Tempat Wisata

Pantai Sanggar Tulungagung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiketPantai Studiosalah satu pantai eksotis dan tersembunyi di Tulungagung menarik untuk dijelajahi. Pantai berpasir putih yang menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Jengglungharjo, Kec. Gunung Tanggung, Kab.Tulungagung, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Berbatasan dengan Samudera Hindia, menjadikan Tulungagung salah satu daerah dengan banyak wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Sangar. Begitu indahnya panorama yang disuguhkan, sampai dengan julukannya “Tanah Impian Tulungagung” disematkan oleh wisatawan.

Terletak di pesisir selatan, pantai-pantai di kawasan ini identik dengan ombak besar. Begitu juga dengan pantai yang eksotis ini. Fenomena ombak tinggi yang menabrak karang menjadi salah satu pemandangan yang ditunggu pengunjung wisata pantai ini.

Pantai ini memang menjadi tempat wisata baru. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana tidak terlalu besar. Oleh karena itu, kawasan Pantai Sanggar masih sangat bersih dan dihiasi pasir putih.

Tempat wisata yang dimiliki oleh Pantai Sanggar

Pemandangan di Pantai SangarSumber Gambar: Google Maps Savira Yulia

1. Gelombang besar dan gugusan karang

Sebagai salah satu wisata pantai selatan, wisata laut ini secara alami memiliki ombak yang besar dan menjulang tinggi. Ini telah menjadi fitur dari wilayah pantai selatan. Deburan ombak yang begitu besar begitu serasi, berdampingan dengan bebatuan karang yang berdiri kokoh siap memecah ombak yang memecah.

Pemandangan deburan ombak yang menghantam karang menjadi salah satu favorit pengunjung di sana. Datangnya ombak yang menjulang tinggi membawa rasa heran sekaligus teror.

angka ke-2 matahari terbit dan matahari terbenam Si Cantik

Semua orang tahu bahwa pantai adalah tempat yang tepat untuk mencari momen matahari terbit dan juga matahari terbenam. Sama seperti Pantai Sanggar, wisatawan yang berkunjung tidak akan melewatkan pemandangan sunset yang indah dan romantis.

Untuk mendapatkan momen matahari terbit Di pantai ini, pengunjung bisa mendirikan tenda atau mendirikan tenda Berkemah. Jangan lupa bawa kamera atau ponsel pintar Anda untuk mengabadikannya. Saat fajar menyingsing, Anda bisa melihat cahaya keemasan yang indah menghalau kegelapan sisa langit malam.

3. Area pantai yang bagus dan bersih

Pantai Sanggar relatif baru dan hampir tak terjamah. Belum terlalu banyak wisatawan domestik yang mengunjunginya, apalagi wisatawan mancanegara. Karena tidak terlalu banyak pengunjung, kawasan pantai ini masih bersih, bebas dari sampah dan kotoran.

Suasana pantai yang sejuk dan tenang cukup menghadirkan rasa nyaman bagi wisatawan yang ingin bersantai. Laut biru jernih dengan ombak besar dan bebatuan karang siap memanjakan mata Anda. Selain itu, perbukitan hijau di sisi-sisinya dan tebing-tebing di tempat wisata menambah indah pemandangan yang disuguhkan.

4. Bulu babi dan ikan hias di antara bebatuan

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai SanggarSumber gambar: Google Maps Bieng Soecahya

Ombak besar di pantai ini biasanya mulai surut setelah pukul 12 siang. Saat air surut Anda bisa melihat ikan hias kecil bersembunyi atau terperangkap di antara bebatuan. Anda juga dapat menemukan bulu babi di sana.

Banyaknya ikan yang tertangkap di sela-sela bebatuan menjadikan kawasan ini salah satu spot paling populer bagi pengunjung yang hobi memancing.

5. Perkemahan Terbaik

Area pantainya cukup luas dan pengunjungnya sedikit, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berkemah atau camping Berkemah. Aktivitas seru di ambang liburan yang memungkinkan Anda menyatu dengan alam tanpa harus mengganggu lingkungan sekitar.

