Tempat Wisata

Pantai Balangan, pantai favorit para peselancar di Bali

Pantai Balangan Bali menawarkan pesona alam yang eksotis, tebing berbatu, pasir putih dan ombak yang menantang untuk berbagai aktivitas menarik mulai dari berselancar hingga menikmati panorama matahari terbenam.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL. Pantai Balangan, Ungasan, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab.Badung, Bali; map: Cek lokasi

Pantai Balangan telah berhasil menarik hati para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai yang merupakan “surga tersembunyi” di pulau Bali ini sangat eksotis dan mempesona dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Tak heran jika disebut “surga tersembunyi” karena pantai ini belum banyak dijamah seperti “pantai sejuta umat” lainnya.

Bagi Anda yang membutuhkan ketenangan dengan suasana pantai di kawasan Badung yang sepi dan tidak terlalu ramai, tempat wisata ini menjadi tempat yang tepat untuk menemani liburan Anda. Pantai ini terletak di kawasan Bukit Pecatu Bali Selatan. Pantai tersembunyi ini dikenal luas di kalangan wisatawan sebagai tempat kompetisi berselancar tingkat dunia.

Pantai ini diakui sebagai versi CNN Go peringkat pertama dalam daftar 5 Pantai Tersembunyi Terbaik di Bali pada Januari 2012. Pantai ini sering disebut sebagai pantai pribadi karena suasananya yang tenang dan lokasinya yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk pusat kota. Pantai ini membentang sekitar 1 km dan diapit oleh dua tebing berbatu.

Atraksi Pantai Balangan

Tempat Wisata di Pantai BalanganSumber gambar: Google Maps Pavel Maksin

Dari pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan laut biru sambil mengamati aktivitas di Bandara Internasional Ngurah Rai dari kejauhan. Di bagian timur pantai ini dibatasi oleh tebing-tebing tinggi dengan lekukan-lekukan akibat tergerus ombak. Di sebelah barat berbatasan dengan tebing tinggi dengan rerumputan hijau dan deretan pohon kelapa yang indah.

1. Memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya

Meski namanya belum begitu dikenal masyarakat umum, namun pantai tersembunyi ini memiliki keunikan yang tidak ditemukan di banyak pantai lainnya. Warna pasir pantainya tidak hanya putih, melainkan putih kecoklatan dan bercampur pasir hitam di beberapa tempat. Tekstur batu apek hijau dan coklat di pantai ini juga terlihat sangat unik.

Di beberapa tempat di pantai Balangan, terdapat spot-spot kosong berisi air jernih yang menjebak banyak ikan di ruang tersebut. Di sini Anda tidak hanya bisa bermain air pantai, tetapi juga bermain bebas dengan ikan-ikan tersebut.

Tempat favorit kedua peselancar kelas dunia

Pesona keindahan pantai ini masih sangat alami. Para peselancar kelas dunia menjadikan pantai ini sebagai tempat favorit karena pantai ini memiliki ombak yang besar, tinggi dan panjang. Karena ombaknya tergolong berbahaya dan menantang, para pemula disarankan untuk tidak berselancar di pantai ini.

Pantai ini merupakan salah satu spot surfing terbaik di pulau Bali. Pada bulan-bulan tertentu saat ombak laut sedang besar, banyak peselancar kelas dunia yang berduyun-duyun ke sini. Pantai ini juga dikenal sebagai tuan rumah kompetisi selancar kelas dunia karena ombaknya yang menantang.

3. Menawarkan panorama alam yang romantis

Panorama alam yang ditawarkan pantai ini sangat indah, terutama saat senja. Bagi Anda yang suka mengejar sunset, pantai ini adalah tempatnya. Suasana senja dengan sentuhan warna langit yang indah ditambah dengan semilir angin yang sejuk dan suara deburan ombak yang tenang membuat pantai ini terkesan semakin eksotis dan romantis.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Balangan

Lokasi Pantai BalanganKredit foto: Instagram Eko Wibowo, RFP

Pantai yang diiklankan sebagai Surga Tersembunyi Jaraknya sekitar 20 kilometer dari kawasan desa wisata Kuta. Destinasi wisata ini terletak di Desa Uluwatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Akses menuju pantai ini cukup mudah karena pemerintah setempat telah memperbaiki beberapa titik jalan yang rusak.

