Berita Wisata

CSR PLN Peduli Kembangkan Kawasan Wisata, Pantai Ambalat Semakin Membentang

TRIBUNKALTIM.CO – PLN Peduli CSR untuk mengembangkan kawasan wisata Pantai Ambalat sudah dicanangkan sejak tahun 2020 dan akan berlanjut hingga tahun 2022.

Total dana yang dikucurkan untuk Pokdarwis Pantai Ambalat mencapai Rp785.000.000.

Pada Selasa (18/10/2022), Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah berkesempatan mengunjungi kawasan wisata Pantai Ambalat untuk memberikan update bantuan CSR PLN Peduli.

Baca Juga: Pertama Kali di Kaltim, PLN UP3 Berau Hadirkan ALMA di Pelabuhan Teratai dan Tanjung Batu

Dalam kesempatan ini Bupati Edi menyampaikan terima kasih atas bantuan PLN Peduli.

“Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih kepada CSR PLN yang telah mengembangkan kawasan wisata ini dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Pokdarwis setempat yang telah menghasilkan kemajuan yang signifikan,” kata Bupati Edi.

Kemajuan yang signifikan, seperti yang disampaikan Bupati Edi, antara lain, perekonomian semakin membaik.

Terbukti hingga semester I 2022, jumlah kunjungan per bulan meningkat 410% dengan rata-rata 7.677 pengunjung per bulan, dibandingkan rata-rata hanya 1.863 kunjungan per bulan sebelum masuknya CSR PLN.

Baca Juga: Peresmian Program TJSL PLN Peduli Tahap III, Bupati Kukar Edi Damansyah: Investasikan Modal Integritas

Tidak hanya itu, sejak masuknya bantuan PLN Peduli pada tahun 2020 juga telah memberikan pemasukan bagi pajak daerah asli Kabupaten Kutai Kartanegara dari biaya kunjungan wisatawan dengan nilai total Rp 186 juta.

“Saya juga melihat masyarakat menjadi lebih mandiri dalam mengelola fasilitas yang disediakan PLN, menciptakan lapangan kerja baru yang membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat,” tambah Bupati Edi.

Tidak hanya fasilitas yang bertambah, aktivitas UMKM lokal juga berkembang cukup pesat.

Terbukti dengan bermunculannya kios-kios penjualan milik warga sekitar yang jumlahnya meningkat melebihi 100% sejak sebelum masuknya bantuan PLN ke CSR.

Baca Juga: 8 Upaya PLN Turunkan Emisi Karbon Dipamerkan di Konferensi Internasional BUMN

Sementara secara terpisah, Direktur Utama PLN UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania mengatakan dengan dikembangkannya kawasan wisata Pantai Ambalat dapat memberikan alternatif destinasi wisata di Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara.

Joyce mengakui bahwa CSR berdampak positif bagi daerah sekitar pantai dan warga sekitar.

Pasalnya, kawasan di sekitar pantai yang semula tenang, kini terbentang.

Kini resort dan losmen milik masyarakat mulai dibangun.

“Ada perbedaan yang besar. Tentunya hal ini menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap potensi wisata Pantai Ambalat. Dan kami merasa senang karena apa yang kami lakukan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat”, jelas Joye.

Bergabunglah dengan grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update terpilih dan berita terkini setiap hari. Caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button