Tempat Wisata

Coban Talun, destinasi rekreasi air terjun favorit di Batu Malang

Coban Talun termasuk salah satu kawasan resort terpopuler di Batu Malang yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri. Air terjun yang dikelilingi bebatuan di tengah hutan menarik untuk dijelajahi.

harga tiket: Rp12.000, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Coban Talun, RT.3/RW.15, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Coban Talun merupakan salah satu objek wisata air terjun yang patut dikunjungi di Jawa Timur. Coban artinya air terjun. Karena letaknya yang berada di sisi barat Gunung Arjuno, air terjun ini menawarkan panorama alam yang dapat menarik wisatawan yang datang

Dalam perjalanan menuju objek wisata Coban Talun, wisatawan akan melihat keindahan pohon pinus dan berbagai tanaman hias yang indah. Selain itu, wisatawan di kawasan wisata ini akan disambut oleh suara-suara alam dari binatang. Setiap wisatawan akan takjub saat merasakan pesona air terjun ini.

Selain panorama alam, objek wisata ini memiliki fasilitas wisata buatan yang disediakan oleh pengelola agar para wisatawan tidak bosan. Tempat wisata ini telah menyediakan berbagai jenis fasilitas yang membuat wisatawan merasa nyaman dan menjadikan tempat ini sebagai tempat yang ideal untuk berlibur.

Tempat Wisata Coban Talun

Atraksi Coban TalunKredit foto: Facebook Coban Talun

Wisata air ini berada di ketinggian 950 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini terletak strategis di hulu Sungai Brantas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan di sekitarnya terdapat tebing dan batu-batu besar di bagian bawahnya. Debit air terjun ini adalah 1000 liter per detik.

Berada di perbukitan menawarkan suasana alam yang sejuk. Ada kabut uap air di area yang cukup luas sehingga wisatawan akan kagum.

1. Air terjun khusus

Objek wisata air terjun ini memiliki wilayah yang cukup luas, arusnya deras, dan merupakan hulu sungai. Aliran air yang mengalir dari atas ke bawah sangat mempesona dan suara gemericik air menciptakan suasana damai melengkapi objek wisata ini. Panorama hijau yang menghiasinya menambah kekhasan kawasan wisata ini.

2. Panorama alam yang indah di sekitar air terjun

Selain keindahan air terjunnya, panorama alamnya yang indah patut diacungi jempol. Karena lokasinya yang berada di kawasan hutan lindung, pemandangan hijau yang menghiasi objek wisata ini sangat bervariasi dan menarik. Pepohonan yang hijau dan asri di sekitar kawasan wisata ini akan menyambut para wisatawan yang datang.

3. Taman Bunga Coban Talun

Ada beberapa tempat wisata buatan yang menarik di kawasan obyek wisata ini. Salah satu kawasan wisata yang bisa ditemui adalah taman bunga. Bagi pengunjung yang menyukai keindahan bunga, tempat ini wajib dikunjungi. Ada berbagai jenis koleksi bunga yang bervariasi. Taman bunga ini sangat indah jika dijadikan sebagai background foto atau video.

4. kamp Apache

Objek wisata buatan lainnya di area air terjun adalah Apache. Kamp ini merupakan wahana yang mewakili replika budaya suku Apache India.

Kendaraan ini memiliki rumah India dengan pernak-pernik dan kantin. Berkunjung ke tempat ini mengajak wisatawan untuk merasakan sensasi liburan seru di India.

5. Kamp Pagupon

Setelah menikmati panorama air terjun dan bersenang-senang bermain di kawasan wisata buatan, wisatawan akan menemukan sejumlah penginapan dengan desain yang unik. Penginapan tersebut memiliki bentuk bangunan seperti replika sangkar merpati.

Penginapan itu bernama Pagupon. Istilah Pagupon berasal dari bahasa Jawa yang berarti sangkar burung. Wisatawan bisa menyewa penginapan. Bentuknya yang unik sangat bagus sebagai objek foto atau sebagai background foto.

