Tempat Wisata

Pantai Lhoknga Aceh Besar – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, aktivitas, lokasi & harga tiket – Pantai Lhoknga salah satu tempat wisata bahari terpopuler di Aceh Besar terkenal dengan ombaknyamiliknya. Pantai berpasir putih ini memiliki pemandangan alam yang indah dan surga ke Pecinta selancar.

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga Kab.Aceh Besar, Aceh; map: Cek lokasi

Pantai Lhoknga adalah sebuah destinasi wisata pantai di pulau sumatera di provinsi aceh. Pantai ini dikenal sebagai tempat selancar terbaik di provinsi Aceh. Bahkan Ombak Lhoknga sudah diakui dunia internasional. Maka tak heran jika pantai yang satu ini mendapat julukan surganya para peselancar.

Memiliki hampir tiga ombak pantai dengan level yang berbeda membuktikan bahwa Lhoknga memang pantai yang luar biasa. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati jika tidak semua ombak aman. Cuaca yang tidak mendukung terkadang berdampak besar atau kecil terhadap ombak di pantai.

Ada banyak fasilitas dan aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di pantai Aceh yang terkenal ini. Buat kamu yang tidak terlalu suka berselancar atau tidak suka sama sekali, kamu bisa mencoba aktivitas lainnya. Seperti menikmati keindahan Lhoknga dan bermain air di sekitar pantai.

Atraksi Pantai Lhoknga Pantai

Pemandangan di Pantai LhokngaKredit foto: Google Maps Dede Semiawan

Terkenal dengan keliaran ombaknya yang luar biasa, dan membuat Pantai Lhoknga sering dikunjungi banyak wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Banyak peminat selancar rela menempuh perjalanan berjam-jam untuk menikmati deburan ombak perairan Lhoknga. Untuk itulah pantai ini sangat cocok bila berkunjung ke ACEH.

1. Gelombang menakjubkan

Seperti diketahui, Lhoknga merupakan tempat selancar terbaik di Aceh dan sudah diakui dunia internasional. Itu karena ombak Lhangka begitu luar biasa. Ombak pantai ini sangat cocok sebagai tempat menguji adrenalin melalui surfing.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa ada tiga jenis ombak dengan ketinggian yang berbeda di perairan pesisir Aceh. Ombak terliar teraman yang pasti akan ditemui wisatawan di Lhoknga. Karena itulah pantai ini dijadikan sebagai tempat berselancar dan hampir tidak pernah sepi pengunjung yang menggemari olahraga air selancar.

2. Dianggap sebagai pantai yang romantis

Bagi pengunjung yang baru saja menikah dan ingin menghabiskan waktu bersama pasangan untuk berbulan madu, Pantai Lhoknga bisa menjadi pilihan. Saat Anda menikmati keindahan pantai di sore hari sambil menunggu matahari terbenam, suasana pantai menjadi begitu romantis dan intim.

Pemandangan pantai yang indah berpadu dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang terbentang luas pasti akan menciptakan rasa nyaman tersendiri. Ini juga akan membantu menyegarkan pikiran Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi Anda yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta atau Surabaya.

3. Pemandangan matahari terbenam yang indah

Menghabiskan waktu liburan menikmati indahnya sunset menjelang sore hari memang sulit menjadi hal yang lumrah saat liburan wisata pantai. Kegiatan seperti ini juga selalu dilakukan oleh beberapa pengunjung yang datang ke Lhoknga. Menjelang sore, pantai mulai dipenuhi wisatawan.

Kursi berjemur yang sengaja disiapkan pengelola pantai di kawasan pantai yang satu ini akan penuh pada sore hari. Suasana yang tadinya panas karena sudah siang perlahan berubah menjadi suasana sejuk dengan angin pantai yang kencang. Pemandangan seperti ini cocok dijadikan sebagai spot foto yang menarik dan indah.

Alamat, lokasi jalan dan harga tiket Pantai Lhoknga

Harga tiket Pantai LhokngaKredit foto: Google Maps Dede Semiawan

Pantai Lhoknga adalah salah satu tujuan wisata pantai di provinsi Aceh pulau Sumatera. Lokasi tempat wisata ini yang berada di sebuah desa bernama Mon Ikeun berada di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Nangroe Aceh Darussalam. Ada beberapa rute yang bisa Anda ambil jika ingin mengunjunginya.

Rute umum yang biasanya ditempuh pengunjung berangkat dari pusat kota Bandar Aceh. Diperkirakan jarak yang akan Anda tempuh sekitar 20 kilometer. Dengan jarak yang begitu jauh, perhitungan membutuhkan waktu setidaknya 30 menit untuk mencapai tempat wisata Perairan Lhoknga

Ada kendaraan tradisional Aceh yang disebut Labi-Labi. Jika Anda tertarik, Anda juga bisa pergi ke Lhoknga dengan kendaraan. Saat Anda menaiki Labi-Labi, Anda bisa melihat langsung pemandangan alam Lhoknga. Pengunjung juga diperbolehkan membawa kendaraan sendiri dan membuka Google Maps untuk menuju lokasi.

Jika Anda ingin berlibur ke sini, sebaiknya lakukan pada hari biasa karena jumlah pengunjung yang semakin meningkat saat musim liburan. Hal ini menyebabkan kemacetan yang lebih lama. Namun sebagai tindakan pencegahan, Anda bisa berangkat lebih awal agar tidak menyita waktu di jalan dan bisa tiba tepat waktu.

