Berita Wisata

Untuk Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Pesisir Selatan, Pangdam III/Slw Tabur Lobster Benur

JABAR_PB— Upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan sumber daya laut agar laut menjadi habitat yang lestari bagi spesies ikan, biota laut, flora bagi generasi sekarang dan yang akan datang. Pangdam III/Slw Mayjen. Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo, saat melakukan kunjungan kerja ke Kodim 0611/area Garut penyemaian Benur di Pantai Santolo, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022).

Hal ini ditegaskan oleh Letkol Kapendam III/Slw Adhe Hansen kepada tim media. Pangdam III/Slw Mayjen. Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo melakukan kunjungan kerja dan menebar 500 benih lobster di keramba percontohan milik Kodam III/Siliwangi.

Ia melanjutkan, kegiatan tersebut sebagai upaya mengoptimalkan Benur untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan, khususnya yang berada di pesisir selatan. Juga, meningkatkan sumber daya manusia bagi masyarakat nelayan.

Budidaya udang lobster akan menjadi usaha yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya masyarakat pesisir. Dalam pengembangannya akan menggunakan teknologi mikroba Bios 44 DC yang merupakan inovasi terapan Pangdam III/Slw.

Terkait masalah peningkatan ekonomi masyarakat nelayan di pesisir, Pangdam III/Slw menegaskan yang terpenting adalah aksi nyata di lapangan, termasuk pemberian bantuan dalam bentuk pendampingan. “Ingat, kita tidak boleh mengkritik mereka, tapi kita mencari alternatif solusi,” katanya.

Pada kesempatan ini, Pangdam mengajak seluruh nelayan Pesisir Selatan untuk menjaga wilayah laut, dengan menjaga ekosistem yang ada dan melestarikan biota laut. Semua ini merupakan wujud nyata dari tindakan pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut, dalam rangka menjaga keanekaragaman hayati yang erat kaitannya dengan ekosistem yang menjadi habitat biota laut.

Sementara itu, di tempat yang sama, Dede Rustandi, salah seorang warga yang mengembangkan budidaya udang lobster di pesisir selatan, atas nama sendiri dan atas nama para nelayan, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pangdam III/Slw. Ia berharap, kehadiran Pangdam beserta rombongan menjadi momen peningkatan perekonomian masyarakat khususnya para nelayan pesisir selatan.

“Kami keluarga besar nelayan Pesisir Selatan mendoakan agar Pak Pangdam III/SLW beserta jajarannya selalu menikmati kesehatan, keselamatan dan kesuksesan serta selalu terus bersinergi dengan para nelayan pesisir selatan,” ujarnya.

Hadir dalam kunjungan kerja Pangdam III/SLW, Pangdam III/SLW, Perwira Terrace Kodam III/SLW, Danrem 062/TN dan Pangdam 0611 Garut serta pejabat lainnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button