Berita Wisata

4 Wisata Keren Dekat Waduk Gajah Mungkur Wonogiri – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pemandangan Waduk Gajah Mungkur (WGM) terlihat dari Area Makam Mbah Punden, Dusun Kedungareng, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Foto diambil pada Rabu (3/9/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Sejumlah objek wisata di dekat Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dinilai menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sukses. Objek wisata yang berbeda ini layak untuk dilihat karena dapat sembuh yang dapatmenyegarkan pikiran.

Hingga saat ini objek wisata yang menjadi icon utama Wonogiri yaitu Waduk Gajah Mungkur. Seiring berjalannya waktu, berbagai tempat di dekat Waduk Gajah Mungkur juga berubah menjadi kawasan yang menarik untuk dikunjungi.

Promosi Daihatsu Rocky, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Berikut tempat-tempat wisata yang dimaksud:

1. Pierre Cenik

Watu Cenik merupakan salah satu tempat wisata menarik di dekat Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Lokasinya berada di Desa Sendang, Kabupaten/Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga: Selesaikan Pembangunan Jalan Bayemharjo Sejati, Pemkab Wonogiri Siap Terima APBD

Objek wisata Watu Cenik ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sendang Pinilih. Lebih dari dua tahun, objek wisata Watu Cenik sepi pengunjung.

Di objek wisata ini, pengunjung juga dapat berkemah. Hal inilah yang dilakukan Persatuan Duta Wisata Wonogiri (Pandawagiri) menggelar Wonogiri Summer Camp (WSC) di Watu Cenik, Sabtu hingga Minggu (24-25/9/2022).

Ketua BUM Desa Sendang Pinilih, Narno mengatakan kegiatan tersebut kamp Ini akan menjadi yang pertama kali diadakan di Watu Cenik setelah pandemi Covid-19 yang berkecamuk sejak tahun 2020. WSC diharapkan menjadi ajang promosi untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

Pada umumnya BUM Desa Sendang Pinilih mengenakan tarif Rp 25.000/malam untuk setiap pengunjung yang ingin berkemah di objek wisata Watu Cenik. Tarif tersebut digunakan untuk membiayai kebersihan fasilitas di kawasan objek wisata, seperti toilet, kamar mandi, dan penggunaan air.

“Kalau lebih dari semalam, kita hitung lagi. Biasanya hanya berkemah suatu malam. Sedangkan tiket masuk objek wisata Watu Cenik pada hari biasa, tanpa camping, hanya Rp 5.000/orang,” ujarnya, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Warga Harus Tahu! Ada 6 prioritas pengembangan hasil Musrenbang di Wonogiri lo

2. Puncak Joglo

Puncak Joglo juga menjadi tempat wisata yang menyenangkan di dekat Waduk Gajah Mungkur. Puncak ini terletak di daerah Selopukang, Sendang, Wonogiri.

Dari tempat ini, Anda bisa melihat kota Wonogiri dari ketinggian. Objek wisata yang dimiliki oleh Puncak Joglo ini adalah tempat yang paling cocok untuk dinikmati matahari terbenam (matahari terbenam) serta Matahari terbit (matahari terbit) dengan pemandangan yang menakjubkan.

Tempat wisata ini juga merupakan puncak dari Hanggar Wonogiri. Fasilitas Puncak Gantole Wonogiri belum lengkap, hanya ada tempat parkir dan spot foto instagenic.

Namun tidak perlu khawatir karena jika Anda mengunjungi puncak hanggar, Anda juga bisa melihat paralayang, menikmati alam dari atas, dan berburu matahari terbenam.

Baca Juga: Sumber Daya Manusia Masih Jadi Kendala Pengembangan Desa Wisata di Wonogiri

3. Puncak Bukit Gunung Gandul

Wisata Puncak Bukit Gandul ini cukup dekat dengan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Lokasinya berada di Jl. Gunung Gandul, Kawasan Hutan, Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Puncak Bukit Gandul menampilkan wisata alam dengan pemandangan dari puncak Gunung Gandul. Pengunjung dapat menikmati matahari terbenam di atas bukit Gunung Gandul strategis karena objek wisata ini terletak di sisi barat kota Wonogiri.

Pengunjung bahkan bisa menikmati pemandangan kota sambil menikmati sejuknya suasana Gunung Gandul. Puncak Bukit Gandul juga menawarkan spot foto yang menarik bagi pengunjung, apalagi di malam hari.

4. Alas Ketu

Baca Juga: Inilah Deretan Mie Ayam Legendaris di Wonogiri yang Patut Dicoba

Alas Kethu juga merupakan salah satu wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri terdekat. Alas Kethu adalah hutan milik Perhutani yang terletak di Giriwono, Wonogiri, Jawa Tengah.

Alas Kethu memiliki luas sekitar 40 hektar. Untuk mencapai Alas Kethu hanya membutuhkan waktu 15 menit dari pusat kota. Alas Kethu menghubungkan kota ke desa Wonokerto, kabupaten Wonogiri dan melewati ke Jatipuro, Karanganyar.

Ada berbagai jenis pohon di Alas Kethu seperti jati, mahoni, akasia, sono, kayu putih, dll. Memiliki Alas Kethu di Wonogiri dapat mengimbangi penghijauan kota.

Alas Kethu cocok sebagai tempat penyembuhan bagi pengunjung. Pepohonan besar yang rindang membuat suasana lebih tenang dan sejuk.

Di balik keteduhan dan kesejukan, Hélas Kethu menyembunyikan sebuah cerita rakyat yang sudah dikenal masyarakat Wonogiri.

Baca Juga: Dicairkan Rp 8,4 Miliar, Jalan Menuju Pantai Klotok Wonogiri Bakal Tenggelam

Itu tadi sejumlah kunjungan menarik di dekat Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Selain wisata tersebut, masih banyak tempat wisata lain di Wonogiri yang layak untuk dilihat. Selain itu, tempat wisata mulai menjamur di berbagai daerah di Kabupaten Sukses.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button