Tempat Wisata

Blue Valley of Malino, keajaiban wisata alam yang indah dan eksotis di Gowa

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL Patene, Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab.Gowa, Sulawesi Selatan; map: Cek lokasi

Lembah Biru Malino adalah sebuah lembah di Kecamatan Tinggimoncong. Lembah ini sangat populer di kalangan wisatawan yang menyukai wisata alam Gowa. Lembah ini menawarkan suasana yang tentunya sejuk dan asri, serta pemandangannya yang begitu indah sehingga tidak heran jika lokasinya menjadi tujuan wisata yang populer. Suatu keharusan bagi Anda yang bepergian ke Gowa.

Anda tidak perlu meragukan keindahan alam Blue Valley. Wisatawan akan merasa terlahir kembali ketika melihat pemandangan di sekitar area lembah. Hamparan sayuran dan perkebunan yang sangat luas adalah sesuatu yang dapat Anda temukan dengan mudah. Selain itu, lingkungan yang bersih dan asri sangat memanjakan diri.

Wisatawan juga bisa mencoba berbagai aktivitas selama berada di sini. Berbagai kegiatan yang gencar dilakukan di Lembah Biru Marino bertujuan agar objek wisata alam ini lebih dikenal tidak hanya di kalangan wisatawan domestik tetapi juga di kalangan wisatawan mancanegara. Sehingga wisatawan tidak bosan berada di lembah ini. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi lembah ini bagi pecinta wisata alam.

Atraksi Blue Valley of Malino

Atraksi Lembah BiruSumber gambar: Twitter Wisata Lintang Buana

Seperti namanya, lembah eksotis ini terletak di kecamatan Tinggimoncong, tepatnya di desa Malino. Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya dari daerah Malino saja, namun ada juga wisatawan yang datang dari luar daerah. Dengan segala pesonanya, wajar saja jika wisatawan dari berbagai daerah tidak pernah meninggalkan lembah di Gowa ini.

1. Aura dingin yang menonjol

Daya tarik utama dari objek wisata alam ini adalah aura sejuknya yang bisa dirasakan dari dekat. Tentu dari namanya saja sudah memberikan gambaran kepada wisatawan tentang alam lembah yang biasanya tidak jauh dari kata hijau. Seperti lembah ini, pemandangan menghijau yang membentang sejauh mata memandang akan membuat udara di sekitar Anda sejuk, ketinggiannya juga membuat udara semakin sejuk.

Pemandangan hijau di lembah ini berasal dari kebun dan sayur mayur masyarakat sekitar. Berbagai jenis kebun dan sayuran dapat terlihat dengan jelas di lembah ini, namun dari waktu ke waktu lembah ini juga sering diselimuti oleh kabut yang agak mengaburkan pemandangan lanskap. Meski demikian, aura sejuk yang dihadirkan memberikan kesan nyaman.

Tersedia kolam renang ke-2

Objek Wisata Lembah Biru MalinoKredit foto: Google Maps Nadil TheHunter

Daya tarik lembah ini selanjutnya adalah tersedianya kolam renang. Keberadaan kolam renang yang terletak di sini menjadi primadona bagi siapa saja yang mengunjunginya. Kolam renang di sini sepertinya tambahan begitu Anda menginjakkan kaki di sini. Dengan adanya kolam renang ini, wisatawan bisa melakukan aktivitas yang pastinya menyehatkan dan menghilangkan kejenuhan.

Kolam renang di Blue Valley of Malino terlihat terbuka dikelilingi pemandangan hijau yang asri. Kolam renang yang bersih dan lokasinya yang dikelilingi pepohonan menjadikan kolam ini sebagai tujuan wisata utama. Maka tak heran banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi lembah ini karena terdapat kolam renang unik yang dikelilingi pepohonan hijau.

3. Ada wahana seru

Selain auranya yang sejuk dan kolam renangnya, lembah ini seolah tak mau lepas dari daya tarik lain, yakni wahana. Berbagai wahana mendebarkan tersedia disini, wahana tersebut bukan sekedar wahana biasa melainkan wahana yang cukup memacu adrenalin pengunjung. Bagi Anda yang bernyali besar, wahana di sini sangat layak untuk dicoba.

Berbagai wahana tersedia di sini, yaitu sepeda terbang, arung jeram, stik helium. Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan betapa seramnya mencoba wahana-wahana ini. Namun wisatawan tidak perlu meragukan keamanannya karena berbagai alat pengaman terpasang di tubuh wisatawan yang tertarik untuk mencoba wahana ini. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Lembah BiruKredit foto: Google Maps Asqar Ramadhani

Blue Valley adalah salah satu lembah yang indah dan sejuk di Desa Malino, tepat di Jalan Patene. Lokasi objek wisata ini berjarak sekitar 30 km jika dihitung dari Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Akses menuju lokasi juga terjangkau, wisatawan khususnya ditemani dengan pemandangan indah kawasan lembah dari pepohonan di sekitarnya, sehingga wisatawan tidak akan bosan.

