Berita Wisata

BKSDA Maluku Ubah Pulau Pombo Menjadi Taman Wisata Alam

Ambon (ANTARA) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Maluku mengubah Pulau Pombo di Perairan Maluku dari cagar alam menjadi taman wisata alam.

“Fungsi Alif Pulau Pombo sebagai taman wisata alam harus memberikan banyak manfaat,” kata Kepala BKSDA Maluku Danny H Pattypeilohy di Ambon, Selasa.

Pengalihan fungsi dari Pulau Pombo sesuai dengan SK.998/MENLHK/SETJEN/PLA.2/9/2022 tanggal 13 September 2022, dan disosialisasikan serta dipromosikan secara langsung kepada masyarakat Kailolo, Maluku Tengah.

Baca juga: BKSDA Maluku Lepaskan Ratusan Bayi Penyu di Maluku Tenggara

Menurutnya, selain bermanfaat bagi pengelolaannya yang akan lebih intensif dan terintegrasi dengan lanskap sekitarnya, alih fungsi juga akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

“Pengalihan fungsi ini berdampak ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Baca juga: BKSDA Maluku Amankan 41 Satwa Lindung

Pulau Pombon yang berada di perairan Maluku, kata dia, awalnya berfungsi sebagai cagar alam namun kemudian berubah menjadi taman wisata alam.

Cagar alam menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya adalah kawasan cagar alam karena keadaan alamnya yang memiliki keunikan tumbuhan, satwa dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang harus dilindungi dan dikembangkan. terjadi secara alami.

Baca juga: 1.672 Tumbuhan dan Satwa Liar Diselamatkan BKSDA Maluku

Sedangkan taman wisata alam menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya adalah kawasan pelestarian alam yang terutama digunakan untuk wisata alam dan rekreasi.

Wartawan : Winda Herman
Penerbit : Bambang Sutopo Hadi
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Back to top button