Berita Wisata

Mencari kuliner legendaris di sekitar Jogja Square

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai kota wisata, Jogja memiliki berbagai destinasi wisata. Selain wisata alam dan berbagai bangunan yang menyimpan banyak cerita, kota ini juga memiliki destinasi wisata kuliner yang wajib Anda coba.

Sebagai pusat wisata, kawasan Kraton Jogja yang diapit oleh dua alun-alun di utara dan selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak heran, banyak wisatawan berwisata ke sana sambil mencari destinasi wisata kuliner untuk dicicipi.

Meski identik dengan makanan khasnya yaitu gudeg dan bakpia, Jogja memiliki sejumlah destinasi kuliner legendaris yang wajib dikunjungi. Apalagi di sekitar Kraton Jogja, Alun-alun Utara dan Alun-Alun Selatan terdapat sejumlah tempat makan yang akan memberikan pengalaman rasa yang menarik.

DIPROMOSI:

Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap SMI naik ke puncak

Berikut rekomendasi destinasi wisata kuliner di sekitar Jogja Town Square!

Warung Handayani Brongkos

Brongkos merupakan kuliner khas Jogja yang menjadi favorit Sultan HB IX. Hidangan ini merupakan hidangan khas di Kraton Jogja, namun pada umumnya masyarakat Jogja juga bisa menikmatinya di luar Kraton.

Di sebelah selatan kota Alkid (Alun-Alun Kidul) Jogja, terdapat warung makan dengan menu utama brongkos. Menu tersebut sudah disajikan butik sejak tahun 1975.

Sayur brongkos adalah makanan dengan bahan dasar kacang tolo, daging sapi, tahu, dan telur yang disiram kuah santan dengan bumbu yang kuat. Menu ini biasanya disajikan dengan seporsi nasi dan irisan cabai.

Dengan harga mulai dari Rp 20.000, pengunjung sudah bisa menikmati sepiring brongkos dengan tambahan garnish yang diinginkan. Toko ini buka dari pagi hingga sore hari.

Mie Pak Pelé

Bagi penikmat makanan tengah malam di Jogja, menu yang wajib dicoba adalah mie Jawa. Di antara sekian banyak pedagang mie Jawa, mie Jawa Pak Pele adalah salah satu yang paling legendaris.

Warung mie yang terletak di sudut tenggara alun-alun utara kota Jogja ini berdiri sejak tahun 1983. Dari dulu hingga sekarang, warung mie ini dikonsep sebagai stand tenda.

Jangan sampai terlambat jika ingin menikmati sajian Bakmi Pak Pele, karena pada malam hari warung akan ramai pengunjung dan antrian akan semakin panjang. Selain di North Place, Pak Pele juga telah membuka cabang di Bantulan, Godean, Sleman, serta Sembungan, Kasihan, Bantul.

Sepiring mie Jawa bisa didapatkan di sini mulai dari Rp 25.000. Meski harganya di atas rata-rata untuk seporsi mie Jawa lainnya, sumber kelezatan Bakmi Jawa Pak Pele diyakini terletak pada penggunaan telur bebek dan kaldu ayam.

Restoran Bale Raos

Jika Anda penasaran dengan sajian hidangan ala Kraton Jogja, tak ada salahnya mengunjungi Bale Raos Restaurant. Restoran yang terletak di Jalan Magangan Kulon No.1, Kraton, Kota Jogja ini menyajikan masakan tradisional Jawa, masakan favorit dari Sri Sultan HB VII hingga Sri Sultan HB X.

Berlokasi di kawasan Kraton Jogja, restoran ini menyediakan sejumlah resep masakan yang disiapkan oleh para juru masak Kraton Jogja. Pengunjung dapat mencicipi berbagai masakan ala Kraton Jogja mulai dari makanan pembuka, hidangan utama hingga makanan penutup.

Dari Sekul Golong, Bebek Suwar-Suwir, Bestik Jawa, Bestik Lidah, Prawan Kenes, hingga Bir Jawa. Menariknya, setiap menu yang tertulis di buku menu juga menampilkan informasi asal usul masakan tersebut. Misalnya menu Bebek Suwar-Suwir yang merupakan hasil transformasi chef Belanda dari Kraton Jogja.

Siapa yang tertarik mencicipi hidangan favorit sang raja sambil belajar ceritanya? Jika ingin mencoba hidangan royal ini, Bale Raos buka setiap hari mulai pukul 11:00 hingga 21:00 WIB.

Baca lebih banyak berita dan artikel di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button