Tempat Wisata

Pantai Jungwok Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas, Tempat & Harga Tiket – Pantai Jungwok adalah salah satu objek wisata bahari yang paling mengesankan di Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai berpasir berpadu dengan pesona pesisir pulau-pulau karang dan pemandangan alam yang indah nan misterius.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pendovo, Yepitu, Kec. Girisubo, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Gunung Kidul memang merupakan daerah yang kaya akan objek wisata pantai. Itu sebabnya banyak yang menyebutnya sebagai surga pantai Yogyakarta. Tidak hanya tempat-tempat terkenal seperti Parangtritis atau Indrayati. Dengan berkembangnya kawasan tersebut, muncul beberapa pantai baru, salah satunya adalah Pantai Jungwok.

Yang paling mencolok dari tempat ini adalah bentuknya yang melengkung dan areanya yang bebas dari berbagai kontaminan karena masih belum diketahui oleh masyarakat. Karena bentuknya, pantai ini disebut Jungwok. Ombak di sana juga tidak terlalu tinggi, sehingga aman bagi setiap pengunjung.

Wisatawan juga bisa melakukan berbagai hal yang bisa membuat liburan semakin seru dan menyenangkan. Bahkan, beberapa orang mendirikan tenda untuk berkemah di sana. Itu membuat objek wisata ini sangat populer. Aksesnya juga tidak terlalu sulit karena aksesnya cukup mudah.

Atraksi Pantai Jungwok

Atraksi Pantai JungwokSumber gambar: Google Maps Thiyan

1. Bentuk pantai yang unik

Pantai Jungwok memiliki garis pantai berbentuk unik membuat tampilan keseluruhannya indah. Darimana? Tempat ini melengkung hampir seperti bulan sabit. Dengan formulir ini, pengunjung dapat mensurvei seluruh area dari satu sisi ke sisi lainnya.

Hal ini juga membuat baik ombak pantai yang menerpa tempat itu. Wisatawan juga akan melihat setiap detik fenomena unik ini bersama dengan hembusan angin. Suasana di sana juga terasa sepi karena belum terlalu banyak orang yang menjelajahi kawasan Gunung Kidul hingga pantai ini.

Yang membuat pantai ini semakin menarik adalah sungai air tawar yang mengalir di sepanjang pantai. Setidaknya ada tiga aliran air tawar yang seolah memisahkannya menjadi 3 bagian yang rapi. Tak jauh dari sana juga terdapat tebing-tebing yang berupa bebatuan menjulang tinggi yang mengelilingi kawasan tersebut.

Aliran air yang mengalir ke arah pantai tampaknya merupakan sumber air payau karena telah bercampur dengan air laut yang asin. Inilah keunikan pantai ini karena menawarkan pengunjung area baru untuk dijelajahi lebih jauh. Relaksasi lokal menjadi lebih seru dan menyegarkan jiwa dan raga.

2. Batu karang di dekat pantai

Seperti kebanyakan pantai di Gunung Kidul, tempat wisata ini memiliki banyak bebatuan yang menghiasinya. Deretan bebatuan ini tampak seperti benteng dari deburan ombak pantai. Para wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai alas untuk sekedar menikmati udara atau berfoto.

Namun, keberadaan karang yang menghiasi pantai juga menjadi perhatian khusus karena dapat mengakibatkan cedera serius jika Anda tidak hati-hati. Pengunjung Pantai Jungwok disarankan untuk memakai sepatu agar tidak sering terkena bebatuan yang bermata tajam.

Di ujungnya terdapat karang besar yang sedikit menjorok ke laut. Untuk mencapainya Anda harus berenang sebentar atau berjalan melewati karang-karang kecil yang muncul saat air surut. Pulau ini seperti batu besar yang ditumbuhi tumbuhan hijau yang rimbun.

Kehadiran pulau membuat tempat ini semakin mempesona. Pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai background foto yang diambil sehingga menjadi kenangan setelah liburan.

