Tempat Wisata

Pulau Siberut, surga laut eksotis yang kaya pesona di Mentawai

Biaya Tur: Mulai dari Rp95.000, Waktu aktif: 07.00 – 18.00 WIB, Alamat: daerah. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Pulau Siberut merupakan pulau terbesar dan terletak di paling utara Kepulauan Mentawai. Letaknya 150 kilometer sebelah barat pulau Sumatera di Samudera Hindia. Pulau ini juga dikelilingi oleh pulau-pulau lain seperti Karamaier dan Masokut di Selat Bungalaut, yang terletak di selatan pulau.

Pulau yang merupakan rumah bagi suku Mentawai ini juga telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Siberut sejak tahun 1993, karena sebagian besar pulau ini adalah hutan hujan. Pulau ini sendiri dikenal memiliki banyak primata. Beberapa primata tersebut adalah bilou, lutung babi, lutung pulau Pagai dan lutung Mentawai.

Pulau Siberut berada di Samudera Hindia, sehingga ombaknya cukup unik. Di bagian selatan pulau, ombaknya cukup ganas. Sedangkan di bagian utara pulau ombaknya cukup tenang. Alamnya yang masih alami membuat pulau ini cocok untuk para pecinta petualangan. Pulau ini tidak hanya akan meninggalkan kesan mendalam, tetapi juga pengalaman baru bagi pengunjung yang datang.

Pemandangan Pulau Siberut

Objek wisata yang dimiliki Pulau SiberutKredit foto: Facebook Discover Indonesia

1. Taman Nasional

Pulau Siberut merupakan salah satu taman nasional yang ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO, berperan penting dalam melestarikan dan menyeimbangkan biosfer dunia. Luas taman nasional ini sekitar 400.000 hektar dengan dominasi hutan hujan tropis. Di dalamnya terdapat banyak flora dan fauna endemik juga terkenal dengan primata khas Mentawai.

Jika beruntung, pengunjung yang menjelajahi taman wisata ini dapat melihat hewan endemik ini. Hutan hujan tropis dengan hewan endemik yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang datang untuk mencari dan mengamatinya.

2. Suku Mentawai

Salah satu daya tarik Pulau Siberut yang memikat adalah merupakan rumah bagi suku asli Mentawai, yang hidup dengan kearifan lokalnya yang mempesona. Suku ini dipimpin oleh seorang kepala suku bernama Sikrei. Selain sebagai pemimpin kelompok, Sikrei juga berperan sebagai dukun yang merawat dengan ritual tertentu. Keunikan lainnya adalah suku ini tinggal bersama di sebuah rumah bernama Uma.

pantai ketiga

Objek wisata di pulau SiberutKredit foto: Facebook Dedy Sakatsila

Pantai-pantai di pulau ini sangat indah. Pasirnya putih dengan air laut biru yang bersih. Ombak bervariasi tergantung wilayah yang dikunjungi. Ada pantai dengan ombak yang cukup tenang, namun ada juga yang ombaknya tinggi cocok untuk aktivitas selancar. Tak hanya pantainya, keindahan alam bawah lautnya pun tak kalah indah untuk dibenamkan.

Pengunjung dapat menjelajahi pantai ke timur dan selatan ke tenggara. Sepanjang pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang panjang, juga terdapat taman bakau dan karang. Pengunjung juga dapat menemukan satwa liar yang menarik di sepanjang pantai, seperti lumba-lumba, duyung, dan tiga spesies penyu yang dilindungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau SiberutKredit foto: Google Maps Gustavo Pagano Santana

Pulau Siberut adalah salah satu Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat. Untuk sampai ke sana, hanya bisa ditempuh dengan transportasi laut. Ada dua jenis kapal yang bisa Anda lewati, yaitu dengan kapal ferry atau dengan speedboat. Keduanya memiliki manfaat masing-masing yang bisa Anda pertimbangkan.

Jika Anda menggunakan feri Padang – Siberut, perjalanan memakan waktu 10 hingga 12 jam. Ini sangat panjang tetapi cocok untuk backpacker karena tiketnya sangat murah. Kapal ini juga memiliki dua kelas, yaitu Kelas Ekonomi dan Kelas Eksekutif. Kedua kelas tersebut memiliki harga yang berbeda dengan peralatan yang berbeda.

Speedboat kini bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam. Akses tiket dan keberangkatan bisa dilakukan di Muaro, Padang. Fasilitas kapal cukup lengkap, namun tentunya harga tiketnya akan jauh lebih mahal. Jika Anda mabuk laut karena terlalu lama berada di atas kapal maka kapal ini bisa menjadi alternatif perjalanan Anda.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau SiberutSumber gambar: Google Maps Yusa Setiabudi

Jika Anda ingin mengunjungi pulau yang indah ini, Anda perlu menyiapkan uang untuk transportasi ke tempat tersebut. Ada dua perahu yang bisa Anda seberangi menuju kawasan pulau.

Jika Anda menggunakan feri, harga tiketnya antara Rp95.000 hingga Rp135.000. Sedangkan tiket speedboat seharga Rp 250.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 300.000 untuk wisatawan asing.

