Berita Wisata

7 rekomendasi wisata alam di Medan

Air Terjun Dua Warna Medan (foto: celotehpraja)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Medan merupakan pusat kota Sumatera Utara dan memiliki banyak keindahan alam yang bisa Anda jelajahi. Dari tempat wisata seperti pantai, air terjun, danau, objek wisata sungai bisa anda temukan disini. Apalagi semua tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang membuat pengunjung yang datang ke sini merasa lebih nyaman. Berikut destinasi wisata tersebut:

1. Bukit Simarjarunjung Indah

Foto: Bukit Indah Simarjarunjung (google.com)

Bukit Indah Simarjarunjung menyuguhkan panorama Danau Toba yang sangat indah. Setelah berhasil menjadi tempat wisata, bukit ini semakin menarik. Pengunjung dapat melihat banyak pohon pinus dengan berbagai spot populer, seperti pengintai, rumah pohon, dan ayunan. Bisa dibilang tempat wisata ini mirip dengan tempat selfie Kulo Progo dan Kali Biru.

Sementara itu, harga tiket masuknya juga sangat terjangkau yaitu hanya sekitar Rp 5.000 per orang dan Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap perjalanan.

2. Bukit Paropo Silalahi

Foto: Bukit Paropo Silalahi (phinemo)

Wisata alam di Medan memang menjadi tempat favorit para pelancong camping. Untuk menuju puncak bukit tidak perlu susah-susah mendaki karena konturnya sangat mudah dijangkau. Selain berkemah, Anda bahkan bisa melakukan aktivitas lain, seperti memancing.

Saat memasuki kawasan perbukitan, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000 per orang. Sedangkan bagi anda yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp15.000 per motor.

3. Tangkahan–Langkat

Foto: Tangkahan, Langkat (kanvas)

Wisata alam di Medan termasuk dalam tempat ekowisata yang terletak di desa Namo Sialang, Batang Serangan, Langkat. Tangkahan – Langkat sendiri hanya bisa dicapai melalui jalur darat. Anda bisa menggunakan kendaraan seperti sepeda motor, mobil, dan bus untuk menuju ke sana.

Ada berbagai aktivitas menarik di alam, seperti mandi gajah. Wisatawan akan diperbolehkan menunggangi gajah di hutan bersama pelatih dan belajar lebih mengenal hutan. Selain berinteraksi dengan gajah, pengunjung juga bisa berenang di sungai dan berlatih olahraga ekstrim seperti arung jeram.

4. Arung Jeram di Sungai Wampu

Foto: Arung Jeram di Sungai Wampu (karogaul)

Sungai Wampu sudah lama dikenal sebagai salah satu spot arung jeram di wilayah Medan Sumatera Utara. Wisata alam ini juga melintasi 2 kabupaten di Sumatera Utara yaitu kabupaten Karo dan Langkat.

Berbeda dengan sungai lainnya, Sungai Wampu memiliki anak-anak sungai. Ini merupakan tantangan bagi Anda yang sangat menyukai olahraga ekstrim. Namun, Anda tidak perlu takut karena selama arung jeram Anda akan ditemani oleh pemandu profesional.

5. Bukit Lawang

Wilayah Sumatera memiliki keanekaragaman hayati dan satwa yang sangat beragam. Untuk itu, Anda akan menemukan banyak tempat wisata menarik di sini dengan pemandangan alam, seperti Bukit Lawang.

Selain terkenal dengan arus sungai yang jernih, Bukit Lawang juga menjadi spot untuk melihat orangutan. Keberadaan orangutan di kawasan ini hanya karena Bukit Lawang termasuk dalam kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser.

Di dalam bukit Anda akan melihat gubuk lesehan yang bisa disewa pengunjung dengan harga Rp 70.000. Selain itu, di Bukit Lawang, Anda juga bisa menyewa jasa pemandu untuk trekking menyusuri hutan perbukitan.

6. Air terjun dua nada

Foto: Air terjun dua warna (cellotehpraja)

Dengan ketinggian sekitar 1270 meter di atas permukaan laut, air di sini berasal dari Gunung Sibayak. Bukan sekedar nama, air terjun dua nada ini memiliki dua gradasi warna dari biru hingga pirus. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan kandungan fosfor dan belerang di dalam air.

Tidak hanya warna air di sini yang berbeda, keberadaan fosfor juga membuat suhu air berbeda, yaitu dingin dalam warna biru dan hangat dalam warna abu-abu. Pengunjung yang datang diperbolehkan melakukan berbagai aktivitas, seperti bersantai di tepi air terjun atau berenang di kolam.

7. Pulau Mursala, Sibolga

Foto: Pulau Mursala, Sibolga (portal wisata)

Bagi Anda yang ingin liburan di Medan dengan suasana pantai, kunjungi Pulau Marsala, Sibolga. Tempat ini menjadi sangat populer setelah menjadi lokasi syuting film Hollywood King Kong. Di sana, pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan pulau, pantai berpasir putih, air laut yang jernih di Air Terjun Pulau Mursala yang tingginya mencapai 35m.

Karena terletak di tengah pulau, aliran air di Pulau Mursala juga mengalir langsung ke laut, sehingga menjadi pemandangan yang menarik tersendiri. Jika bosan, Anda bisa langsung melakukan island hopping ke pulau-pulau sekitarnya. Dengan keindahan tersebut, tak heran jika Pulau Mursala menjadi tempat favorit banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button