Tempat Wisata

Pulau Barrang Lompo, pulau yang indah dan tempat menyelam terbaik di Makassar

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Apakah Lompo, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; map: Cek lokasi

Pulau Barrang Lompo dijadikan sebagai tujuan wisata populer oleh sebagian besar orang yang datang ke Makassar. Pasalnya, tempat ini merupakan salah satu surga alam di Indonesia. Tentu saja, alam yang menakjubkan di pulau ini sangat dibanggakan dan dirawat dengan baik. Namanya sendiri sudah dikenal luas di beberapa negara lain.

Oleh karena itu, wajar jika sering terlihat turis asing berkunjung ke tempat wisata ini. Rasanya kurang tepat bila berkesempatan berlibur ke Kota Makassar namun tidak mengunjungi pulau tersebut. Itu karena waktu liburan yang Anda habiskan di sana bisa lebih berdampak dan berkualitas. Keindahan alam yang dihadirkan di sini juga bisa membuat semua orang betah.

Selain keindahan alamnya yang mempesona, Anda juga bisa menemukan berbagai hal unik dan menarik lainnya di tempat ini. Jadi mulailah segera rencanakan liburan di pulau ini dengan mengajak teman dekat agar lebih menyenangkan. Namun, alangkah baiknya untuk mempelajari berbagai hal terkait Pulau Barrang Lompo terlebih dahulu sebelum ke sana.

Atraksi Pulau Barrang Lompo

Pemandangan Pulau Barrang LompoKredit foto: Instagram Kozzy

1. Terumbu karang yang indah

Tidak diragukan lagi bahwa tempat wisata ini memiliki jutaan terumbu karang yang sangat indah. Hal ini dikarenakan terumbu karang di sana sangat terjaga dan dirawat oleh masyarakat sekitar. Namun, setiap wisatawan yang datang diperbolehkan menikmati terumbu karang asalkan tidak merusak ekosistem.

2. Pemandangan matahari terbenam yang sangat bagus

Selain menikmati berbagai jenis terumbu karang yang sangat menarik, wisatawan juga akan dibuat takjub dengan pemandangan matahari terbenam atau sunset yang sangat bagus. Selain itu, ketika beberapa perahu melintasi lautan, Anda akan disuguhkan sekilas siluet yang sangat indah dengan warna yang sangat estetis.

3. Populasi besar

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau Barrang LompoSumber gambar: Twitter Diizinkan

Biasanya, pulau-pulau yang sering dijadikan tempat wisata tidak berpenghuni atau berpenduduk sedikit. Namun lain halnya dengan tempat wisata di Pulau Barrang Lompo yang satu ini. Pulau ini dikunjungi oleh penduduk yang relatif banyak dengan aktivitas sehari-hari yang padat. Sehingga Anda tidak akan merasa kesepian saat berlibur di pulau ini.

4. Keanekaragaman biota laut

Biota laut di tempat wisata ini memiliki spesies yang tak terhitung jumlahnya. Hal yang satu ini membuat laut di sana semakin indah. Kehidupan laut seperti berbagai spesies ikan, kepiting, bulu babi, kuda laut, kerang, ubur-ubur, cumi-cumi, bintang laut dan banyak lainnya. Berkat ini, ia berhasil menarik banyak wisatawan yang sangat menyukai makhluk laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Barrang LompoKredit foto: Facebook Syawir Elbuni

Tempat wisata terkenal ini terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Lebih tepatnya terletak di Barrang Lompo, Ujung Tanah, Kota Makassar. Untuk menuju tempat wisata ini juga cukup mudah. Anda dapat memulai dari Kota Makassar dengan memilih salah satu dari dua alternatif pilihan untuk memasuki kota tersebut.

Dua alternatif yang dimaksud adalah kapal atau pesawat. Oleh karena itu, bisa disesuaikan dengan sarana yang sudah Anda siapkan. Jika Anda masuk melalui bandara, dibutuhkan waktu hingga 3 hingga 4 jam. Bagi Anda yang lebih suka naik perahu, waktu yang dibutuhkan sekitar empat hari tiga malam.

Saat melewati Pelabuhan Tanjung Priok, Kota Surabaya, jadwal keberangkatan umumnya hanya tersedia dua kali dalam sebulan. Nah, setelah sampai di pelabuhan Makassar, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kapal menuju dermaga di pulau Barrang Lompo.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau Barrang LompoKredit foto: Facebook Wahid To Salo

Biaya pertama yang akan Anda keluarkan untuk sampai ke pulau ini adalah biaya penerbangan sekitar 600.000 rupiah atau biaya perahu sekitar 350.000 rupiah. Setelah itu, Anda juga akan dikenakan biaya untuk perahu yang ditumpangi dari dermaga, sekitar 10.000 rupiah. Belum lagi membeli beberapa barang atau sembako yang dibutuhkan nantinya di perjalanan.

