Tempat Wisata

Pulau Simeulue Aceh – Atraksi, Aktivitas & Tempat Liburan

pemandangan, aktivitas Liburan & lokasi Pulau Simeulue salah satu pulau yang memiliki cantik alami luar biasa di provinsi aceh. Pulau Ini seperti di surga bahari itu diam pengalaman dan kaya akan pesona wisata.

Biaya Tur: Mulai dari Rp44.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: daerah. Simeulue, Aceh; map: Cek lokasi

Indonesia disebut negara kepulauan karena merupakan wilayah yang diapit langsung oleh lautan. Maka tidak heran jika Indonesia memiliki banyak pulau. Pulau Simeulue merupakan salah satu destinasi wisata yang paling diminati. Selain pulau-pulau tersebut, masih banyak pulau-pulau lain yang memiliki potensi wisata yang tinggi baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saat berkunjung ke Pulau Simeulue, wisatawan akan menikmati keindahan alam bak surga dunia. Pulau ini sering disebut sebagai dunia peselancar. Hal ini dikarenakan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini dapat menikmati berbagai hiburan seperti berselancar. Pulau yang memiliki keindahan eksotis ini tak henti-hentinya memukau para traveler.

Meski terletak di provinsi Aceh dan sering mengalami gempa, keberadaan pulau ini tetap dicari oleh para wisatawan. Tidak hanya bersantai, namun dengan mengunjungi pulau ini, wisatawan bisa merasakan keindahan alam yang masih alami dan luar biasa. Ketenangan dan ketenangan bisa dirasakan di pulau ini. Berikut beberapa hal menarik terkait pulau cantik ini.

Tempat Wisata Pulau Simeulue

Pemandangan Pulau SimeulueKredit Foto: Google Maps Hazim Coffee

Pulau ini memiliki daya tarik yang besar sehingga dapat menjadi tujuan wisata tingkat tinggi. Keberadaan pulau ini bergabung dengan jajaran pulau-pulau di Indonesia dengan keindahan alam yang memukau. Berikut beberapa objek wisata pulau ini yang membuat wisatawan betah.

1. Lokasi pulau yang bersih dan asri

Kebersihan selalu menjadi salah satu daya tarik suatu tempat wisata. Sementara tempat-tempat wisata memiliki keindahan yang luar biasa, ketika sampah menumpuk dan tidak dirawat, semuanya terlihat buruk. Pulau Simeulue memiliki lokasi yang bersih dan masih alami. Agar wisatawan betah berlama-lama di pulau ini, termasuk untuk menyewa akomodasi.

Manajemen mencoba yang terbaik untuk menjaga pulau ini terlihat rapi. Mulai dari kebersihan harian hingga himbauan kepada wisatawan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, pengelola selalu mengontrol beberapa titik atau tempat yang berpotensi menimbulkan banyak sampah. Perawatan tersebut dilakukan dengan sengaja untuk menjaga kebersihan pulau.

2. Hamparan pasir putih

Daya tarik lain dari pulau ini adalah hamparan pasir putihnya. Hamparan yang dibingkai oleh warna biru laut, sungguh menakjubkan. Pulau ini ditumbuhi banyak tanaman dan pohon-pohon besar. Pada siang hari, wisatawan tidak kepanasan karena banyaknya pepohonan yang rindang.

Selain itu, banyaknya pepohonan yang rindang membuat udara di pulau ini terasa sejuk. Wisatawan bisa duduk di gazebo sambil menikmati pemandangan laut yang tak terhalang sejauh mata memandang. Dengan langit yang cerah dan pasir putih yang memukau.

3. Deretan pantai dengan ombak besar

Pulau Simeulue adalah surganya para peselancar. Mereka dapat meningkatkan tingkat adrenalin mereka dengan menantang ombak besar. Namun, ini hanya boleh dilakukan oleh para profesional.

Jika Anda masih amatir dan ingin mencobanya, Anda harus berlatih terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan ombak di pulau ini cenderung lebih besar dari ombak di pantai pada umumnya.

4. Berbagai kegiatan liburan yang menarik

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini dapat melakukan berbagai aktivitas menarik. Mulai dari aktivitas pantai di sekitar pulau hingga aktivitas laut. Selain itu, administrasi pulau ini juga menawarkan banyak fasilitas bagi wisatawan.

Baik kebutuhan akan kondisi tertentu maupun kebutuhan akan olahraga air. Jadi wisatawan yang datang kesini tidak perlu khawatir dengan peralatan bermain airnya.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Simeulue

Alamat Pulau SimeulueSumber gambar: Twitter Pengembangan Salem

Tentunya bagi masyarakat yang memiliki tempat tinggal di Provinsi Aceh, pulau ini sudah tidak asing lagi. Karena pulau ini terletak di provinsi Aceh. Namun pulau ini masih berada di kepulauan Sumatera, tepatnya di Kabupaten Simeulue, Aceh.

Rute menuju Pulau Simeulue relatif masih muda. Jika wisatawan yang berasal dari kota Banda Aceh dapat menggunakan transportasi darat. Ada 2 jenis transportasi yang dapat ditempuh wisatawan dan memiliki rute menuju pulau tersebut.

