Tempat Wisata

Pantai Greweng Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, aktivitas, lokasi & harga tiket Pantai Greweng salah satu objek wisata bahari terpopuler di Girisubo, Gunung Ksumpah, Yogyakarta. Pantai yang indah ini memiliki gua yang unik, tebing karang yang terjal, pasir yang lembut dan merupakan tempat perkemahan yang populer.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Ada banyak pantai di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta yang masih terlihat alami dan belum terlalu banyak dijamah orang. Oleh karena itu, tempat-tempat ini sering disebut sebagai pantai “perawan” karena masih alami. Salah satunya adalah Pantai Greweng yang berada di kawasan Girisubu.

Ada banyak fitur alam yang bisa dinikmati oleh pengunjung objek wisata ini. Dengan alam yang masih terjaga dan bersih dari berbagai hal yang merugikan keindahan, pengunjung akan mengalami perasaan yang berbeda. Rasanya seperti berada di tempat yang mempesona seperti sepotong surga di bumi.

Pasir di pantai ini terlihat putih bersih dan menambah daya tarik tempat tersebut. Ada juga sebuah gua tidak jauh di daerah berpasir. Pembentukan situs ini relatif tertutup juga karena deretan karang yang seolah menutupi area pantai. Meski begitu, tempat ini masih memiliki beragam pesona yang patut dicoba saat berkunjung ke pantai selatan.

Atraksi Pantai Greweng

Atraksi Pantai GrewengKredit foto: Google Maps Muhammad Kemal Al Ashri

1. Deretan karang menutupinya

Mungkin ini yang menjadi fokus utama pengunjung saat pertama kali singgah di Pantai Greweng. Banyak juga bebatuan karang yang menjadi ciri khas wilayah selatan Yogyakarta. Uniknya, kawasan ini seolah tertutup oleh karang-karang tersebut dan terlihat seperti tempat tersembunyi.

Meski begitu, masih ada celah antara dua barisan karang yang hampir menyatu menutupi situs ini. Celahnya cukup lebar sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Wisatawan masih bisa menikmati keindahan laut di selatan Jawa. Ombaknya juga mendekat, meski tidak seramai dan sebesar tempat lain.

Di puncak perbukitan karst terlihat hijau karena ditumbuhi vegetasi alami. Hal ini juga menambah daya tarik karena terlihat lebih indah dan eksotis saat memandangnya. Tak jarang, orang rela datang jauh-jauh dari berbagai tempat asalnya hanya untuk melihat langsung dan mengabadikannya lewat potret yang mereka ambil.

2. Gua yang Eksotis dan Unik

Ada juga beberapa gua yang terbentuk dari bebatuan yang mengelilinginya di situs ini. Beberapa gua ini terlihat unik dan rapi untuk dijelajahi pengunjung lebih jauh. Meski tidak terlalu dalam dan kedalamannya relatif dangkal, keberadaannya masih bisa dijadikan spot foto yang keren.

Oleh karena itu, beberapa wisatawan Pantai Greweng ini secara sadar menyediakan perlengkapan yang cukup untuk melakukan aktivitas foto. Gua-gua terlihat menjanjikan untuk menjadi objek yang tepat.

3. Kondisi alam yang menenangkan

Masih belum banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, tempat wisata ini masih memiliki kondisi alam yang bersih dan terkesan belum terjamah oleh manusia. Itulah sebabnya objek wisata ini disebut “Pantai Perawan”. Seolah-olah pantai ini masih suci dan belum pernah diubah oleh tangan manusia.

Suasana di sana menjadi tenang. Pengunjung bisa merasakan hembusan angin yang menerpa kulit tubuh dan menghamburkan pasir di sana. Memberikan kesan lebih tenang dan menyegarkan pikiran siapa saja yang sedang istirahat atau jalan-jalan sebentar.

