Berita Wisata

Kepala Desa: Butuh Rp 2 Miliar untuk Mengubah Situ Chinangsi Menjadi Tempat Wisata

SUBANG-Pemerintah Desa (Pemdes) Tionghoa berencana menjadikan Situ Chinangsi sebagai tempat wisata. Biaya yang dibutuhkan untuk menyulap danau dangkal tersebut adalah Rp 2 miliar.

Danau yang luasnya mencapai 4 hektar itu saat ini tidak sedap dipandang mata. Lumpur dan ilalang menghiasi danau yang pernah dijadikan objek wisata bahari oleh desa tersebut.

Kini situs tersebut sedang diperbaiki dan juga sedang dikembangkan menjadi destinasi wisata pulau buatan. Pemerintah Desa Chinangsi berharap dapat memperoleh Pendapatan Asli Desa (PADes) setelah Situ Chinangsi menjadi tempat wisata.

Kepala Desa Chinangsi Pepe S mengatakan sering terjadi pendangkalan di Situ Chinangsi. Ini karena tidak ada pengerukan.
“Di sini sudah lama terjadi pendangkalan. Lumpur, sedimentasi selama bertahun-tahun. Karena itu harus ada pengerukan,” ujarnya kepada Pasundan Express.

Pepe menjelaskan, dibutuhkan anggaran Rp 2 miliar untuk menjadikan Situ Chinangsi sebagai tempat wisata. Anggaran tersebut digunakan untuk pengerukan untuk melakukan berbagai perjalanan wisata.

Pepe berharap pemerintah daerah dapat membantu mendanai program pariwisata tersebut. Dengan pembangunan ini, masyarakat sekitar akan terkena imbas secara ekonomi.

“Kami telah melakukan studi selama beberapa tahun terakhir,” katanya.

Situ Cinangsi yang mengairi pertanian di Desa Majasari, Cibogo, Wanajaya termasuk Wanasari akan menarik minat masyarakat dari dalam dan luar Kabupaten Subang. Karena konsep wisata pulau buatan juga akan diwujudkan.

“Ini akan menjadi ikon dan satu-satunya destinasi dengan konsep pulau buatan di kawasan Kota Subang,” ujarnya.
Sekretaris BUMDes Sauyunan Cinangsi Budi Rakhman mengatakan, sesuai Perda Nomor 4 Tahun 2022, BUMDes diberi amanah untuk menggali potensi yang ada di Desa Cinangsi.

“Situs ini harus diubah dengan konsep mewah dan menjadi perhatian masyarakat, sehingga berdampak pada pendapatan asli desa,” ujarnya.

Budi mengatakan, untuk mengubah Situ tersebut menjadi Situ buatan membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena itu, harus ada investor yang menanamkan modalnya di Chinangsi, agar nantinya rencana itu bisa dilaksanakan..(ygo/ysp)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button