Transportasi adalah minibus L300 dan bus Damri. Dengan menggunakan dua moda transportasi ini, wisatawan akan diarahkan ke Labuhan Haji. Waktu tempuhnya sendiri adalah 8 sampai 14 jam tergantung sarana transportasi yang digunakan.

Selain itu, wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Simeulue akan mendapat arahan dari pengelola. Sehingga baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang baru pertama kali datang ke Simeulue tidak perlu khawatir karena akan ada plang penunjuk jalan.

Wisatawan yang belum pernah ke pulau ini tentunya harus mengetahui beberapa hal tentang pulau ini. Jika wisatawan datang dari luar negeri atau dari daerah sendiri, tetapi berada di daerah terpencil, maka perlu mempersiapkan beberapa hal seperti biaya, kesehatan, tenaga dan persiapan yang matang.

Tentunya yang memiliki lokasi di wilayah Aceh harus memiliki transportasi melalui udara. Tentu saja, sebelum pergi ke tempat itu, setiap turis menaiki kapal feri. Harga feri sangat bervariasi dan dapat berubah.

Misalnya, untuk saat ini biaya untuk wisatawan tanpa kendaraan adalah Rp 44.000 untuk dewasa, sedangkan anak-anak hanya sekitar Rp 26.000. Jika Anda membawa kendaraan, biayanya mungkin lebih tinggi.

Aktivitas di Pulau Simeulue

Aktivitas di Pulau SimeulueSumber gambar: Twitter info aceh

Tentu saja, jika wisatawan mengunjungi pulau ini sepanjang jalan, jika mereka tidak melakukan berbagai kegiatan menarik, sangat disayangkan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan.

1. Aktivitas seru di pantai

Banyak sekali permainan pantai yang bisa dilakukan wisatawan. Misalnya snorkeling, lalu surfing, memancing dan masih banyak lagi.

Setiap lokasi memiliki fitur air yang berbeda. Misalnya pengelola menawarkan spot khusus untuk snorkeling, kemudian spot khusus mancing hingga spot khusus yang bisa digunakan untuk surfing.

2. Nikmati panorama alam yang eksotis

Tentu hampir setiap pantai memiliki fasilitas bermain air, namun yang membedakan pantai pada umumnya dan pulau ini adalah keindahan alamnya. Pulau ini selalu dijaga kebersihannya sehingga selalu terlihat alami dan eksotis saat wisatawan berkunjung.

3. Berfoto di spot keren

Fotografi adalah kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Pulau ini memiliki puluhan bahkan ratusan lokasi yang bisa digunakan untuk fotografi. Bagi wisatawan yang lupa membawa kamera, tidak perlu khawatir karena layanan foto juga tersedia di tempat ini.

Penginapan murah di sekitar pulau

Penginapan murah di sekitar pulauSumber gambar: Twitter Eriton

Perjalanan yang panjang tentunya membuat wisatawan lelah ketika langsung pulang dan berangkat. Oleh karena itu pengelola menawarkan banyak akomodasi di lokasi pulau ini.

1. Pondok Selancar Simeulue

Penginapan ini tidak jauh dan terletak di pulau Simeulue. Penginapan ini juga mendapat rating 4,5 dari 5 poin. Bagi wisatawan yang ingin menginap di penginapan ini harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Karena harga yang ditawarkan adalah Rp 1.265.000. Penginapan ini memiliki bentuk rumah yang menyerupai rumah adat dan juga memiliki setting yang memukau. Bahkan wisatawan bisa mendapatkan berbagai fasilitas lengkap mulai dari sarapan hingga makan siang.

2. Homestay Perjalanan Simeulue

Penginapan ini termasuk yang ramai dikunjungi wisatawan karena harganya yang relatif terjangkau. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 450.000. Namun, biasanya hotel ini sudah ramai pengunjung. Jadi jika ingin memesan harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.

3. Resor Selancar Mahi Mahi

Penginapan ini memiliki rating tertinggi dan paling banyak dicari oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang mewah namun estetis. Penginapan ini seharga Rp 1.450.000. Meski harganya cukup tinggi, namun banyak wisatawan yang berkunjung ke penginapan ini untuk bersantai dan beristirahat.

Fasilitas wisata di Pulau Simeulue

Fasilitas di Pulau SimeulueSumber gambar: Twitter KueDang

Pulau ini memiliki fasilitas yang lengkap dan memanjakan wisatawan. Misalnya, ada sebuah penginapan yang terletak di pulau ini. Hal ini memudahkan wisatawan untuk beristirahat dan menikmati keindahan pulau ini secara langsung dalam waktu yang lama.

Dengan adanya gerai dan warung makan, wisatawan tidak perlu khawatir jika merasa lapar. Fasilitas umum juga dilengkapi dengan sangat baik, sehingga wisatawan tidak perlu mengantri atau bergantian.

Pulau ini sangat luas dan memiliki beberapa pantai yang bisa dikunjungi wisatawan. Selain itu, pemerintah pulau ini menyediakan berbagai peralatan untuk melakukan kegiatan hiburan air.

Sebagai warga negara Indonesia, sangat disayangkan jika Anda belum pernah mengunjungi Pulau Simeulue. Karena nuansa alam yang luar biasa sangat menakjubkan. Pulau di provinsi Aceh ini sangat direkomendasikan. Sementara biaya yang dibutuhkan mahal, keindahan yang diraih tidak sepadan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button