6. Segitiga Omah

Segitiga Omah merupakan penginapan yang bisa dicoba wisatawan saat datang ke sini. Dengan kapasitas 5 orang, sangat cocok bagi Anda yang datang dengan rombongan.

7. Warung Ojot

Warung Oyot bukanlah stand makanan dan minuman biasa. Selain makanan, toko unik ini dihiasi akar pohon yang bisa dijadikan spot foto oleh wisatawan. Di area toko ini juga terdapat water dam yang membuatnya semakin menarik dan berbeda.

Alamat dan rute menuju situs Coban Talun

Alamat Coban TalunKredit foto: Google Maps Ichal Pranata

Objek wisata Coban Talun terletak di Dusun Wonorejo, Kabupaten Batu, Jawa Timur. Wisata air terjun ini buka setiap hari dan dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore WIB.

Perlu diingat bahwa jika Anda berkunjung pada musim hujan, Anda perlu berhati-hati karena udara di sekitarnya menjadi lembab saat hujan dan bebatuan di sekitar air terjun menjadi licin. Akses menuju tempat wisata ini mudah, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pusat Kota Batu ke Coban Talun.

Bila wisatawan berangkat dari kota Malang, rute yang dilalui adalah Jalan Selecta-Cangar. Berangkat dari kota Surabaya, rute wisatawan melewati Mojokerto dengan jalur Cangar-Trawas.

Jika wisatawan menggunakan kendaraan umum, jalur dari Stasiun Malang menuju Terminal Arjosari harus dilalui. Selain itu, wisatawan dari Terminal Arjosari melanjutkan perjalanan menuju Terminal Landingari dengan menggunakan kendaraan umum. Kemudian naik angkot merah muda dengan tujuan menuju Terminal Kota Batu.

Setelah itu, naik angkutan umum berwarna oranye untuk menuju lokasi objek wisata ini. Begitu sampai di lokasi, wisatawan bisa turun di depan gerbang masuk. wisata air terjun.

Harga Tiket Masuk Coban Talun Malang

Harga tiket Coban TalunKredit foto: Google Maps Hartono Tono

Wisatawan dikenakan biaya masuk untuk masuk dan menikmati kawasan air terjun. Biaya masuk ke kawasan wisata ini cukup terjangkau yaitu Rp 12.000. Ada beberapa tempat wisata menarik lainnya di dekat air terjun.

Tarif untuk mengunjungi air terjun ini adalah Rp 15.000. Tarif untuk perjalanan ke hutan pinus adalah Rp 5.000. Adapun bepergian di Apache gudangPagupon gudangSegitiga Omah, Taman Bunga dan Warung Oyot dikenakan biaya Rp 10.000.

Ada juga biaya penyimpanan kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan. Biaya parkir untuk sepeda motor Rp 5.000 dan untuk mobil Rp 10.000. Dan untuk ojek seharga Rp 15.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Coban Talun

Kegiatan Coban TalunKredit Foto: Google Maps Fajar Hadi Santosa

1. Berenang dan mandi

Mandi adalah hal utama ketika Anda mengunjungi wisata di Coban Talun. Di kawasan wisata ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, seperti membersihkan dan menyegarkan diri dengan mencuci muka, mandi, mandi, dan berenang.

Saat arus tidak begitu kuat, wisatawan bisa merilekskan tubuh dengan pijatan dari air terjun yang jatuh dari atas ke bawah.

2. Permainan air

Selain berenang dan mandi, wisatawan dapat menikmati permainan air sederhana dan kegiatan rekreasi di sekitar objek wisata air terjun ini. Wisatawan tidak akan bosan di tempat ini.

3. Fotografi dan Videografi

Objek wisata ini bisa menjadi media bagi wisatawan yang suka berfoto atau merekam video. Pada masa ini, fotografi merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika mengunjungi suatu tempat.

