Tempat Wisata

7 Tempat Wisata Terpopuler di Solo Solo!

Tempat wisata keluarga di Solo – Solo/Surakarta adalah sebuah kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah yang juga dikenal sebagai kota budaya. Karena di tempat ini banyak terdapat bangunan tua yang nilai sejarahnya begitu tinggi.

Solo juga berbatasan langsung dengan destinasi wisata di Jawa Tengah seperti Boyolali, Klaten dan juga Pacitan yang memiliki pantai indah yang sedang booming belakangan ini.

Tempat wisata keluarga di Solo

Penasaran dengan wisata solonya? oh iya, jadi disini penulis akan membahas secara khusus tentang tempat wisata keluarga di solo. Oke, simak ulasan kami mengenai tempat wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi berdua bersama keluarga besar:

1. Pandawa Water World, wisata keluarga solo yang sangat menarik

Pandawa Water World Solo Seluncuran Lubang Hitam BaruPandawa Water World Solo Seluncuran Lubang Hitam Baru

alamat: Kompleks Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Tempat wisata keluarga pertama di Solo adalah Pandawa Water World yang terletak di Jalan Cernaya Raya Solo Baru. Pandawa Water World merupakan tempat wisata keluarga di dekat Solo yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Karena objek wisata ini menawarkan banyak destinasi wisata yang cocok untuk segala usia, dari anak-anak hingga dewasa, seperti ombak buatan, kolam renang anak dan lain-lain.

Jam buka Pandawa Water World adalah sebagai berikut:

  • Buka Senin hingga Jumat dari pukul 10 pagi hingga 6 sore
  • WIB buka pada hari Sabtu dan hari libur nasional mulai pukul 08.00 hingga 18.00

Sementara itu, biaya masuk Pandawa Water World adalah sebagai berikut:

  • Senin s/d Jumat harga tiket Rp 80.000,00 per orang
  • Pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur, harga tiketnya Rp10.000,00 per orang

Catatan: Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu

Wahana di Water World solo:

  • slide rakit
  • Dorong lubang hitam ke kiri
  • Geser lubang hitam ke kanan
  • anak kunti
  • aliran aksi
  • dan masih ada 34 wahana lainnya

Pada titik harga itu, ternyata itu juga sepadan dengan fitur selain wahana lengkap, seperti dokter yang selalu siap siaga di area bermain jika terjadi kecelakaan. Banyak fasilitas yang bisa dinikmati bersama keluarga, buktikan sendiri dengan datang ke tempat kami.

2. Naik kereta uap Jaladara Kota Solo

Sepur Kluthuk Jaladara via JalajahnusaeSepur Kluthuk Jaladara via Jalajahnusae

alamat: Surakarta Solo

Objek wisata keluarga di Solo selanjutnya adalah Kereta Bahtera, kereta api tersebut merupakan kereta uap yang kini beroperasi sebagai kereta wisata.

Tidak seperti kereta api pada umumnya, kereta uap Jaladara ini berjalan di atas kayu yang dibakar dan menghasilkan uap yang dapat menggerakkan kereta api.

Jalur kereta wisata ini membentang dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Kota Solo dan juga melewati Jalan Slamet Riyadi yang merupakan Jalur Protokol Kota Solo. Jadi, ketika mengendarai kendaraan pribadi di Jalan Slamet Riyadi, Anda harus berhati-hati karena antara jalan raya dan jalur kereta wisata ini tidak ada batasannya.

Kereta wisata ini memiliki dua gerbong yang mampu menampung hingga 72 penumpang dengan kecepatan maksimal 50 km per jam. Jadi jika anda naik kereta api anda bisa berkeliling kota Solo dan menikmati rimbunnya pemandangan kota Solo yang masih ditumbuhi pepohonan besar.

untuk harga tiket naik kereta wisata di Solo yaitu 150.000 per orang. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Asyiknya keliling kota Solo dengan bus di Solo

Asyiknya keliling kota Solo dengan bus di SoloAsyiknya keliling kota Solo dengan bus di Solo

Solo tidak hanya memiliki kereta wisata yang sangat menarik untuk dicoba, tetapi juga bus wisata untuk Anda coba. Bus wisata ini bernama bus tingkat Werkudara.

Tahukah Anda bahwa bus tingkat Werkudara ini merupakan bus wisata pertama di Indonesia? Bus Werkudara ini mulai beroperasi pada awal tahun 2011.

