Tempat Wisata

Merdeka Walk, tempat rekreasi favorit keluarga selama di Medan untuk kulineran

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 08.00 – 20.00 WIB, Alamat: Balai Kota JL, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara; map: Cek lokasi

Medan terkenal memiliki tempat wisata yang terkenal di kalangan anak muda karena unik dan kekinian. Salah satu tempat menarik bagi anak muda masa kini yang cukup terkenal adalah Merdeka Walk. Sebuah destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan bagi para pengunjung kotanya. Tidak hanya anak muda yang bisa mengunjungi tempat ini, banyak orang tua yang juga mengunjungi tempat ini.

Keunikan dan fasilitas tempat wisata ini membuat Anda ingin berkunjung. Selain itu, lokasinya yang berada di pusat kota tempat orang bermain sambil menikmati suasana kota. Ada juga bangunan tua yang menambah keindahan kota. Destinasi wisata ini bisa menjadi solusi liburan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan kota Medan di siang hari atau di malam hari.

Dengan pengeluaran yang minim untuk traveling, tapi bisa menyerap suasana kota yang asri, liburan jadi menyenangkan. Merdeka Walk juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga besar untuk melihat keindahan dan keunikan kota Medan. Berikut adalah penilaian lengkap dari tujuan sukses ini.

Atraksi Merdeka Walk

Atraksi yang dimiliki oleh Merdeka WalkKredit foto: Sewa Tenda Instagram Medan

Menurut wisatawan dan warga Medan sendiri, Merdeka Walk merupakan tempat yang sangat menyenangkan di malam hari, dan menyenangkan di siang hari. Pengunjung sering menyebutnya “MW”. Berikut beberapa daya tarik dari tempat wisata ini :

1. Biasanya kuliner

Destinasi wisata yang satu ini menyajikan kuliner khas Medan sendiri, warung-warung makan sudah ditata dengan apik di sekeliling meja dan kursi pengunjung. Pengunjung bebas memilih jenis masakan yang ingin dibeli.

2. Tata letak situs yang unik

Sekitar 700 kursi tersedia di sini, pengunjung tidak akan beranjak dari tempat duduknya. Beberapa layar self-propelled juga dipasang di sudut situs ini. Selain itu, banyak pohon besar yang ditanam sejak zaman penjajahan Belanda. Di sekitar Lapangan Merdeka juga terdapat gedung-gedung tua yang menambah keindahan Jalan Merdeka.

3. Ada film dan live music

Tempat wisata ini semakin indah saat pengunjung datang pada malam hari. Lampu warna-warni menggantung di sudut-sudut lokasi dan membuat suasana semakin meriah. Film-film hit atau siaran sepak bola ditampilkan di layar. Bahkan terkadang ada acara live music oleh band-band lokal dari Medan dan sekitarnya.

Keseruan yang ada di tengah kota akan membuat suasana kota semakin asri. Pengunjung bisa datang ke tempat ini untuk beristirahat sambil menikmati makanan khas Medan atau untuk melepas penat setelah bekerja keras. Keseruan dan kenyamanan tempat ini dapat melepaskan para pengunjung dari kepenatan setelah beraktivitas.

Bagian ke-4 dari Foodcourt Hebat

Merdeka Walk memiliki kesamaan dengan berbagai food court di festival-festival di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Kota Medan sendiri menyajikan food court besar ini ke Balikpapan dan Surabaya. Namun, Medan memiliki kuliner khas yang unik yang tidak akan ditemukan pengunjung di tempat lain. Salah satu makanan khasnya adalah Soto Medan dan Pancake Durian Medan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Jalan MerdekaKredit foto: Google Maps Ahmad Ramadlan

Merdeka Walk terletak di Jalan Balai Kota di kawasan Kesawan, Kecamatan Medan Barat Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Tempat wisata ini terletak di tengah kota yang memudahkan pengunjung untuk menemukan tempat ini. Apalagi warga Kota Medan sudah mengenal tempat ini sejak lama karena terletak di jantung kota itu sendiri.

Cara pengunjung ke tempat ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum bagi masyarakat sekitar. Pengunjung luar pulau seperti Jakarta harus terlebih dahulu naik pesawat ke Bandara Kuala Namu. Setelah itu, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum untuk menuju ke tempat tujuan wisata.

Namun, selain angkutan umum pada umumnya, wisatawan juga bisa menggunakan angkutan khas Medan. Medan memiliki beberapa pilihan transportasi umum unik yang biasa digunakan oleh masyarakat atau wisatawan. Keunikan kendaraan juga membuat wisatawan ingin mengendarai kendaraan tersebut.

Masyarakat Medan membedakan angkutan ini dengan bentuk umumnya. Diantaranya ada 2 moda transportasi unik yang cukup terkenal yaitu Sudako dan Bentor. Sudako adalah Perusahaan Daihatsu Sumatera, mobil kuning khas. Uniknya, penumpang harus mondar-mandir lewat pintu belakang kendaraan. Pengunjung bisa menikmati keunikannya saat berkunjung ke kota Medan.

