Tempat Wisata

Taman Lawang, objek wisata alam yang populer di Danau Maninjau di Agam

harga tiket: Rp25.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Raya H. Asbial Syafei, Kec. Matang, Kab.Agam, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Taman Lawang terletak di Kabupaten Agam dan memiliki luas sekitar 15 hektar. Destinasi artistik ini berada di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut, sehingga menyuguhkan udara yang cukup sejuk dengan suhu berkisar antara 16 hingga 29 derajat Celcius. Menghadirkan pemandangan Danau Maninjau secara utuh untuk menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Siapapun yang datang ke sini akan terkesima, karena panoramanya yang begitu mempesona. Selain itu, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan, seperti wahana paralayang kelas dunia. Belum lagi jika membicarakan kelengkapan fasilitas, pengunjung dijamin akan enggan untuk pulang.

Anda akan menemukan musholla, auditorium berkapasitas 150 orang, tempat karaoke, gazebo dengan view langsung danau, bahkan arena camping dan outbond. Tak heran, pamor objek wisata yang satu ini mendunia. Selain itu, akses jalan menuju Lawang Adventure Park biasanya sudah beraspal mulus, sehingga tidak menyulitkan para pelancong.

Atraksi Taman Lawang

Atraksi Taman LawangKredit foto: Google Maps Gibson Soni

1. Pemandangan laut Maninjau

Tempat paling populer dan populer bagi pengunjung, terutama dengan pemandangan berkabut yang menutupi area tersebut. Anda juga bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam dengan maksimal jika menginap di puncak bukit. Hanya saja Anda harus melalui jalur pendakian sebelum bisa benar-benar menikmati semua keindahannya.

2. Rumah berbentuk unik

Di sisi lain, pihak pengelola Taman Lawang menawarkan atraksi yang tak kalah memikat seperti rumah kayu berbentuk unik yang terlihat seperti rumah Hobbit namun memiliki nuansa yang lebih modern. Mengikuti gaya desain Eropa, terdapat beragam warna berbeda di setiap unitnya.

Belum lagi gedung ini dibangun di tengah kawasan taman agar bisa menarik perhatian publik. Mata akan langsung tertuju pada deretan rumah-rumah saat mendekati taman yang sudah bisa ditebak ujungnya pasti akan kejar-kejaran foto.

3. Udara sejuk cenderung dingin

Kenyamanan udara menjadi pertimbangan penting dalam sebuah destinasi wisata, terutama bagi para pelancong yang tinggal di daerah pesisir atau di tengah kota yang padat penduduk. Lawang Adventure Park menawarkan suasana sejuk yang cenderung dingin dengan suhu berkisar antara 16 hingga 29 derajat Celcius.

Tempat ini bisa menjadi sarana penyembuhan atau sekedar menjauh dari hiruk pikuk kota. Dengan hamparan Danau Maninjau, pepohonan rindang, bukit-bukit di kejauhan di mana semuanya tampak menyatu dan Anda merasa lebih dekat dengan alam. Belum lagi ada spot foto khusus yang didesain untuk lokasi pengamatan puncak bukit.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman LawangKredit foto: Instagram Hervina Ahmad

Jika Anda ingin mengunjungi Taman Lawang Agam di Sumatera Barat, ada beberapa rute yang bisa dipilih. Pertama, berkendara melewati Matur dengan pasak di Bukittinggi sampai Anda tiba di persimpangan tiga area ini. Anda bisa mengambil jalur kanan yang pemandangannya sangat indah dan dihiasi dengan perkebunan teh milik warga sekitar.

Rute kedua melalui Ambun Pagi berjarak sekitar 3 km setelah Matur atau dekat Jalan Kelok 44. Rute ini paling sering dipilih oleh para pelancong karena menawarkan pemandangan Danau Maninjau di sepanjang perjalanan.

Alternatif lain, Anda bisa mengambil jalur pendakian, terutama bagi pecinta trekking. Melewati pasar Bayur, di kilometer 4 utara Danau Maninjau. Dibutuhkan setidaknya 1,5 hingga 2 jam berjalan kaki untuk sampai di puncak Taman Lawang Agam. Panorama menawarkan pepohonan lebat di sini.

Anda juga bisa melewati Pasar Minggu yang terletak di km 8 Danau Maninjau. Hanya saja traveler menghabiskan waktu lebih lama, sekitar 4 sampai 5 jam. Pemandangan yang akan Anda nikmati di rute ini adalah area persawahan serta pepohonan yang rindang.

Biaya masuk objek wisata

Taman LawangSumber Gambar: Google Maps Alaskan

Taman Lawang buka 24 jam sehari di mana administrasi menyediakan akomodasi bagi pengunjung. Kapan dan berapa lama Anda bisa menikmati suasana di sini tidak terbatas.

Mungkin itu sebabnya biaya masuk tidak ada perbedaan usia, berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa. Jika Anda berkunjung pada hari Senin hingga Sabtu Anda harus membayar retribusi sebesar Rp 20.000 sedangkan pada hari Minggu Anda harus membayar sebesar Rp 25.000. Ditambah sewa parkir motor Rp 3.000 dan sewa mobil Rp 5.000.