Waktu berkendara untuk mengunjungi objek wisata berbentuk lembah ini kurang lebih 1 jam 18 menit jika berangkat dari Kabupaten Gowa. Namun, pada hari-hari merah seperti liburan sekolah, jalur menuju lembah agak ramai, sehingga waktu tempuh sedikit terpengaruh. Hal ini dikarenakan berbagai atraksi yang menarik banyak pengunjung ke lembah ini.

Wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi lembah ini dapat memulai perjalanan dari Jalan Korong Bale di Gowa dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Tanete. Kemudian belok kanan ke Jalan Malino dan terus ke Jalan Sultan Hasanuddin. Setelah itu belok kiri hingga menemukan Jalan Patene dan terus berjalan hingga menemukan Usulan Destinasi Wisata Blue Valley.

Dengan jarak yang cukup jauh, dan komitmen waktu yang cukup memakan waktu, tentu akan menjadi kekecewaan tersendiri. Namun terlepas dari itu, saat menginjakkan kaki di tengah lembah, rasa lelah dan kecewa langsung terbayar dengan pemandangan alam yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Malino Blue ValleyKredit foto: Google Maps Muhammad Ilham Ansar

Lokasinya dengan pemandangan yang indah dan udara sejuk dari perkebunan yang tersebar luas menjadikan lembah ini tempat yang populer untuk bersantai. Apalagi ketersediaan kolam renang yang dikelilingi pepohonan hijau dan berbagai wahana hiburan di lembah ini juga menjadikannya tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Wisatawan yang tertarik mengunjungi lembah dengan ribuan atraksi ini bisa menyiapkan tiket masuk sebesar Rp 20.000. Harga nominal ini cukup sebanding bahkan bisa disebut murah untuk tiket wisata alam seperti lembah yang mempesona ini. Apalagi, faktanya harga tersebut sudah termasuk pemasangan paviliun dan penggunaan mushola. Sangat hemat bukan?

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Blue Valley

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Blue ValleySumber Gambar: Facebook Annisa Tassa Maharani Zainal

1. Bersantai sambil mengagumi ciptaannya

Salah satu aktivitas menarik yang wajib Anda coba saat menginjakkan kaki di sini adalah relaksasi. Bersantai sambil menyeruput kopi di udara sejuk Blue Valley Malino adalah caranya. Wisatawan tidak hanya bisa bersantai, tapi juga bersantap bersama keluarga di gazebo yang tersedia sambil melihat pemandangan alam ciptaannya yang sungguh menakjubkan.

2. Berenang di udara sekitar yang dingin

Hal lain yang menarik untuk dicoba adalah berenang. Wisatawan dapat menggunakan kolam renang yang tersedia di sini dengan berenang. Padahal, udara di sekitar lembah ini dikenal sejuk dan dingin. Namun, wisatawan bisa mencoba berenang perlahan dan merasakan pengalaman berenang sambil dikelilingi oleh kehijauan alam sekitar.

3. Cobalah wahana yang menantang

Wahana di Blue Valley terkenal dengan wahana yang memacu adrenalin. Salah satu favorit saya adalah sepeda terbang. Kendaraan ini berbentuk sepeda yang diikat dengan tali dari satu pohon ke pohon lainnya. Wisatawan dibawa dengan sepeda di atas ketinggian yang cukup memompa adrenalin. Wisatawan akan melihat keindahan alam di sekitar lembah dari ketinggian.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Lembah BiruKredit foto: Muliadi Adi Adis Facebook

Letaknya yang sedikit jauh dari Kabupaten Gowa, tepatnya hanya 30 km, bukan berarti Lembah Biru ini kekurangan fasilitas. Keberadaannya yang berfungsi sebagai tempat tujuan wisata para wisatawan membuat fasilitas yang ada disini tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya. Sehingga wisatawan tidak perlu khawatir dengan keberadaan fasilitas wisata alam di Malino.

Berbagai fasilitas yang tersedia bertujuan untuk mendukung berbagai aktivitas para pengunjung yang menghabiskan liburan mereka di lembah ini. Seperti kolam renang yang terletak di antara pepohonan hijau, kolam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berenang di sini. Kebersihan air kolam harus dijaga.

Selain itu, paviliun yang tersedia dengan banyak buah-buahan juga akan memanjakan pengunjung dengan menyantap makanan sambil duduk di atasnya dan bersantai. Sangat cocok bila digunakan oleh keluarga. Penginapan selanjutnya di sini pun tak luput dari kelengkapan fasilitas. Wahana arung jeram dan sepeda terbang yang memacu adrenalin, serta tenda camping yang bisa disewa juga tersedia di kawasan wisata ini.

Itulah beberapa hal terkait Malino Blue Valley yang telah dijelaskan di atas. Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang tak terbantahkan, selain adanya kolam renang di tengah pepohonan, wahana mendebarkan yang memacu adrenalin, harga tiket yang bersahabat dan fasilitas yang terjangkau menjadi alasan mengapa lembah cantik ini populer sebagai destinasi wisata alam.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button