3. Pantai berpasir putih bersih

Atraksi di Pantai JungwokSumber gambar: Google Maps Adi Gembul

Pantai Jungwok memiliki pasir yang bersih dan berwarna-warni seperti memantulkan cahaya saat matahari terbenam. Area pasirnya cukup luas bagi pengunjung untuk melakukan segala macam aktivitas yang bisa membuat kunjungan semakin menyenangkan. Jarak dari perbatasan laut dan tepi daratan cukup jauh.

Hal itulah yang sebenarnya membuat kawasan berpasir di sana cukup banyak dikunjungi pengunjung. Namun, karena masih jarang orang datang, tempat ini terlihat sangat luas saat Anda mengunjunginya. Tempat ini seperti pantai pribadi yang dimiliki oleh segelintir orang yang berkunjung.

Daerah berpasir ini juga menjadikannya salah satu tempat untuk mendirikan tenda. Namun, ini harus dilakukan saat fase bulan tidak penuh. Berhati-hatilah agar tidak terpengaruh oleh kenaikan permukaan laut karena air pasang. Namun, tempat ini sebenarnya cukup luas untuk dijadikan kawasan wisata bersama teman atau kerabat.

4. Tempat indah penuh rahasia

Sebenarnya tidak ada cerita atau legenda khusus dari Pantai Jungwok ini. Namun karena tempat wisata ini masih relatif sepi dan belum banyak dibangun fasilitas yang memadai untuk mendukung aktivitas manusia, terutama pada malam hari, suasananya cukup menegangkan. Ya, tidak banyak lampu dan fasilitas lain di sana.

Hal ini membuat tempat ini cukup seram, apalagi saat hari mulai gelap. Ditambah dengan kondisi jalan setapak di sekitarnya yang kurang bagus dengan banyak bebatuan terjal membuat suasana semakin seram.

Beberapa wisatawan yang bermalam di bumi perkemahan juga mengaku mengalami beberapa kondisi yang di luar nalar. Tak jarang, mereka juga mengaku mendengar gonggongan anjing.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Jungwok

Alamat Pantai JungwokSumber gambar: Google Maps Grace Natya

Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, tepat di kawasan Jepitu Girisubo. Hotel ini terletak di Dusun Pendowo, tidak jauh dari obyek lain seperti Pantai Nglambor yang terkenal dengan wisata snorkeling, Pantai Wediombo dan Pantai Greweng. Tidak harus sulit untuk sampai ke sana.

Pengunjung hanya perlu pergi ke daerah yang memiliki banyak pantai. Lewati Jalan Pantai Selatan dan ikuti rambu ke Jalan Wediombo. Setelah melalui jalur ini, pengunjung hanya perlu turun ke kawasan Pantai Jungwok.

Tidak terlalu banyak pilihan transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju ke tempat-tempat menarik. Oleh karena itu, disarankan untuk bepergian dengan kendaraan Anda sendiri. Ada area yang cukup luas di dekat pantai yang bisa digunakan untuk parkir kendaraan.

Jika Anda ingin menjelajahi tempat tersebut Anda harus membeli tiket masuk hanya dengan 5.000. Harganya sangat murah karena ini juga sudah termasuk mengunjungi Pantai Wediombo yang berdekatan. Keduanya tidak berjauhan sehingga Anda bisa menikmatinya secara bersamaan.

Selain itu, pengunjung yang menggunakan kendaraan sendiri harus membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 3.000 saja. Sedangkan wisatawan yang membawa mobil harus membayar harga nominal yang sama dengan harga tiket masuk.

Aktivitas seru di Pantai Jungwok

Aktivitas Menyenangkan Pantai JungwokSumber gambar: Google Maps Dewi Lestari

1. Berkemah di area pantai

Berikut adalah berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung paling unik. Berkemah di tepi laut memang sesuatu yang lain. Hal ini membuat liburan semakin menyenangkan. Lokasi Pantai Jungwok memang cocok untuk mendirikan beberapa tenda untuk camping.

