Berita Wisata

Tidak hanya Ancol, Jakarta Utara, Pantai Marunda juga ada

Jakarta

Selain Ancol, ada pantai lain di kawasan Jakarta Utara, yaitu pantai Marunda. Masuk gratis.

Seperti namanya, Pantai Marunda terletak di Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Pantai ini terletak tidak jauh dari rumah Si Pitung dan Masjid Al Alam Marunda.

Padahal, Pantai Marunda masih berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Ancol. Hanya saja kondisinya sangat berbeda.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

detikTravel sempat singgah di Pantai Marunda beberapa waktu lalu. Berbeda dengan wisata pantai pada umumnya, untuk mencapai pantai ini traveler harus memasuki jalan masuk perumahan.

Tidak ada loket tiket karena tiket masuknya gratis. Hanya saja wisatawan harus membayar Rp 5 ribu untuk parkir mobil dan motor Rp 3 ribu.

Pantai MarundaPantai Marunda. Foto: Putu Intan/detikcom

Saat memasuki kawasan pantai, traveler tidak akan mendapatkan pantai berpasir yang umumnya digunakan wisatawan untuk bersantai. Di sana, wisatawan menikmati pemandangan pantai dengan duduk di atas tanggul beton.

Pemandangannya juga unik. Karena di Marunda terdapat pabrik, traveler akan melihat konstruksi hingga cerobong pabrik. Tanpa melupakan tontonan kapal-kapal besar yang melintas membawa batu bara.

Marunda dulunya terkenal sebagai desa nelayan. Saat ini, Anda masih bisa menemukan perahu nelayan, tetapi tidak banyak.

Beberapa perahu tampaknya disewa untuk membawa wisatawan berkeliling Pantai Marunda. Tarifnya Rp 10.000 per orang dengan durasi kunjungan 15 menit.

Pantai Marunda juga memiliki kawasan mangrove meski tidak luas. Namun kawasan mangrove ini sering diburu untuk dijadikan background foto.

Pantai MarundaPantai Marunda. Foto: Putu Intan/detikcom

Kegiatan lain yang sering dilakukan wisatawan di sini adalah memancing. Wisatawan bisa memancing di pantai atau di gedung-gedung yang terlihat seperti dermaga.

Bagi penyuka bersepeda, pantai Marunda juga bisa dikunjungi untuk bersepeda. Pantai Marunda memiliki dermaga yang biasa digunakan sebagai garis finish.

Jika perut mulai lapar, wisatawan bisa mampir ke warung-warung milik warga. Mayoritas pedagang menjual hasil laut dan olahan kerang.

Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Marunda adalah saat matahari terbenam. Wisatawan biasanya menikmati suasana sore hari sambil menyaksikan matahari perlahan kembali ke kontes.

Saksikan Video “Terkena Polusi Batubara, Warga Marunda Serukan Regulasi Dievaluasi”
[Gambas:Video 20detik]
(pin/perempuan)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Back to top button