Bagi pengunjung yang memutuskan untuk berkemah di pantai ini, jika perlu bisa menyiapkan senter atau lampu portable untuk penerangan. Karena wilayah pesisir belum tersentuh listrik.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Sanggar

Alamat Pantai SangarKredit foto: Google Maps sobo kuto

Pantai Sanggar terletak di daerah pegunungan Kecamatan Tanggung Jawab Gunung dan termasuk dalam Kabupaten Tulungagung di Provinsi Jawa Timur. Berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota, dibutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam untuk sampai ke sana. Hal ini dipengaruhi oleh kecepatan berkendara dan akses jalan menuju pantai yang cukup sulit.

Untuk mengetahui rute mana yang harus diambil untuk sampai ke kota pantai ini, Anda dapat meminta bantuan aplikasi panduan perjalanan atau bertanya kepada masyarakat setempat. Jalur yang perlu Anda ambil dari pusat kota dimulai dari arah Pantai Popoh. Kemudian ambil arah ke Pasar Tanggunggunung, terus ke desa terakhir yang ada gerbang untuk masuk ke Pantai Sanggar. Anda harus masuk kembali sampai menemukan mushola di sisi kanan jalan. Di sana gang mengarah ke lokasi pantai.

Jalan menuju pantai ini sempit dan curam, hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua. Sebenarnya ada tiga pilihan: Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua Anda sendiri untuk sampai ke tempat tersebut, atau meninggalkannya di rumah penduduk setempat dan menggunakan jasa Ojek untuk sampai ke tempat tujuan Anda. Pilihan ketiga dan paling tidak disukai adalah melanjutkan dengan berjalan kaki.

Saat dibuka, pantai ini digratiskan untuk pengunjung. Namun jika jumlah pengunjung bertambah maka pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000/orang hari dalam seminggu dan Rp 8.000,00/orang jika akhir pekan dan musim liburan.

Selain tiket masuk, wisatawan yang datang akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000 saat kendaraan dibawa ke tempat pantai. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil dan menitipkannya pada warga biasanya ada deposit sebesar Rp 10.000 atau Rp 15.000 tergantung kesepakatan.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sanggar

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai SangarSumber gambar: Google Maps Nabil Ardi

1. Berkemah di sekitar pantai

Pengunjung tidak hanya bisa bersantai dan menikmati keindahan pemandangan pantai, tapi juga camping atau berkemah berkemah. Kegiatan camping ini bisa dilakukan dengan nyaman karena pengunjung tidak terlalu ramai.

Namun, para pekemah harus berhati-hati dengan keselamatan dengan tidak mendirikan tenda terlalu dekat dengan pantai. Hal ini untuk menghindari terjangan ombak di malam hari.

2. Ambil foto dan buat konten video

Pantai Sanggar memiliki banyak tempat menarik di mana Anda bisa berfoto untuk mengabadikan momen liburan Anda. Selain mengambil foto, Anda juga bisa membuat video bertema liburan atau pariwisata untuk dijadikan konten media sosial.

Beberapa spot menarik tersebut adalah tebing-tebing di ujung pantai, saat matahari terbenam, saat matahari terbit, dengan latar belakang ombak yang menerjang bebatuan dan gubuk di sepanjang pantai yang teduh, cocok untuk menikmati es krim kelapa.

3. Bermain pasir

Sebagai salah satu pantai selatan dengan ombak besar dan angin kencang, wisata pantai ini tidak direkomendasikan untuk aktivitas berenang. Sebagai gantinya, Anda bisa menghabiskan waktu bermain di pasir putih, halus dan bersih. Kegiatan yang menyenangkan tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa.

Jika Anda bosan membangun istana pasir atau mengukir kata di pasir, Anda bisa mencoba permainan celup pasir. Namun, Anda harus agak jauh dari pantai. Untuk berjaga-jaga jika gelombang besar datang.

4. Memancing

Bagi yang hobi memancing, tempat ini bisa menjadi pilihan Anda. Ada banyak ikan yang tertangkap di antara karang dan bersembunyi saat air laut sedikit surut. Anda bisa menggunakan tempat ini untuk menyalurkan hobi memancing Anda. Namun, Anda harus berhati-hati dan waspada. Karena selain keberadaan bulu babi di sekitar lokasi, kemungkinan juga akan terjadi gelombang besar yang tiba-tiba.