Kegiatan menarik di pulau siberut

Aktivitas di Pulau SiberutKredit foto: Google Maps Matteo Bettocchi

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berada di Pulau Siberut. Perjalanan Anda dijamin tidak akan membosankan. Ada banyak hal berkesan dan tak terlupakan yang akan Anda alami saat berpetualang di pulau terbesar di Kepulauan Mentawai ini. Rasakan pengalaman baru dengan mencoba beberapa aktivitas seru di bawah ini.

1. Mengejar

Jika Anda menyukai petualangan, Anda dapat mencoba berkendara di hutan hujan tropis. Keindahan yang memukau juga dikaitkan dengan flora dan fauna endemik yang mungkin cukup beruntung untuk Anda temui. Di hutan ini Anda juga akan menemukan gua dan air terjun yang pasti seru untuk dijelajahi.

Air terjun di tengah hutan ini sangat segar, Anda bisa bermain air di bawahnya. Pepohonan di sekitarnya juga membuat udara menjadi sangat sejuk. Pemandangan alam yang masih alami sangat indah. Pengalaman bermain air tawar di alam terbuka yang dikelilingi pepohonan pasti akan mengobati penat dan penat.

2. Wisata Budaya

Berkunjung ke Pulau Siberut akan terasa kurang jika belum melihat sendiri aktivitas masyarakat adat Mentawai. Anda juga bisa mencoba hidup dan hidup bersama suku Mentawai dengan segala kearifan lokalnya. Jadi Anda juga bisa merasakan hidup di Uma. Anda bisa memberikan rokok untuk memenangkan hati suku Mentawai.

3. Wisata kuliner

Jika Anda tinggal dengan suku asli Mentawai, Anda juga harus mencoba makanan khas mereka. Makanan pokok suku Mentawai adalah sagu karena banyak tumbuh disana. Suku Mentawai biasanya menjadikan sagu ini menjadi beberapa menu makanan seperti Sagu Jeruk Nipis, Obuk, Batra, Anggau Siboik-Boik dan lainnya untuk anda cicipi.

4. Berselancar

Aktivitas di Pulau SiberutSumber gambar: Google Maps Osmar Rezende

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, adalah berselancar. Ombak pantai di beberapa area sangat cocok untuk aktivitas seru ini. Karena itu, banyak penginapan yang menawarkan fasilitas berupa perlengkapan selancar, sehingga Anda tidak perlu repot membawa perlengkapan selancar.

5. Wisata Pantai

Selain menjelajahi hutan, menjelajahi pantai-pantai di pulau siberut juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Pantai yang indah akan membuat Anda betah menghabiskan waktu. Selain itu, ada banyak hal yang bisa Anda temukan seperti hutan bakau, taman karang, serta hewan-hewan menarik seperti lumba-lumba, duyung dan juga penyu langka yang dilindungi.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di sekitar pulau SiberutKredit foto: Google Maps Mentawai Surf Camp

1. Resor Selancar Taman Bermain

Penginapan ini terletak di Katurei di barat daya Siberut. Penginapan ini bernuansa alam, bangunannya terbuat dari kayu dan dikelilingi pepohonan seperti kelapa. Penginapan ini juga tidak jauh dari pantai. Anda tidak hanya mendapatkan fasilitas yang memadai, tetapi juga pilihan hiburan seperti peralatan selancar.

2. Kamp selancar Siberia

Penginapan ini terletak di Siberut Selatan dengan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Juga cocok untuk turis asing karena staf multibahasa. Beberapa fasilitas tambahan untuk properti ini seperti taman, tracking, juga peralatan snorkeling. Penginapan ini juga menawarkan antar-jemput bandara dan wisata area lokal gratis dengan biaya tambahan.

3. Kamp Selancar Bintang

Penginapan Seberut Selatan ini menawarkan beberapa pilihan kamar sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain fasilitas yang memadai, ada juga fasilitas tambahan seperti tempat hiburan, restoran, serta staf multibahasa, sehingga banyak juga pengunjung yang datang dari luar negeri.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di sekitar pulau siberutKredit foto: Google Maps Sulis Ratnasari

Pulau Siberut merupakan salah satu destinasi liburan yang paling banyak dikunjungi di Kepulauan Mentawai. Pengunjung datang tidak hanya dari wisatawan lokal tetapi juga dari luar negeri. Oleh karena itu, pulau ini juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk memudahkan pengunjung melakukan berbagai aktivitas.

Ada banyak pilihan akomodasi di sekitar pulau ini. Pilihan akomodasi dan harga bervariasi, sehingga dapat disesuaikan dengan anggaran pengunjung. Penginapan ini juga menawarkan banyak pilihan hiburan tambahan bagi pengunjung seperti berselancar dan snorkeling, yang notabene merupakan aktivitas paling populer bagi pengunjung.

Untuk menuju pulau ini juga disiapkan transportasi bagi pengunjung. Kapal-kapal yang membawa Anda ke pulau ini memiliki jadwal, sehingga pengunjung sangat perlu mengetahui jadwal pulau yang ingin dituju. Selain itu, Anda juga akan menemukan fasilitas kendaraan untuk membantu Anda berkeliling pulau untuk memudahkan petualangan pengunjung.

Pulau Siberut memiliki pemandangan yang sangat indah dan merupakan destinasi yang berharga jika Anda berada di Kepulauan Mentawai. Pesona keindahan alam dan budaya akan sangat memukau para pengunjung. Petualangan di pulau ini juga sangat menyenangkan karena banyak sekali aktivitas yang menarik untuk dilakukan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button