Berita Wisata

Ini 5 Destinasi Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Dieng yang terletak di wilayah Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah ini memiliki sejumlah destinasi dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi.

Semuanya ada, mulai dari pegunungan, perbukitan, situs sejarah, hingga wisata bahari, hingga beragam pilihan tempat liburan Anda. Berikut daftar tempat wisatanya.

1. Batu Penglihatan Angin Merintih Dieng

foto: kanvas

Batu Pandang Ratapan Angin Dieng terletak di Jalan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Disebut Batu Angin Ratapan karena posisinya di ujung tebing tinggi berbentuk dua batu bertumpuk. Batuan tinggi eksotik itu konon disebabkan oleh aktivitas gunung berapi.

Dari atas batu karang, pengunjung bisa langsung melihat hamparan hijau Tanah Dieng serta Danau Pengilon yang asri dan sejuk.

Untuk menikmati suasana yang lebih tenang, Anda bisa datang saat weekday di pagi hari atau sore hari sebelum tutup. Tiket masuknya cukup terjangkau sekitar Rp 10 ribu.

2. Bukit Sikunir

foto: kanvas

Kunjungan terkenal berikutnya dari Dieng adalah Bukit Sikunir dan konon fenomenal, terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng pada ketinggian 2.263 meter di atas permukaan laut.

Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa Sikunir ini adalah Golden Sunrise. Jika Anda naik di pagi hari ke bagian tertinggi, bersiaplah untuk dimanjakan dengan panorama indah yang terbentang.

Jika Anda ingin mendaki dan menyaksikan matahari terbit secara langsung, Anda harus mulai mendaki pada pukul 5 pagi. Jalur pendakian Bukit Sikunir mudah dinavigasi karena memiliki banyak anak tangga.

Dibutuhkan waktu 30-45 menit untuk mencapai puncak bukit. Biaya masuk hanya Rp 10.000, belum termasuk biaya parkir kendaraan.

3. Candi Arjuna

foto: kanvas

Terletak di desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Candi Arjuna adalah candi Hindu yang berasal dari zaman kerajaan Mataram kuno.

Candi ikonik di kawasan Dieng ini memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Candi ini konon memiliki sejarah yang sangat panjang dan masih kokoh hingga saat ini.

Kompleks Wisata Candi Arjuna dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara (Pemkab). Oleh karena itu, ada tiket masuk yang harus dibayar oleh setiap wisatawan.

Tiket masuknya seharga Rp 20.000, namun tiket tersebut hanya berlaku untuk masuk kawasan pura dan belum termasuk tempat wisata lainnya walaupun masih dalam satu kompleks.

4. Kawah Sikidang

foto: kanvas

Juga di kompleks wisata Dieng yang tidak jauh dari Candi Arjuna, pengunjung sekaligus bisa jalan-jalan ke kawah Sikidang.

Kawah Sikidang merupakan medan kawah di Dataran Tinggi Dieng yang masih aktif mengeluarkan gas dan uap air. Kawah Sikidang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Arena Kawah Sikidang menawarkan banyak spot foto menarik di setiap sudutnya dengan nuansa alam yang alami.

Harga tiket masuknya berkisar Rp 15.000 dan belum termasuk tiket kendaraan bermotor yaitu Rp 3.000 dan Rp 5.000 untuk mobil.

5. Danau Warna

foto: kanvas

Sedikit diimbangi dari kawah Sikidang, masih di kompleks wisata Dieng juga terdapat Telaga Warna yang memiliki kedalaman hingga 15 meter.

Telaga Warna, di kawasan wisata terkenal Dieng ini pada dasarnya dikelilingi oleh lumpur, bebatuan dan dihuni oleh puluhan jenis ikan.

Disebut Telaga Warna karena airnya bisa berubah-ubah karena kandungan belerang yang tinggi di telaga ini.

Terkadang pengunjung dapat melihat bahwa air di danau berwarna hijau, sedikit biru, tetapi terkadang berubah menjadi kuning. Selain suasananya yang asri, tiket masuknya selalu murah yaitu Rp 15 ribu per orang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button