Berita Wisata

Eksplorasi pasir Gibug de Brebes, wisata alam yang indah di tempat terpencil

domba betina

Kawasan wisata yang tergolong baru di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini menawarkan panorama yang sangat indah. Selain memiliki berbagai wahana, tempat wisata ini memiliki banyak spot selfie yang Instagramable.

Terletak di Desa Responding, Kecamatan Banjarharjo, Brebes, kawasan wisata ini bernama Pasir Gibug. Dari kota Brebes jaraknya sekitar 75 km dan berada di daerah perbukitan. Bisa dibilang lokasinya cukup terpencil dan jalan untuk dikunjungi cukup sulit.

Namun setelah memasuki lokasi, rasa lelah selama perjalanan terbayar lunas. Indahnya panorama alam kawasan wisata Pasir Gibug seakan menghapus segala penat pengunjung selama perjalanan.

Menara pasir Gibug ini memiliki luas kurang lebih 38 hektar. Tanah tersebut merupakan aset milik Pondok Pesantren Mubarokal Ulum, Desa Pen Respon. Awalnya, hanya ada bangunan taman dan gazebo untuk para siswa bermain. Lambat laun, taman indah ini mulai dikenal masyarakat luas berkat kunjungan orang tua siswa.

“Awalnya hanya taman dan gazebo untuk siswa. Ada dua, satu untuk putri dan satu untuk putra. Setiap ada tutor siswa datang, mereka berkeliling dan akhirnya beredar luas di masyarakat,” kata Dzulfither Satya Bela. Religi, Pengasuh Ponpes Mubarokul Ulum Desa Tanggap, Minggu (23/10/2022).

Karena keindahan alam di sekitar pondok pesantren, kata Dzulfither, banyak yang berkontribusi dalam pembangunan objek wisata. Maka mulailah daerah perbukitan ini dibangun di kawasan wisata yang menakjubkan ini.

Wisata Alam Pasir Gibug di Brebes.Wisata Alam Pasir Gibug di Brebes. Foto: Imam Suripto/detikJateng

Jika Anda berkunjung di akhir pekan, banyak pengunjung dari berbagai daerah datang. Karena lokasinya yang berada di pinggir Kabupaten Kuningan di Jawa Barat, sebagian besar pengunjung berasal dari daerah ini serta kota-kota lain di sekitarnya.

Bagi yang akan berwisata, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Sesampainya di tempat wisata, wisatawan bisa leluasa mengambil foto-foto indah di tempat khusus yang instagramable.

Selain spot selfie, di objek wisata Pasir Gibug Responding terdapat kolam renang, gazebo untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Waduk Malahayu, taman bermain anak dan lain-lain.

Lalu ada juga Bukit Bintang Pasir Gibug yang cocok untuk kunjungan keluarga. Nikmati waktu terbaik makan favorit keluarga dengan latar belakang Waduk Malahayu, pemandangan perbukitan dan pegunungan yang indah.

Seorang wisatawan, Reni (36), warga Kecamatan Larangan mengaku sangat terkesan saat melihat wisata Pasir Gibug. Menikmati berbagai wahana di area yang sangat luas membuat pengunjung sangat puas.

Wisata Alam Pasir Gibug di Brebes.Wisata Alam Pasir Gibug di Brebes. Foto: Imam Suripto/detikJateng

“Kita bisa leluasa menikmati semua wahana dan liburan di sini. Pemandangannya sangat bagus, dan dari tempat ini terlihat jelas Waduk Malahayu,” kata Reni.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya…

Tonton Video “Kafe Tanpa Izin di Babarsari Disegel, Ada Perlawanan”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button