Pemandangan dari Coban Talun akan sangat menarik jika dijadikan sebagai background untuk berfoto. Wisatawan bisa berfoto sendiri, bersama teman, bersama pasangan atau bersama keluarga di objek wisata ini. Foto atau video yang dihasilkan dapat disimpan sebagai koleksi pribadi atau dibagikan di situs media sosial.

4. Bersantai dan bersantai

Suasana alam dan damai di sekitar air terjun ini sangat cocok sebagai tempat bersantai dan bersantai oleh wisatawan yang datang. Selain itu, objek wisata ini cukup luas. Wisatawan dapat bersantai dan melepas lelah di kawasan wisata ini.

5. Mengunjungi Taman Bunga Coban Talun

Di kawasan wisata ini terdapat taman bunga yang menarik. Taman bunga ini memiliki koleksi berbagai jenis bunga. Wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan dan keharuman bunga tersebut. Dipenuhi dengan bunga-bunga indah, ujungnya akan betah berada di kawasan wisata ini. Ada banyak tempat bagus untuk berfoto di sini.

6. Kunjungi kamp Apache

Ada Apache gudang Ini adalah tempat wisata yang terinspirasi dari suku Apache dari India. Wisatawan bisa merasa seperti berada di India. Wisatawan bisa berdandan seperti suku asli Amerika. Jika Anda berfoto di sini, hasilnya akan meninggalkan kesan yang unik. Atraksi ini cocok untuk segala usia.

7. Mengunjungi kamp Pagupon

Penginapan dengan bentuk bangunan unik menyerupai kandang burung merpati akan sangat menarik bagi wisatawan. Wisatawan bisa menginap di tempat ini dan merasakan sensasi menyatu dengan alam sekitar.

Karena bangunannya yang unik dan lingkungan alamnya yang mempesona, banyak wisatawan yang memilih mengunjungi tempat ini untuk berfoto daripada bermalam. Akomodasi ini menawarkan fasilitas seperti kamar mandi dan kamar tidur. Di sekitar halaman penginapan terdapat tempat ibadah berupa mushola, rumah pohon, kantin dan taman bunga.

8. Kunjungan ke rumah segitiga

Kecuali Pagupon gudang dan Apache gudang Ada satu penginapan lagi, yaitu Segitiga Omah. Segitiga Omah sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menginap secara rombongan saat berkunjung ke Coban Talun.

9. Makan dan minum di Warung Oyot

Usai beraktivitas di air terjun ini, wisatawan bisa mengisi perut di warung ini. Wisatawan bisa berburu kuliner sambil menikmati keindahan alam di kawasan wisata yang dijamin akan memanjakan akhir pekan Anda.

Fasilitas yang tersedia di Coban Talun Malang

Fasilitas Coban Talun FasilitaKredit Foto: Google Maps Fajar Hadi Santosa

Tempat wisata ini dikelola oleh Perhutani Kawasan Batu, Malang dengan dukungan pihak swasta. Fasilitas objek wisata Coban Talun bisa disebut cukup lengkap. Ada warna buatan dalam rentang ini mulai dari Taman Bunga hingga Warung Oyot.

Agak jauh dari lokasi tempat wisata ini ada jasa arung jeram atau arung jeram. Sepeda motor tersedia di kawasan objek wisata ini jalur Jenis ATV atau roda empat yang bisa dicoba wisatawan untuk berkeliling sambil menikmati suasana alam. Harganya cukup terjangkau.

Fasilitas penunjang lain dari objek wisata ini antara lain tempat ibadah berupa mushola, balai serbaguna, tempat parkir kendaraan yang luas, kantin dan akomodasi. Tersedianya fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan merasa nyaman, aman dan puas selama menginap di lokasi objek wisata ini.

Itulah beberapa informasi menarik tentang tempat wisata, fasilitas, alamat dan itinerary ke tempat wisata coban talun. Jika Anda berada di Batu, Jawa Timur, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang menawan ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button