Berita Wisata

Gus Halim Resmikan Wisata Danau Madiredo Dibangun Dengan Dana Desa

INDOPOS.CO.ID – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT Mendes), Abdul Halim Iskandar meresmikan destinasi desa wisata baru Telaga Madiredo di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, menyarankan agar fasilitas Danau Madiredo lebih ditingkatkan lagi, mengingat potensinya yang sangat besar karena berdekatan dengan kota Batu yang memiliki banyak destinasi wisata.

“Harus penuh, jadi lebih banyak orang,” kata Gus Halim saat diwawancarai pejabat Danau Madiredo, Senin (17/10/2022).

Sebagai catatan, Wisata Danau Madiredo dibangun menggunakan Dana Desa menggunakan situs sejarah. Konon, lokasi objek wisata ini pernah menjadi tempat pemandian Anoman atau Si Kethek Putih. Hingga saat ini, terdapat sebuah batu yang menurut penduduk setempat merupakan kawasan petilasan Anoman dan masih terawat dengan baik.

Sebelum desa wisata dibangun, sumber air danau berfungsi sebagai saluran air minum ke rumah-rumah penduduk setempat. Namun pada akhirnya ia terhenti karena banyak sekali keanehan di danau tersebut.

Setelah dibangun dengan dana dari desa, tempat yang awalnya terkesan mistis berubah menjadi tempat yang indah. kini objek wisata tersebut menjadi wahana untuk bersantai sambil menikmati sejuknya air danau dan pemandangan pegunungan di belakang.

“Sudah dibangun dengan dana desa sejak tahun 2021,” kata pengelola agrowisata Danau Madiredo Fauzan.

Kedalaman Danau Madiredo mencapai satu meter dengan air yang jernih. Pengunjung bisa berenang atau mandi dan menikmati keindahan terumbu karang yang sengaja ditanam oleh pengelola.

Kini Telaga Madiredo juga memiliki banyak spot foto yang Instagramable. Salah satunya adalah rakitan bambu yang terletak di tepi danau.

Kumpulan bambu ini menjadi spot populer bagi para prewedding dan pengunjung untuk berfoto atau sekedar duduk-duduk di pinggir merendam beberapa kaki sambil menikmati sejuknya air.

Gus Halim didampingi Bupati Kabupaten Malang, Sanusi tampak menikmati indahnya pemandangan Danau Madiredo. Bahkan sempat mengabadikan momen tersebut dengan latar belakang air yang jernih dan pegunungan yang memanjakan tampilan. (srv)

Source: www.indopos.co.id

Related Articles

Back to top button