Ada banyak penginapan yang bisa Anda pilih untuk menuju ke tempat ini. Anda dapat menyewa sepeda motor atau mobil atau naik taksi. Namun, disarankan untuk menyewa mobil dengan sopir atau menggunakan taksi agar Anda tidak kesulitan mencari tempat dan tidak tersesat di sepanjang jalan.

Dibutuhkan waktu sekitar 30-55 menit berkendara untuk sampai ke lokasi dengan kendaraan roda 2 atau roda 4 jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Jarak antara Bandara Ngurah Rai dan pantai ini hanya sekitar 15 kilometer. Rute terbaik adalah melalui Jl. I Gusti Ngurai Rai – Jl. Raya Uluwatu Jimbaran-Jl. Pantai Balangan.

Jika Anda berangkat dari Kota Denpasar, jarak tempuh menuju pantai ini sekitar 45 menit. Rute terbaik yang bisa Anda tempuh dari Kota Denpasar untuk menuju tempat tersebut adalah keluar dari Denpasar menuju Jalan Teuku Umar – Jalan Imam Bonjol – Jalan Sunsed Road – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jl. Uluwatu II – Jl. Raya Uluwatu-Jl. Pantai Balangan.

Tiket Masuk Bali Balangan Beach Tour

Harga tiket Pantai Balangan BaliSumber gambar: Google Maps Yuda Satrio

Anda yang menginginkan suasana pantai yang menenangkan bisa mencoba mengunjungi pantai ini tanpa khawatir dengan jam operasional. Pantai ini dibuka untuk umum 24 jam setiap hari dan tidak membebani wisatawan yang ingin mengunjunginya karena tiket masuk wisata ini hanya dipatok Rp 5.000 per orang.

Jika Anda mengunjungi pantai ini dengan kendaraan roda dua, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000. Jika Anda menggunakan kendaraan roda 4, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Jika anda mengunjungi pantai ini dengan menggunakan taksi anda akan membutuhkan budget sekitar Rp 200.000 berangkat dari Bandara Ngurah Rai.

Harga sewa motor di sekitar pulau Bali berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 100.000 per hari. Kemudian harga sewa rental mobil Avanza tanpa sopir sekitar Rp 225.000-250.000 per hari sedangkan dengan sopir sekitar Rp 500.000 per 10 jam. Lebih nyaman jika Anda menyewa pada saat yang sama dengan sopir yang tahu rute ke situs dengan sangat baik.

Kursi berjemur dan tenda payung juga disediakan di pantai ini. Jika Anda tertarik, Anda bisa menyiapkan budget Rp 50.000 per kursi untuk menyewa kursi berjemur untuk digunakan seharian. Jika Anda ingin menyewa payung tenda agar tidak kepanasan, Anda bisa menyiapkan budget Rp 50.000 per payung untuk dipakai seharian.

Aktivitas menarik di pantai Balangan

Aktivitas di Pantai BalanganSumber gambar: Twitter #COYG

1. Menunggu sunset dari spot terbaik

Di pantai ini, Anda bisa melihat dari kejauhan bagaimana aktivitas di kawasan Bandara Ngurah Rai hilir mudik. Di pagi hari, Anda juga bisa menyaksikan aktivitas bongkar muat ikan hasil tangkapan perahu nelayan di Pantai Kedonganan.

Aktivitas yang paling menarik adalah menunggu matahari terbenam dari spot terbaik di area pantai. Tempat terbaik di pantai ini adalah di tebing barat karena sunset terlihat sangat indah dari sana. Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini pada sore hari karena ingin melihat keindahan matahari terbenam dari pantai yang merupakan “surga tersembunyi” Bali.