Selain Sudako, ada juga Bentor. Bentor merupakan kendaraan yang sudah terkenal sebelum Sudako ada. Bentor adalah singkatan dari Becak Motor. Bentor khas Medan biasanya sangat cepat, menghemat waktu dan uang pengunjung. Jika Anda menggunakan Bentor untuk menuju Merdeka Walk dari Masjid Raya Medan, hanya membutuhkan 10.000 rupiah.

Harga tiket dan jam operasional

Tiket Jalan MerdekaKredit foto: Google Maps Iqbal Hadi Ridwan

Harap dicatat bahwa masuk ke Merdeka Walk gratis. Tempat wisata yang sangat indah dan nyaman ini disediakan untuk umum secara gratis. Jadi berbagai jenis orang bisa mengunjungi tempat wisata ini. Pengunjung yang kurang mampu dapat menikmati film atau musik yang diadakan secara gratis.

Tempat wisata ini buka 24 jam sehari. Pelajar, pekerja dan orang biasa bisa datang ke tempat ini kapan saja. Tempat wisata ini bisa menjadi tip bagi wisatawan luar kota yang ingin membawa keluarga berkunjung untuk menikmati kenyamanan kota besar ini.

Lamanya kekosongan membuat tidak terlalu merepotkan bagi wisatawan yang tinggal jauh di luar kota atau di luar pulau. Wisatawan dapat mengunjungi dan menikmati tempat wisata secara gratis setiap saat. Lebih bagus lagi jika wisatawan datang pada malam hari karena ada beberapa event menarik yang sering terjadi.

Kegiatan menarik di Merdeka Walk

Kegiatan Merdeka WalkKredit foto: Google Maps octovino Blackholick

Kebanyakan orang mengunjungi tempat ini untuk menikmati keunikan tempat wisata ini. Beberapa tempat unik yang sering dikunjungi wisatawan adalah sebagai berikut:

1. bagian tengah

Center Piece merupakan tempat yang sering dikunjungi anak muda saat datang ke Merdeka Walk. Banyak anak muda datang secara sadar untuk memotret bagian tengah ini. Centerpiece adalah bagian pertama yang ditemui pengunjung ketika datang ke tempat ini. Lampu-lampu yang menghiasi centerpiece menarik minat pengunjung dan ingin segera berfoto di sana.

2. Berfoto di Gedung Zaman Belanda

Selain bagian tengah, ada beberapa bangunan unik yang bisa digunakan untuk fotografi. Memotret dengan latar belakang bangunan tua kolonial ini dapat menambah estetika pada foto. Beberapa bangunan tua yang sering digunakan untuk fotografi adalah Balai Kota, Kantor Pos Agung, Hotel Inna Dharma Deli, dan Gedung Lontong Sumatera.

3. Belanja oleh-oleh untuk keluarga

Selain fotografi, hal terpenting bagi wisatawan luar pulau adalah membeli oleh-oleh berupa makanan atau oleh-oleh lokal. Banyak oleh-oleh yang dijual di Merdeka Walk. Ada juga kaos khas Medan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harga oleh-oleh sangat bervariasi tergantung dari kualitas barang yang akan dibeli oleh pengunjung.

4. Nikmati keindahan lukisan

Selain itu, ada banyak lukisan yang disajikan di Galeri Seni Lukis. Lukisan-lukisan indah yang dipamerkan menarik perhatian pengunjung dan menambah nilai seni unik dari wisata ini. Jika tertarik, wisatawan bisa membeli lukisan ini dan membawanya pulang sebagai hiasan dinding.

Fasilitas yang tersedia di Merdeka Walk Medan

Fasilitas Jalan MerdekaKredit foto: Google Maps Qi Sun

1. Pusat permainan

Fasilitas pertama di Merdeka Walk adalah play center untuk anak-anak. Orang tua yang membawa serta anak kecil juga bisa mengajak anaknya bermain di sini. Game center yang tersedia cukup besar dan menawarkan banyak jenis permainan, membuat anak-anak betah saat bermain.

Pusat permainan tidak jauh dari pintu masuk di sisi gerbang. Banyak anak-anak bermain di sini selama liburan sekolah.

2. Lokasi gym

Tempat wisata ini menjadi solusi bagi keluarga besar yang ingin berlibur. Anak-anak dapat menikmati permainan dengan nyaman. Kaum muda dapat menikmati musik atau mengambil foto. Begitu juga orang tua dapat menikmati keindahan tempat wisata sambil mencicipi kuliner khas yang lezat.

Para pecinta olahraga wajib mengunjungi tempat wisata ini. Tempat ini menawarkan pengunjung gym gratis. Ada banyak fasilitas kebugaran yang dasar dan gratis untuk digunakan. Fasilitas olahraga seperti jogging trail juga tersedia di sini. Pepohonan dewasa yang tertata rapi menambah keindahan tempat ini.

Itulah beberapa hal menarik tentang Merdeka Walk, tempat wisata populer di Medan. Posisinya yang strategis, keunikan tempatnya, biaya masuk yang gratis dan fasilitas yang sangat lengkap menjadikan destinasi wisata ini menjadi favorit para pemkot. Siapapun bisa berkunjung untuk menikmati keunikan sambil menikmati sajian kuliner tempat wisata tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button