Berita Wisata

Badai Roslyn mendarat di pantai di Mexico City

Dari laut – Badai Roslyn mendarat di pantai barat Meksiko pada Minggu (23/10) pagi waktu setempat. Badai Roslyn mendarat dengan kekuatan badai Kategori 3 bergerak dari Pasifik timur menuju pantai dan pedalaman Meksiko.

Pusat Badai Nasional (NHC) Pasifik Timur melalui akun Twitter @NHC_pacific kata Roslyn mendarat di barat-tengah Meksiko dekat Santa Cruz di Nayarit utara. Angin berkelanjutan maksimum diperkirakan 120 mph atau 195 km per jam.

Menurut NHC, Roslyn diperkirakan akan menjadi badai besar ketika mendarat di sepanjang pantai barat-tengah Meksiko. Sistem ini disertai dengan angin yang merusak dan gelombang badai yang berpotensi mematikan.

Sebelumnya, Sabtu (22/10) malam, pesawat Pemburu Badai Cadangan Angkatan Udara memberikan data berharga, meski terjadi turbulensi hebat.

Dengan data tersebut menunjukkan bahwa badai belum kehilangan banyak kekuatan. Intensitas angin 125 mph (110 knot) dan tekanan pusat sekitar 958 mb, naik beberapa mb sejak misi pengintaian terakhir.

Badai Roslyn akan melemah saat mendarat, terutama di daerah pegunungan barat Meksiko.

Mengutip kantor berita Associated Press (AP) Badai Roslyn menghantam bentangan pantai Pasifik Meksiko yang jarang penduduknya antara kota-kota resor Puerto Vallarta dan Mazatlan Minggu pagi dan bergerak cepat ke pedalaman.

Minggu pagi Roslyn tetap menjadi badai besar dengan kecepatan angin 120 mph, turun sedikit dari puncak 130 mph.

Pusat Badai Nasional AS mengatakan Roslyn berada sekitar 90 km barat laut Tepic, ibu kota pedalaman negara bagian Nayarit.

Badai bergerak ke utara-timur laut dengan kecepatan 16 mil per jam (26 km/jam) dan diperkirakan akan kehilangan kekuatan saat bergerak lebih jauh ke pedalaman.

Meski tidak menghantam secara langsung, Roslyn membawa hujan deras dan gelombang tinggi ke Puerto Vallarta. Gelombang laut menghantam kawasan pejalan kaki pantai.

Roslyn mendarat di negara bagian Nayarit, kira-kira daerah yang sama di mana Badai Orlene mendarat pada 3 Oktober.

Badai itu mendarat di utara desa nelayan San Blas, sekitar 150 kilometer utara Puerto Vallarta.

Restoran terkait pantai di Puerto Vallarta di mana turis makan siang tanpa beban pada hari Sabtu, telah ditinggalkan pada hari Minggu. Di beberapa tempat, ombak menghanyutkan pagar dan bangunan kecil beratap jerami yang biasanya menghalangi pengunjung dari sinar matahari.

Kantor pertahanan sipil negara bagian Jalisco mengatakan pihak berwenang sedang berpatroli di daerah itu tetapi tidak menemukan kerusakan besar.

Sumber: NHC dan Associated Press (Apnews.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button