juga selalu melakukan pemeriksaan kebersihan di pulau tersebut. Berbagai jenis pohon juga tumbuh di kawasan wisata ini, membuat tempat ini semakin sejuk dan rindang.

3. Lokasi yang tenang

Atraksi Pulau Semak DaunSumber gambar: Twitter perjalanan udara

Melihat pasir putih yang bersih dan air laut yang biru jernih membuat tempat ini begitu tenang dan nyaman. Saat Anda berkunjung, Anda akan merasakan ketenangan jauh dari hiruk pikuk Jakarta. Tanah di pulau ini sangat subur, sehingga berbagai jenis pohon dapat tumbuh dengan baik di sini. Tidak hanya air laut, air tawar juga tersedia untuk dikonsumsi di pulau ini.

4. Keindahan Penyu

Semak Daun tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga tempat di mana Anda bisa menangkap salah satu spesies penyu langka, yaitu penyu sisik. Anda sebagai pengunjung dapat melihat proses kehidupan penyu di tempat wisata ini. Wisatawan juga bisa mendapatkan wawasan dengan mempelajari ciri-ciri penyu langka.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Bush LeafSumber gambar: Twitter Hari Libur Lokal

Pulau Semak Daun terletak di Kepulauan Seribu di provinsi DKI Jakarta. Tempat wisata ini terletak di kawasan Desa Pulau Panggang. Cara menuju tempat ini tidak terlalu sulit. Dari Jakarta Anda hanya perlu naik perahu untuk menyeberang yang tersedia di beberapa dermaga di ibu kota. Salah satunya adalah penyeberangan dari Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke dan Pantai Marina Ancol.

Dari Pantai Ancol hanya membutuhkan waktu 1,5 jam. Sedangkan dari Muara Angke memakan waktu sekitar 3 jam lebih lama. Pengunjung biasanya harus transit terlebih dahulu melalui Pulau Pramuka. Dari Pulau Pramuka, pengunjung kemudian menyeberang ke tujuan dengan perahu kecil. Harga sewa perahu kecil ini sekitar 800.000 rupiah.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit foto: Instagram Edputras

Tidak ada harga tiket yang diperlukan untuk melakukan perjalanan ke Pulau Semak Daun karena gratis. Namun, Anda perlu membawa uang yang cukup karena transportasi ke tempat wisata ini agak mahal. Selain itu, ada juga biaya bagi Anda yang menitipkan kendaraan pribadi di tempat parkir yang tersedia. Biaya yang dibutuhkan sekitar dua juta rupiah untuk liburan di sini.

Dari dermaga ke Pulau Pramuka, biayanya sekitar 50.000 rupiah untuk naik kapal. Dari Pulau Pramuka sendiri, dibutuhkan biaya 800.000 rupiah untuk sampai ke kawasan pulau yang indah ini. Tentunya di tempat wisata ini Anda perlu membeli sesuatu untuk makan dan minum selama liburan di pulau ini. Selain biaya liburan, Anda juga perlu membawa barang-barang kebutuhan lainnya.

Aktivitas menarik di pulau Semak Daun

Aktivitas di Pulau Semak DaunKredit foto: Google Maps Upang Tan

1. Berkemah

Bagi Anda yang suka berkemah, Anda harus mencoba berkemah di pulau yang indah ini. Menginap semalam bersama keluarga atau teman membuat liburan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kegiatan camping ini dilakukan karena tidak ada pilihan selain berkemah di Pulau Semak Daun. Anda harus membawa peralatan berkemah sendiri karena tidak ada penyewaan peralatan di lokasi.

2. Snorkeling

Untuk menikmati keindahan bawah laut tempat wisata ini, Anda harus snorkeling. Snorkeling memungkinkan Anda untuk melihat dunia bawah laut dengan jelas karena perairan yang jernih di pulau ini. Liburan sambil menikmati keindahan laut akan menyenangkan.

3. Memancing

Di malam hari, tanpa lampu dan pemandangan menjadi gelap, liburan menjadi membosankan. Namun, Anda bisa memancing pada malam hari di Pulau Semak Daun. Wisatawan biasanya memancing di dermaga. Ikan biasanya dibakar di dekat tenda kemah. Berkemah dengan ikan bakar sangat enak.