Bus ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi kota Solo dengan menikmati daerah tujuan seperti Keraton Surakarta, Laweyan, Museum Perpustakaan Radya, Mangkunegaran, Kampung Batik Kauman dan tempat-tempat menarik di berbagai sudut kota Solo.

Jika ingin naik bus ini, Anda harus memesan tiket sehari sebelum keberangkatan dan membayar deposit minimal 25 persen. Tiket tersedia dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Jl. Menteri Supneo No. 7 Manahan Solo.

Harga tiketnya sendiri adalah Rp 20.000,00 per orang dan bus ini hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu. Bus ini juga bisa disewa dengan biaya Rp. 800.000,00 per tiga jam dan denda lembur 250.000. Naik kereta wisata ini, kegiatan wisata keluarga Anda sendiri akan sangat menyenangkan.

Kunjungi juga: 36 tempat makan enak di Solo

4. Taman Balekambang Solo

Taman Ria Balekambang via RentalmainansoloTaman Ria Balekambang via Rentalmainansolo

Alamat: JL.Balekambang, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta

Tempat wisata terdekat di Solo adalah Taman Balekambang yang terletak di Jl. Balekambang nomor 1 banjarsari solo. Taman Balekambang memiliki luas sekitar 10 hektar dengan lokasi ASRI yang hijau, bersih dan tentunya.

Destinasi ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga yang murah meriah. Di tempat ini Anda bisa menikmati sejuknya udara taman bersama keluarga. Momen kebersamaan pasti akan lebih bermakna jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

5. Solopalast dengan klaim sejarah

Keraton Surakarta via SoloposKeraton Surakarta via Solopos

alamat: Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Perjalanan anak dan keluarga selanjutnya di Solo adalah Istana Solo yang kaya akan nilai sejarah. Mengundang buah hati Anda tentu sangat berguna karena memungkinkan Anda untuk berwisata sekaligus belajar tentang sejarah.

Keraton Solo ini sangat cocok sebagai tempat wisata edukasi di Solo. Dengan lokasinya yang berada di pusat kota Solo, Keraton Solo banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

6. Taman Sriwedari yang juga kaya akan sejarah

Taman Sriwedari via KompasTaman Sriwedari via Kompas

alamat: Jl Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta

Selain wisata sejarah Keraton Solo, kota ini juga menawarkan wisata sejarah lainnya seperti Taman Sriwedari yang terletak di kabupaten ini. Lawiyayan. Taman ini dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan saat itu.

Ada juga bangunan wayang orang di situs ini, yang secara teratur menyelenggarakan pertunjukan bertema cerita Ramayana dan Mahabharata.

Periksa juga: 19 Akomodasi & Hotel Murah di Solo

7. Wisata Kampung Batik Kauman

Wisata Kampung Batik Kauman via TribunnewsWisata Kampung Batik Kauman via Tribunnews

alamat: Jalan Rajiman, Jalan Nonongan, Jalan Slamet Riyadi, Kauman, Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Bagi Anda yang puas dengan cara menikmati solo city tour yang begitu menarik, Anda bisa mengakhiri perjalanan dengan berbelanja di kampung batik Kauman.

Kampung Batik Kauman terletak di Jl. Trisula, Kauman, Timur. Tie-dye yang dibuat di kampung tie-dye ini berbeda dengan tie-dye Jogja dan tie-dye Pekalongan.

Bedanya pada motif, tie-dye dari tempat ini memiliki motif yang lebih banyak dan cenderung menggunakan warna-warna cerah. Batik adalah pilihan oleh-oleh yang bisa Anda bawa sendiri.

Untuk akses menuju Kampung Batik Kauman juga sangat mudah diakses karena letaknya yang sangat strategis dikelilingi oleh jalan-jalan kayu di kota Solo seperti Jl Slamet Riyadi, Jl Nonongan, Jl Rajiman yang tentunya sangat mudah untuk diakses.

* * * *

Mungkin itu saja pembahasan mengenai tempat wisata keluarga di Solo dan sekitarnya yang harus anda kunjungi. Selain asyik jalan-jalan bersama keluarga, traveling sendirian juga asyik mengunjungi kerabat. Ada juga wisata alam solo yang bisa Anda coba, seperti air terjun. Simpan artikel ini dengan membagikannya di Facebook atau Instagram.

Kunjungi juga: Istana Pusaka Solo

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button