Jadi, jika Anda berniat berlibur ke tempat ini, siapkan setidaknya sekitar 2-3 juta rupiah. Jumlah ini juga dapat berubah tergantung pada berapa hari Anda tinggal di pulau itu. Jika ingin lebih hemat, ada baiknya memanfaatkan layanan paket liburan yang menawarkan penawaran spesial.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Barrang Lompo

Aktivitas di Pulau Barrang LompoSumber gambar: Twitter Greenpeace Indonesia

1. Menyelam dan snorkeling

Anda bisa melakukan scuba diving atau snorkeling jika penasaran dengan keindahan alam bawah laut di Pulau Barrang Lompo. Tenang saja, karena sudah banyak jasa sewa scuba diving dan snorkeling. Spot diving memungkinkan Anda menyelam hingga kedalaman 10 meter. Sedangkan untuk spot snorkeling akan disajikan 2 spot yaitu 6 meter dan 3 meter.

Kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda akan melihat pemandangan yang bagus. Untuk menikmati kedua aktivitas ini Anda akan dikenakan biaya antara 50.000 hingga 500.000 rupee tergantung pada paket yang Anda pilih. Semua perlengkapan keselamatan yang dibutuhkan pengunjung juga telah disiapkan untuk memenuhi standar keselamatan yang relatif tinggi.

2. Ambil foto

Dengan aktivitas lainnya, jangan lewatkan kesempatan untuk menciptakan kenangan dengan berfoto. Semua tempat di pulau ini sangat cocok sebagai spot foto. Untuk spot foto yang sering dipilih oleh wisatawan sendiri yaitu dengan latar belakang laut dan langit biru di siang hari. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera saat liburan ke sini.

3. Piknik

Kegiatan menarik selanjutnya saat liburan di Pulau Barrang Lompo adalah piknik. Dengan melakukan kegiatan piknik, semua rasa lelah yang Anda rasakan bisa hilang seketika. Anda juga bisa membawa buku favorit untuk dibaca sambil piknik di pantai rindang yang indah.

Akomodasi murah terdekat dari pulau

Akomodasi di dekat Pulau Barrang LompoKredit foto: diafragma Instagram

1. Villa Tibra

Villa ini memiliki bangunan dengan bentuk yang unik karena desainnya yang estetis dan minimalis. Jadi menginap di villa ini akan terasa sangat nyaman. Setiap kamar dilengkapi dengan kaca besar yang bisa digunakan untuk melihat panorama luar. Setiap kamar dapat menampung hingga empat orang. Fasilitas di sini antara lain TV, ruang tamu, restoran, kolam renang, teras, WiFi, parkir dan lain-lain.

2. Temu co-life

Penginapan yang satu ini sangat cocok untuk anak muda yang suka traveling. Saat pertama kali memasuki penginapan ini, pelanggan melihat sebuah kafe Instagrammable yang menjadi tempat nyaman untuk berlama-lama. Selain itu, penginapan juga menghadirkan tempat tidur berupa tempat tidur susun Eropa dan dilengkapi dengan beragam warna yang estetis dan segar.

3. Hotel Malaka

Malaka Hotel memiliki ciri khas bangunan minimalis dan modern dengan dinding full kaca. Interior ruangan yang bersih, minimalis, dan nuansa mural monokrom semakin menarik sehingga cocok untuk anak muda. Ada juga pilihan kamar yang berbeda seperti Suites, Deluxe, Superior Japanese Twin, Superior Tropical Double, Superior Tropical Twin dan Superior.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau Barrang LompoKredit foto: Instagram Sri Wahyuningsih

Dihuni oleh penduduk yang cukup besar, fasilitas di Pulau Barrang Lompo juga terbilang lengkap dan memadai. Di sana Anda dapat melihat laboratorium penelitian sektor kelautan yang didedikasikan untuk penelitian atau keterlibatan di sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Tentunya keberadaan lab ini membuat tempat ini diacungi jempol.

Selain itu, ada juga beberapa bangunan yang didedikasikan untuk lembaga kesehatan dan pendidikan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika merasa tidak nyaman saat berlibur. Untuk fasilitas toilet sudah banyak ditemui di beberapa tempat.

Selain itu, wisatawan juga dikenalkan dengan beberapa fasilitas lain seperti food court, ATM, dan tempat ibadah. Kemudian fasilitas utama, toko suvenir, juga mudah ditemukan. Souvenir dijual dalam bentuk pernak-pernik, dengan harga mulai dari 10.000 rupiah hingga 1 juta rupiah. Misalnya seperti kaligrafi, gantungan kunci, perahu phinisi dan lain-lain.

Itulah beberapa hal yang berbeda terkait dengan objek wisata yang bernama Pulau Barrang Lompo yang terletak di Sulawesi Selatan. Berwisata ke pulau ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat liburan Anda semakin berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button