Berita Wisata

Bundaran HI Jakarta, spot foto terfavorit dan ikon sejarah ibu kota

TEMPO.CO, Jakarta – Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki banyak bangunan dan ikon kota yang menarik. Salah satu ciri ibu kota adalah daerah bundaran HI.

Bundaran HI atau Bundaran Hotel Indonesia merupakan kawasan ikonik di Jakarta Pusat. Bundaran ini terletak di tengah persimpangan Jalan MH Thamrin dengan Jalan Imam Bonjol, Jalan Sutan Syahrir dan Jalan Kebon Kacang.

Pada tahun 2002, Bundaran HI dipugar oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan penambahan air mancur baru, desain kolam baru dan penerangan baru. Bundaran HI sendiri sebenarnya dibangun pada tahun 1962 untuk menampung kedatangan peserta Asian Games IV.

Saat itu, Presiden Soekarno membangun Monumen Selamat Datang untuk menampung para peserta Asian Games IV. Tugu tersebut berbentuk sepasang anak muda yang sedang melambai dan memegang bunga.

Ketinggian patung tembaga ini mencapai 7 meter. Patung menghadap ke utara, menandakan untuk menyambut tamu dari arah Monas yang akan melakukan perjalanan ke Gelora Bung Karno, tempat Asian Games diadakan saat itu.

Pada malam hari, ikon kota ini akan terlihat lebih indah karena disorot oleh lampu warna-warni. Pemandangannya dipercantik dengan kerlap-kerlip lampu gedung pencakar langit di sekitarnya. Apalagi sekarang ada pemandangan jembatan langit yang dibangun di Halte Transjakarta, Bundaran HI.

Halte Bundaran HI sendiri merupakan halte berkonsep modern dan menyediakan transportasi antar penumpang. Halte dapat digunakan sebagai jalur transit Transjakarta dan Mass Rapid Transit (MRT). Perhentian dibuat menarik dengan memiliki pemandangan jembatan langit.

Warga berfoto di halte Transjakarta, Bundaran HI yang sedang diuji coba, di Jakarta, Minggu, 9 Oktober 2022. TEMPO/M Taufan Rengganis

Tempat yang terlihat seperti kapal ini menjadi spot fotografi baru favorit warga ibu kota. Naik ke halte lantai 2, orang bisa berfoto dengan bundaran HI dan patung selamat datang yang indah di latar belakang.

Berfoto di Bundaran HI bisa menjadi oleh-oleh bagi warga atau wisatawan dari luar daerah yang datang ke Jakarta.

JESSYCA GAZELLA

Baca juga: Lihat paviliun perhentian bundaran HI yang ramai menjadi spot foto

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button