Berita Wisata

Waduk Sidodadi, sebuah taman wisata dengan nuansa alam yang indah

Waduk Sidodadi pada awalnya merupakan waduk yang digunakan untuk irigasi tebu bagi warga sekitar. Dengan luas permukaan dan potensi alam yang cukup memadai, waduk ini akhirnya dijadikan sebagai objek wisata. Destinasi wisata Waduk Sidodadi ini dikelola oleh PTPN XII Kebun Kendeng Lembu.

tangki sidodaditangki sidodadi

Wisata Waduk Sidodadi memiliki konsep wisata taman dengan nuansa alam yang asri. Di sekelilingnya, ada tanaman dan pohon yang tumbuh di sekitar area tangki. Ciptakan pemandangan yang indah yang asri dan alami.

Bentuk tangki ini berbeda dengan tangki pada umumnya yang simetris. Waduk Sidodadi memiliki bentuk yang tidak beraturan. Lengkungan kanal dengan gundukan seperti pulau-pulau kecil di tengahnya.

Di tempat wisata ini terdapat berbagai aktivitas seru dan menarik. Mulai dari menikmati pemandangan waduk, naik perahu atau mainan air, bermain sepeda gunung, go-karting, flying fox atau memancing. Ditambah dengan spot foto yang keren dan instagramable.

Alamat

  • Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Biaya masuk

  • Tiket masuk: Rp 5.000,- / orang.

Jam buka

Jalan menuju Waduk Sidodadi

Untuk menuju lokasi wisata waduk Sidodadi cukup mudah. Lokasinya berjarak 2 km dari jalan pintas selatan Banyuwangi-Jember. Dan hubungan dekat dengan permen Gkenmore.

Tempat wisata ini mudah diakses bahkan oleh wisatawan dari luar Banyuwangi. Sudah ada rambu-rambu jalan yang akan mengarahkan wisatawan ke lokasi waduk.

Angkutan

Lokasi wisata Waduk Sidodadi letaknya cukup strategis. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi. Untuk menuju lokasi wisata, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Sepanjang jalan menuju tempat wisata itu lancar.

Wisatawan bisa memilih angkutan umum di Banyuwangi. Seperti angkutan umum atau ojek yang akan mengantar Anda langsung ke waduk Sidodadi.

Apa yang ada di Waduk Sidodadi

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di objek wisata Waduk Sidodadi. Dari menikmati keindahan alam di sekitar waduk, permainan seru, memancing hingga berkemah.

Nikmati pemandangan waduk dan sekitarnya

Objek wisata Waduk Sidodadi mengusung konsep wisata taman dengan nuansa alam yang asri. Di sekitar waduk terdapat pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar kawasan waduk. Jadikan pemandangan alam yang indah, asri, segar dan alami.

naik perahu di waduk sidodadinaik perahu ke waduk sidodadi. sumber : banyuwangibagus.com
Naik perahu di Waduk SidodadiPerjalanan perahu di waduk Sidodadi. sumber : banyuwangibagus.com

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Waduk Sidodadi dengan menggunakan perahu. Ada perahu yang siap digunakan untuk mengantar pengunjung berkeliling waduk.

Selain perahu, ada juga mainan air berupa bebek besar. Untuk mengoperasikannya harus mengayuh dengan maksimal 2 penumpang.

  • Tarif Kapal : Rp 3.000,- / orang.
  • Tarif Duck Boat Rp 10.000,- / boat untuk 2 orang.

wahana yang menyenangkan

Waduk Sidodadi telah dilengkapi dengan berbagai aktivitas alam yang seru dan menarik. Dari bermain sepeda gunung, kart, memancing.

bermain sepeda gunungbermain sepeda gunung. Google Maps. sumber: Yudi Ardian

Bagi yang menyukai tantangan, Anda bisa mencoba wahana flying fox sepanjang 160 meter. Lokasi pendaratan flying fox terletak di salah satu pulau kecil di tengah waduk.

  • Flying fox Rp 10.000,- / orang.
  • Sewa sepeda gunung (2 orang) Rp50.000,- / 2 putaran.
  • Sewa sepeda gunung (2-4 orang) Rp.60.000,- / 2 lap.

Spot Foto Instagramable

Di tempat wisata ini terdapat beberapa spot foto yang menarik dan instagenic. Diantaranya adalah spot foto jembatan gantung dan taman bunga yang indah. Anda juga bisa berfoto selfie dengan pemandangan waduk atau sambil berperahu di sekitar waduk.

Tempat perkemahan

Bagi pengunjung yang ingin berkemah di Waduk Sidodadi juga tersedia bumi perkemahan.

Area Perkemahan Waduk SidodadiArea perkemahan waduk Sidodadi. Google Maps. sumber: Supono M.Pd.

Fasilitas Waduk Sidodadi

Beberapa fasilitas dan fasilitas umum yang tersedia di Objek Wisata Waduk Sidodadi antara lain:

  • Tempat parkir luas
  • ruang sholat
  • Toilet
  • Warung / Kantin

Hotel di sekitar Waduk Sidodadi

  • Hotel Minak Jinggo
  • Pemandangan Hotel Raung
  • Glenmore Hotel
  • Margo Utomo Eco Resort
  • Hotel Mahkota

Video Waduk Sidodadi

Video berikut dikutip oleh saluran: Geovolcano

Penutupan

Wisata Waduk Sidodadi memiliki konsep wisata taman dengan nuansa alam yang asri. Selain menikmati pemandangan waduk yang indah. Di tempat wisata ini juga terdapat berbagai aktivitas seru dan menarik. Mulai dari menikmati pemandangan waduk, naik perahu atau mainan air, bermain sepeda gunung, go-karting, flying fox atau memancing. Ditambah dengan spot foto yang keren dan instagramable.

Objek wisata Waduk Sidodadi ramai dikunjungi wisatawan setiap hari terutama pada akhir pekan. Tempat wisata alam yang cocok untuk anak-anak dan bisa dikunjungi bersama keluarga.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button