Aktivitas menarik di Lawang Adventure Park

Aktivitas menarik di Lawang Adventure ParkSumber gambar: Twitter nadiaturrahma

1. Cobalah berbagai wahana menarik

Dianggap sebagai salah satu tempat paralayang terbaik di Asia Tenggara, Taman Lawang ternyata sering diserang wisatawan karena meluncur dari ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut. Belum lagi selama perjalanan dari atas bukit menuju ke darat, Anda akan disuguhi pemandangan Danau Maninjau yang memesona.

Namun, biayanya sekitar Rp 500.000 jika Anda tertarik mencoba paralayang yang telah dilengkapi dengan instruktur khusus untuk pemula. Namun, jika tarifnya terasa agak mahal bagi Anda, Anda bisa menegosiasikan harganya terlebih dahulu.

Kemudian wisatawan juga akan disuguhi berbagai wahana menarik lainnya. Selain paralayang, ada juga flying fox dengan harga tiket yang lebih murah. Meski sensasinya jelas berbeda, panorama unggulannya adalah danau vulkanik seluas 100 hektar dan suasana asri dan asri di sekitarnya.

Puas menikmati keseruan di udara, Anda bisa menantang diri sendiri dengan melintasi jembatan ban dan jembatan ayun yang keduanya juga memacu adrenalin. Bahkan jika Anda tidak tertarik untuk berjudi, pengelola menawarkan berbagai spot foto dengan pemandangan yang menakjubkan. Misalnya, tempat berbentuk seperti kapal yang terdampar di tepi bukit.

Di sisi utara adalah platform berornamen dengan bahan bambu yang dapat menampung maksimal 5 orang dewasa. Dari sini Anda bisa menikmati panorama persawahan, kawasan pemukiman, Danau Maninjau dan perbukitan di sekitarnya secara bersamaan.

2. Tetap di tempat tujuan

Menginap di Taman Lawang tidak akan terlalu mengganggu Anda. Pasalnya, pengelola telah menyiapkan sejumlah asrama. Keuntungan bermalam adalah Anda bisa melihat bintang di langit malam dan menunggu matahari pagi keesokan harinya.

Tidak ingin mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa akomodasi? Anda bisa berkemah. Usahakan untuk membawa keluarga, teman terdekat atau pasangan agar bisa menikmati suasana bersama. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain BBQ, bernyanyi sambil bermain gitar, malam juri dan masih banyak permainan seru lainnya.

3. Memetik buah

Seperti daerah perbukitan biasa, tempat ini diberkahi dengan tanah yang subur. Tak heran, berbagai buah dan sayuran secara sadar ditanam dan menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Di sini Anda akan menemukan markisa, labu, melon, stroberi, jeruk dan sejenisnya. Menyenangkan bukan memetik buah langsung dari pohonnya?

Setelah panen buah, Anda dapat membawanya pulang atau mencicipinya di tempat tujuan Anda sambil melihat pedesaan di sekitarnya. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap orang yang menjalankannya. Namun, pastikan budget Anda cukup fleksibel saat datang ke sini.

4. Lingkungan sekitar kawasan wisata

Aktivitas di Lawang Adventure ParkSumber gambar: Twitter Resmi Minang

Bosan hanya berada di satu tempat? Penasaran dengan keseluruhan objek wisata Taman Lawang? Jangan khawatir, pengelola telah menyediakan fasilitas khusus untuk memenuhi keinginan berselancar Anda.

Pengunjung bebas memilih apakah akan menjelajah melalui darat atau laut. Pasalnya, tempat ini telah dilengkapi dengan fasilitas off-road serta arung jeram. Anda mungkin tidak akan terlalu fokus pada pemandangan saat arung jeram, tapi worth it jika Anda ingin mencobanya.

Off-road Anda tidak hanya dapat menantang diri sendiri di jalur ekstrem, tetapi juga melihat keindahan di sekitar Anda. Ada juga fasilitas sepeda untuk berkeliling kawasan desa dimana Anda bisa bertemu dan mungkin berinteraksi dengan warga sekitar. Kegiatan eksplorasi seperti ini sangat cocok bagi Anda yang merasa kesulitan untuk berdiam di satu tempat.

5. Berburu foto estetis

Jangan lewatkan untuk mengambil foto selama berkunjung ke sini, meskipun Anda perlu menyiapkan peralatan fotografi yang memadai. Setiap sudut objek wisata seakan menawarkan panorama tersendiri dengan berbagai atraksi yang sulit untuk ditolak. Misalnya, sangat menggoda untuk memotret di lapisan kabut tipis di antara lanskap berbukit, bukan?

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Taman LawangSumber gambar: Twitter Resmi Minang

Mengingat popularitasnya yang mendunia, Lawang Adventure Park tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Banyak hal yang bisa Anda temukan di sini, mulai dari restoran, mushola, kamar mandi, penginapan, paviliun bahkan ruang pertemuan.

Salah satu atraksi paling populer adalah lapangan paralayang, yang dianggap sebagai lapangan terbang terbaik di Asia Tenggara.

Dari sekadar memenuhi kebutuhan pokok selama liburan hingga pemandangan alam yang indah, Taman Lawang di Agam menjanjikan kesenangan bagi para pelancong. Karena suasana tempat ini yang sibuk, sebaiknya hindari datang pada akhir pekan jika memungkinkan. Kemudian pilih waktu pagi atau sore hari agar Anda bisa menikmati pesona matahari di atas ketinggian.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button