Beberapa titik di pantai ini bisa dijadikan tempat berkemah. Di rerimbunan tanaman atau pepohonan terdapat beberapa ladang yang cocok untuk berkemah. Area pasir juga bisa digunakan, tetapi hanya saat bulan tidak purnama. Saat bulan purnama, air laut naik cukup tinggi dari biasanya dan sangat tidak aman untuk malam hari.

2. Nikmati segarnya suasana pantai

Tempat ini sangat cocok sebagai tempat menikmati pemandangan alam tanpa batas. Garis pandang para pengunjung bisa melihat hamparan laut yang luas menghadap ke vegetasi hijau di sekitar mereka. Sepertinya ini tempat yang cocok untuk beristirahat sejenak untuk menyegarkan tubuh dan pikiran dari penat.

3. Jalan-jalan di sepanjang pantai

Aktivitas seru di Pantai JungwokSumber gambar: Google Maps Ibzi Afra

Pasirnya yang lembut akan langsung terasa setibanya di Pantai Jungwok. Ini sempurna untuk menelusuri dari ujung ke ujung. Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi indahnya pepohonan yang berjejer di tepi pantai. Memang, menikmati vegetasi hijau di dekat pantai adalah aktivitas yang berbeda, tetapi sangat mengesankan.

Selain itu, deretan bebatuan karang di sebelahnya juga patut dikunjungi. Menjelajahi tempat yang indah ini memang menyenangkan dan akan membawa kebahagiaan batin yang tak terlupakan. Berenang atau sekedar bermain air di pinggiran kota juga bisa menjadi sesuatu yang menarik.

4. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Tidak lengkap rasanya jika datang ke tempat tersebut namun tidak melakukan aktivitas foto walaupun hanya sekedar selfie. Banyak objek dapat digunakan sebagai latar belakang yang sangat baik untuk gambar yang diambil. Alam di sekitarnya terlihat luar biasa membuat foto terlihat semakin indah dan mengesankan.

Akomodasi anggaran terdekat ke pantai

Akomodasi anggaran terdekat ke pantaiKredit foto: Google Maps Asma muthiah

1. Bergtalhutte

Penginapan ini tidak jauh dari lokasi Pantai Jungwok. Terletak di kawasan Pracimantoro, Wediombo. Penginapan ini memiliki biaya sewa per malam yang sangat terjangkau untuk berbagai kalangan. Kamar-kamar di sana berbentuk seperti cottage dan cukup unik.

Beberapa fasilitas juga bisa dimanfaatkan pengunjung, antara lain kasur berupa tempat tidur sederhana, kamar mandi dan kipas angin. Meski sangat sederhana, para tamu yang datang akan tetap merasa nyaman berada di sana.

2. Joglo Wediombo Cottage & Resto

Tempat ini terletak di dekat objek wisata Pantai Wediombo. Namun, karena sangat dekat, pengunjung tidak akan terlalu jauh ke sana. Dengan harga yang masih sangat terjangkau, para tamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang bisa diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas.

3. Putra Darma Inn

Dengan harga sewa yang tidak terlalu tinggi, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk menginap jika ingin berwisata ke pantai. Beberapa fasilitas juga bisa dinikmati seperti tempat parkir dan juga restoran di dalamnya.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Jungwok Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Jungwok Gunung KidulKredit foto: Google Maps Agus Tjipto Djati

Tidak terlalu banyak fasilitas yang bisa dinikmati di tempat ini. Ada beberapa kios mandi untuk pengunjung. Namun, jika Anda merasa lapar, jangan khawatir. Ada beberapa warung makan yang menawarkan menu berbeda yang bisa disantap sendiri atau bersama-sama. Selebihnya, pengunjung harus membawa perlengkapan sendiri, meski berencana berkemah.

Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta memang merupakan pengalaman unik yang tak terlupakan. Dari sekian banyak tempat wisata khususnya di Gunung Kidul, Pantai Jungwok bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama kerabat atau untuk bersantai sendiri.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button