Sedikit informasi mengenai jam operasional Pantai Lhoknga yaitu mulai pukul 07.00 hingga 17.00 waktu setempat di Aceh. Mungkin jam operasional ini sangat berbeda dengan wisata pantai pada umumnya yang selalu buka 24 jam sehari.

Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000.00 per orang. Harga yang sangat terjangkau untuk melihat pemandangan Lhoknga yang indah dan mempesona. Pengelola berharap dengan harga tiket masuk yang terjangkau, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lhoknga akan meningkat.

Aktivitas Seru di Pantai Lhoknga Pantai

Kegiatan rekreasi di Pantai LhokngaKredit foto: Google Maps Komara Hadi

1. Bermain selancar

Ombak perairan Lhoknga merupakan ombak yang paling cocok untuk berselancar. Olahraga ini banyak diminati wisatawan mancanegara. Karena keunikan ombaknya, para wisatawan seolah berlomba-lomba untuk berselancar di pantai ini.

Bagi Anda yang baru mengenal surfing, Anda bisa berselancar sebagai pemula di area bernama Left Harder Point. Area spot ini masih berada di barisan ombak yang tidak terlalu besar. Oleh karena itu sangat aman bagi pemula yang suka berselancar.

2. Menikmati Keindahan Pantai Lhoknga

Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi pantai ini, pemandangan indah dan unik langsung tersaji di awal pintu masuk. Hamparan pantai yang begitu luas dan menyatu dengan airnya yang jernih menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, suasana sejuk akibat angin yang kencang akan membuat Anda betah selama berada di sana. Untuk itulah, wisata pantai ini sangat cocok sebagai buku referensi untuk liburan keluarga Anda.

3. Bermain air sambil berenang

Meski sebagian ombak Lhoknga dianggap berbahaya dan ganas karena terlalu tinggi, namun masih ada kawasan pantai yang memiliki ombak yang aman dan tidak berbahaya. Gelombang Lhoknga akan tinggi saat musim hujan.

Dengan cara ini Anda bisa berenang di sekitar pantai dengan tenang, polisi juga ada untuk memastikan keamanan pengunjung. Namun, ingatlah untuk tetap mengikuti aturan yang ditetapkan oleh staf sebelum Anda.

4. Memancing di pantai

Aktivitas seru di Pantai LhokngaKredit Foto: Google Maps Fazlur Rahman

Dengan luasnya Laut Lhoknga, banyak sekali jenis ikan yang bisa Anda tangkap. Namun, sebagian besar spesies ini adalah ikan yang hidup di perairan asin. Rasa yang dihasilkan pasti akan kembali.

Anda dapat meminta bantuan manajer lokal ketika datang ke tempat yang cocok untuk memancing. Biasanya hasil pemancingan memiliki rasa yang sangat segar dan manis. Anda juga bisa membuatnya menjadi ikan bakar agar lebih nikmat.

5. Nikmati panorama matahari terbenam

Sunset merupakan kebiasaan yang harus dilakukan pada wisata pantai. Hal ini juga berlaku di kawasan Pantai Lhoknga. Menjelang sore hari, kawasan pantai pasti akan ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat indahnya sunset Lhoknga.

Anda bisa duduk dan bersantai di kursi yang disediakan. Biasanya, fenomena sunset sering dijadikan foto model siluet. Pastinya sunset Lhoknga akan sangat indah dan menjadi spot foto yang sangat instagramable.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

tepi sungai LhokngaSumber gambar: Twitter LhokngaSungai

1. Lapangan Yudis

Yudis Place merupakan penginapan yang terletak sangat dekat dengan Pantai Lhoknga. Penginapan yang satu ini menawarkan pelayanan yang cukup lengkap dan dinilai hingga 4,8 oleh pengunjung. Anda dijamin betah di sini.

2. Keluarga angkat Eddie

Penyediaan fasilitas penjemputan di bandara menjadikan penginapan ini banyak diminati wisatawan. Menata konsep tradisional Aceh yang membuat penginapan ini begitu unik. Homestay Eddie cocok untuk Anda jadikan referensi jika ingin bermalam di Lhoknga.

3. Tepi Sungai Lhoknga

Daya tarik utama dari penginapan ini adalah pemandangan Lhongka yang bisa dilihat langsung dari area penginapan. WiFi 24 jam pasti akan membuat masa menginap Anda di Lhoknga Riverside semakin menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Lhoknga, Aceh Besar

Fasilitas Pantai Lhoknga di Aceh BesarKredit foto: Google Maps Denny Rinaldi

Fasilitas yang disediakan pengelola wisata bahari cukup lengkap dan memadai. Ada tempat parkir yang cukup luas, toilet dan rumah ibadah yang seharusnya tersedia. Fasilitas ini tentunya ditujukan untuk kenyamanan para pengunjung.

Fasilitas penunjang lainnya seperti restoran, pendopo dan rest area tertata rapi dan merata di seluruh area pantai. Penyewaan peralatan selancar atau renang juga disediakan oleh pengelola pantai yang cantik ini.

Demikian rangkuman informasi tentang Pantai Lhoknga yang terletak di wilayah Aceh di pulau Sumatera. Informasi di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih Lhoknga sebagai tempat liburan bersama teman atau keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button