Panorama alam yang disajikan menjadi daya tarik lain dari tempat tersebut. Itu karena pantai yang satu ini terlihat kecil namun memiliki hamparan pasir yang cukup luas. Hamparan pasir putihnya memang luas karena menjorok ke dalam.

Laut birunya sangat indah, seolah berpadu serasi dengan cakrawala yang melindunginya. Meski tidak banyak titik pandang yang bisa dijangkau oleh wisatawan, namun pemandangan di sana tetap indah dan sayang jika tidak mencoba menelusuri lebih jauh.

Pantai Greweng sepertinya menjadi destinasi yang cocok bagi mereka yang mencari tempat untuk menenangkan diri atau menjernihkan pikiran dari berbagai hal yang membuat penat. Tak jarang orang datang ke sana karena ingin mencari suasana baru dari kawasan Gunung Kidul yang memang kaya akan wisata pantai.

Formasi pantainya juga landai, sehingga tidak menyulitkan wisatawan yang ingin jalan-jalan. Pengunjung dapat melakukannya tanpa alas kaki karena kulit yang langsung menyentuh pasir lembut menjadi sesuatu yang mengesankan.

Yang membuat kunjungan semakin menarik adalah jalur yang harus dilalui jika ingin mencapai lokasinya. Pepohonan yang tumbuh rindang disertai bebatuan memang merupakan fenomena yang akan sering kita lihat. Meski terlihat sederhana, wisatawan akan merasa kerja keras mereka terbayar begitu tiba.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Greweng

Alamat Pantai GrewengKredit foto: Google Maps Trisno Ary Budi

Lokasi pantai ini berada di sisi timur dua pantai indah lainnya yaitu Pantai Jungwok dan Wediombo. Ketiga pantai tersebut sebenarnya tidak berjauhan dan cukup dekat. Akibatnya, pengunjung sering menjelajahi semua objek tersebut karena basah dan tersesat jika tidak mencoba sekaligus.

Terletak di Dusun Jepitu, Desa Pendowo tepatnya, Pantai Greweng tidak sulit ditemukan. Dari Wonosari, Yogyakarta, ambil arah timur langsung ke pasar. Setelah melewatinya akan ada pertigaan dan ambil arah kanan yang ditunjukkan oleh tanda jalan menuju Pantai Baron.

Berkendara sekitar 10 kilometer di sepanjang jalan menuju pertigaan yang mengarah ke Pantai Wediombo. Lurus terus sampai melewati Pasar Jepitu dan sampai di pertigaan lain. Ambil arah kanan dan Anda akan mencapai Parkir Wisata Pantai Wediombo. Kendaraan harus diparkir di sana.

Pengunjung harus mengikuti petunjuk arah menuju pantai. Arahnya sama kalau mau ke Jungwok. Setelah berjalan beberapa saat Anda akan menemukan pertigaan lain, tetapi kecil. Ambil arah kiri untuk hal yang sama. Total waktu berkendara dari tempat parkir ini adalah sekitar 20 menit.

Sesuatu yang membuat kunjungan ke tempat ini istimewa, yaitu pengunjung membeli tiket dalam satu paket dengan beberapa pantai di sebelahnya seperti Pantai Wediombo. Cukup membayar 5.000 rupiah maka Anda dapat menikmati seluruh area dengan bebas. Namun, jika Anda ingin berkemah di sana, Anda juga harus menambah biaya, tetapi hanya untuk biaya parkir.

Biaya parkir di Pantai Greweng hanya 3.000 untuk mobil dan 2.000 untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua. Namun, jika Anda ingin mendirikan tenda untuk berkemah, tarifnya akan meningkat. Pengunjung dengan kendaraan bermotor harus membayar biaya yang sama dengan tiket masuk. Sedangkan yang membawa mobil membayar dua kali lipat.