4. Jalan-jalan

Aktivitas lain di Pulau Semak DaunKredit foto: Google Maps Upang Tan

Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan berjalan kaki menyusuri pantai di sepanjang pulau. Kegiatan ini biasanya dilakukan wisatawan pada pagi hari sambil menunggu matahari terbit atau sore hari sambil menunggu matahari terbenam. Pulau ini cukup kecil sehingga Anda tidak akan tersesat saat berjalan. Berjalanlah tanpa alas kaki dan nikmati pasirnya yang lembut.

5. Menikmati matahari terbenam

Menikmati sunset, aktivitas populer yang selalu ditunggu wisatawan saat berlibur di pantai. Jangan lupa untuk menikmati keindahan sunset sore hari dengan panorama indah pulau ini. Bersantai bersama keluarga di pantai dan menikmati sunset membuat liburan terasa sempurna.

Akomodasi murah terdekat dari pulau

Akomodasi di dekat Pulau Semak DaunSumber gambar: Twitter Traveloka Indonesia

Tentunya liburan juga sudah termasuk akomodasi sehingga Anda bisa menikmati liburan dalam suasana yang nyaman selama berhari-hari. Namun, tidak ada akomodasi di lokasi Pulau Semak Daun itu sendiri karena sebenarnya tidak ada orang yang mendiami pulau itu. Pulau itu hanya harus dilestarikan. Namun, Anda bisa menginap di akomodasi terdekat dari tempat wisata ini.

1. Resor Mutiara Tidung

Mutiara Tidung Resort bisa menjadi pilihan Anda saat berlibur di pulau cantik ini. Mutiara Tidung Resort sendiri berada di kawasan Kepulauan Seribu. Hotel dengan gaya pantai tradisional juga berkontribusi pada kenyamanan liburan. Jarak dari lokasi ini relatif kecil karena tempat wisata tersebut masih berada di dalam kawasan Kepulauan Seribu itu sendiri.

2. Homestay lumba-lumba

Penginapan berbentuk rumah khas ini pun bisa menjadi referensi saat berlibur di pulau Semak Daun. Lokasi hotel yang berada di Pulau Pramuka memudahkan Anda untuk menghabiskan liburan di pulau tujuan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati beberapa keindahan alam Pulau Pramuka sebelum memulai wisata utama Anda.

3. Putri Duyung Kerajaan

Bagi Anda yang menyukai akomodasi hotel dengan gaya modern, Anda wajib menginap di hotel ini. Hotel ini juga terletak di Pulau Pramuka yang tidak jauh dari tujuan wisata. Fasilitas hotel yang modern dan lengkap akan membuat Anda betah untuk berlibur panjang. Anda masih perlu naik kapal untuk mengunjungi tujuan dan kembali ke hotel pada malam hari untuk beristirahat.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Semak Daun

Fasilitas di Pulau Semak DaunKredit foto: Facebook Aku cinta Indonesia

kamar mandi pertama

Meski berwisata di pulau tak berpenghuni, bukan berarti tempat wisata ini kekurangan fasilitas pengunjung. Anda bisa menikmati kamar mandi dengan jaminan air bersih yang disediakan oleh pengelola. Ada baiknya pengunjung ikut terlibat dalam menjaga kebersihan kawasan ini, mis. B. tidak meninggalkan sampah pada saat liburan.

2. Berhenti

Meski tidak banyak, ada beberapa warung di Pulau Semak Daun. Warung ini menawarkan berbagai macam gadget serta makanan dan minuman yang bisa mengatasi perut saat lapar.

3. Tempat parkir

Tempat parkir ini digunakan untuk pengunjung yang datang ke lokasi wisata dengan kendaraan pribadi. Anda dapat mempercayakan kendaraan Anda kepada pemandu, liburan akan lebih damai. Tempat parkir di kawasan ini sangat luas dan memadai.

4. Listrik

Di kawasan wisata ini, listrik yang tersedia tidak sama dengan ketersediaan listrik di tempat wisata lainnya. Ini karena tidak ada penduduk tetap di pulau ini. Jika Anda membutuhkan listrik untuk liburan atau berkemah, Anda dapat menghubungi pemandu untuk memesan dan menyewanya.

Begitulah keindahan Pulau Semak Daun di Kepulauan Seribu dengan segudang keunikan di dalamnya. Sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata bawah laut dan keindahan pulau dalam suasana yang tenang. Cobalah liburan dengan nuansa berbeda di pulau tak berpenghuni ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button