2. Bermain selancar

Bagi Anda yang sangat jago berselancar, Pantai Balangan adalah tempat yang tepat untuk memanjakan hobi berselancar Anda. Peselancar asing, khususnya Australia, sering mengunjungi pantai ini hanya untuk bermain selancar. Peselancar asing sangat nyaman menaklukkan ombak dengan papan selancar mereka dari pagi hingga malam.

3. Berjemur di pantai

Jika Anda tidak ingin berselancar, Anda dapat menyewa kursi berjemur dan tenda payung seharga Rp 100.000 sehingga Anda dapat berjemur di pantai sepanjang hari. Sambil berjemur Anda bisa menyaksikan anak-anak Anda bermain air dan bermain pasir di tepi pantai.

4. Nikmati masakan pesisir

Tidak perlu khawatir jika Anda lapar atau haus karena ada kafe yang dikelola oleh penduduk setempat di sekitar pantai. Menu khas pantai sangat bervariasi. Jangan lupa untuk memesan es krim kelapa muda, karena minuman ini menjadi pilihan populer bagi wisatawan untuk menghilangkan dahaga dan menyegarkan Anda.

5. Lakukan pemotretan pre-wedding

Bagi Anda yang berencana untuk menikah dan sedang mencari lokasi pemotretan prewedding, Anda bisa memilih pantai populer ini karena romantisme yang ditawarkan pantai ini tidak ada duanya. Setiap hari selalu ada fotografer yang sibuk memotret pasangan yang sedang melakukan momen menjelang pernikahan.

6. Ikuti yoga

Anda yang mendambakan tubuh ideal dan sehat dapat mencoba olahraga relaksasi di Yoga Studio. Olahraga ini banyak diikuti oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Aktivitas yoga di sini sangat menarik karena didukung dengan pemandangan matahari terbenam yang indah.

Akomodasi murah dekat Pantai Balangan

Akomodasi di Pantai BalanganKredit foto: Google Maps Ferdinand Leonidas

1. X2 Bali Breakers Resort

Hotel bintang 5 di Jl. Pantai Balangan mengusung konsep super mewah. Tarif kamar per malam mulai dari Rp 2.899.916 sudah termasuk pajak. Meski cukup mahal, Anda akan disuguhi berbagai fasilitas yang sangat lengkap. Perlengkapan super lengkap sangat serasi dengan harga kamar yang ditawarkan per malam.

2. Kamar Balangan Tepi Pantai

Anda bisa memilih penginapan ini jika ingin pemandangan pantai langsung dari jendela kamar tidur Anda. Penginapan ini hanya berjarak 43 meter dari pantai. Meski sangat dekat dengan pantai, fasilitas yang cukup lengkap Anda dapatkan di penginapan ini.

3. Villa Tepi Tebing Nakar

Jika Anda ingin tinggal di tempat khusus untuk Anda dan keluarga, Anda bisa memilih vila ini. Perlengkapan villa ini lengkap dan modern. Lokasinya hanya 195 meter dari bibir pantai. Anda hanya perlu 3-5 menit berjalan kaki ke pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Balangan Bali

Fasilitas Pantai Balangan BaliKredit foto: Google Maps Bram Smart Relax bali

Pantai ini mungkin tersembunyi, namun fasilitasnya cukup lengkap sehingga wisatawan, terutama wisatawan asing, tidak pernah bosan datang ke sini. Fasilitas mulai dari pos penjagaan pantai, toilet, studio yoga, kafe hingga tempat relaksasi berupa kursi berjemur dengan payung tenda tersedia. Akomodasi di sekitar pantai juga umum.

Surga Tersembunyi Di Bali, tidak pernah gagal memukau wisatawan dengan keindahannya. Suasananya yang tenang dan menenangkan akan membuat Anda jatuh cinta pada pandangan pertama. Apalagi ditambah dengan fasilitas yang cukup lengkap, Anda tidak akan pernah berpaling dari pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button