Aktivitas seru di Pantai Greweng

Aktivitas seru di Pantai GrewengKredit foto: Google Maps Muhammad Kemal Al Ashri

1. Memancing dari tebing

Meski berada di tepi laut, pengunjung bisa memancing di sekitarnya. Keberadaan batu karang yang menjulang tinggi di sekitar tempat ini membuatnya sangat cocok sebagai tempat para wisatawan untuk memancing. Kegiatan akan terasa berbeda karena dilakukan di area pantai.

Perlu dicatat bahwa tidak ada banyak fasilitas di tempat tersebut. Oleh karena itu, pengunjung Pantai Greweng sangat perlu membawa banyak perlengkapan jika ingin melakukan aktivitas yang satu ini. Meski hasilnya tidak memuaskan, setidaknya bisa menyenangkan untuk dilakukan dengan hubungan yang diundang.

2. Berkemah di pantai

Seperti halnya pantai terdekat, pengunjung juga bisa bermalam di sini. Karena tidak banyak akomodasi, ini juga merupakan alternatif yang sangat menyenangkan.

3. Nikmati indahnya matahari terbenam

Pantai Greweng juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati momen saat matahari terbenam. Ini sangat indah karena langit berwarna karena gradasi yang bersih berpadu dengan birunya air laut yang memantulkannya dan dekorasi alam yang menakjubkan.

Akomodasi hemat terdekat dengan pantai

Akomodasi anggaran terdekat ke pantaiKredit foto: Google Maps Risa Sugiyanto

1. Joglo Wediombo Cottage and Resto

Penginapan ini cukup nyaman untuk digunakan sebagai tempat menginap. Setidaknya ada dua tipe kamar yang bisa disewa pengunjung setiap malamnya. Harga sewanya juga cukup ramah di kantong untuk tempat usaha yang membuat tamunya senang.

Beberapa barang yang bisa dibeli pengunjung antara lain kasur empuk dengan selimut dan kursi di kamar mereka. Kamar mandinya juga dilengkapi dengan wastafel dan juga ada kipas angin. Restoran di penginapan ini juga bisa Anda dapatkan untuk mengisi perut Anda.

2. Akomodasi dan restoran ROOSYTA

Tempat ini tidak jauh dari Pantai Greweng bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Para tamu yang datang dapat menikmati berbagai hal yang ditawarkan oleh pengelola penginapan ini.

Meski terlihat sangat sederhana, menginap di sana tetap menjadi alternatif yang sangat cocok untuk dipilih. Harga yang harus dibayar jika ingin menyewa siang malam juga sangat murah. Itu sebabnya banyak orang tertarik ke tempat ini.

3. Bergtalhutte

Meski tempat ini terlihat sangat sederhana, tidur di sana juga terasa nyaman. Hal ini karena selalu dijaga kebersihannya. Selain itu, harga menginapnya juga murah mulai dari kurang dari 100.000. Kamar mandi yang digunakan juga ada di kabin penghuni dan tamu dapat menggunakan berbagai fasilitas lainnya.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Greweng Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Greweng Gunung KidulSumber gambar: Google Maps Ratna Novia Arendita

Tempat ini masih belum memiliki fasilitas yang lengkap seperti tempat lainnya. Namun, saat pengunjung menuju ke sana, sudah ada jalan setapak yang kondisinya cukup baik. Selain itu, ada juga beberapa kabin toilet yang bisa digunakan wisatawan yang membutuhkan.

Meskipun tidak terlalu banyak lampu yang menerangi tempat dan jalan di sekitar pantai, tempat ini tetap menyenangkan untuk dikunjungi. Oleh karena itu, pengunjung perlu menyiapkan berbagai keperluan termasuk senter ketika hendak berkemah. Namun ada beberapa warung makan yang siap melayani pengunjung.

Berkunjung ke kawasan Gunung Kidul akan selalu menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan. Dari sekian banyak pantai yang ada, Pantai Greweng bisa menjadi alternatif yang cocok. Apalagi jika Anda datang bersama teman-teman. Akan sangat menyenangkan untuk menikmati tempat ini seolah-olah itu milik pribadi. Fasilitas ini juga buka sepanjang hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button