Biasanya air laut mulai surut pada pukul 12 siang ke atas. Inilah saat yang tepat bagi para pemancing untuk memasang umpan. Menunggu ikan memakan umpan sambil duduk di atas karang dan merasakan sejuknya angin dan cipratan air laut yang segar.

5. Nikmati panorama alam

Area pantainya cukup luas dan memberi Anda ruang untuk menikmati pemandangan sambil berjalan di sepanjang pantai. Jika Anda tidak ingin berjalan-jalan, Anda dapat bersantai di pantai pasir putih atau duduk di gubuk tepi pantai dan menikmati hidangan yang tersedia dari kios-kios di sekitarnya.

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih menantang Anda bisa mencoba mendaki ke puncak tebing di ujung pantai. Anda dapat melihat dari sana lanskap Secara keseluruhan pantai yang bagus. Jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera atau smartphone Anda.

Akomodasi murah dekat Pantai Sanggar

Akomodasi murah dekat Pantai SanggarSumber Gambar: Google Maps Kukuh Setiawan Arif

1. Tetap di rumah di Agbil

Penginapan ini terletak sekitar 18,01 kilometer dari Pantai Sanggar Tulungagung di Jalan Pantai Karanggongso Prigi, Kabupaten Trenggalek. Harga sewa per kamar mulai dari Rp 131.403,00/malam sudah bisa dibeli pemesanan melalui Internet. Fasilitas yang tersedia antara lain resepsionis 24 jam, parkir, layanan kebersihan dan layanan wifi gratis.

Homestay bertema klasik memberikan kesan hangat dengan suasana rumah berdinding yang stylish belum selesai dan mebel kayu. Liburan Anda akan lebih menyenangkan dengan suasana yang hangat di penginapan tempat Anda bisa beristirahat.

2. Hotel Mulya Jaya

Terletak di Jalan Blitar, Ngunut, Tulungagung, hotel ini berjarak 24,37 kilometer dari Wisata Pantai Sanggar. Harga yang ditawarkan untuk setiap kamar cukup murah, mulai dari Rp 122.091,00/malam dengan fasilitas Akses Internet nirkabel parkir gratis, TV berbayar di setiap kamar dan layanan kebersihan. Cocok untuk anda yang ingin pergi berlibur anggaran yang rendah. Selain murah dan bersih, stafnya juga ramah.

3. Hotel Mahkota Victoria

Salah satu hotel terbaik di Tulungagung terletak 24,88 kilometer dari Pantai Sanggar di Jalan S. Supriadi Tulungagung. Tarif sewa kamar sedikit lebih mahal yaitu Rp 448.485,00/malam. Namun fasilitas yang ditawarkan juga tidak main-main, seperti pusat kebugaran, minibar, dan kolam renang wifi gratisLayanan parkir dan kebersihan.

Hotel bernuansa emas ini begitu elegan dan modern. Dipasangkan dengan lampu hias yang digantung memanjang di setiap sisi hotel, menambah keindahan malamnya. Di pagi hari Anda dapat menikmati pandangan Gunung Budheg, yang tidak jauh dari sana. Hotel ini sangat mementingkan kenyamanan dan kepuasan semua pengunjung yang datang dan menginap disini.

Fasilitas di Pantai Sanggar Tulungagung

Fasilitas Pantai Studio TulungagungSumber gambar: Google Maps Arif Usman

Fasilitas di pantai ini tidak terlalu lengkap. Kawasan wisata ini juga belum teraliri listrik. Akses jalan menuju pantai ini juga belum sepenuhnya beraspal, sehingga menikmati pesona pantainya menjadi repot. Pedagang menggunakan genset sebagai sumber energi untuk menggunakan peralatan listrik yang dibutuhkan.

Namun fasilitas umum dasar seperti toilet, warung makan dan tempat parkir sudah tersedia dan cukup membantu pengunjung dalam menjelajahi pantai yang eksotis ini.

Demikian ulasan tentang Pantai Sanggar di Tulungagung. Tertarik untuk berkunjung? Pastikan Anda mempersiapkan semuanya dengan baik, seperti B. Persediaan bahan makanan, obat-obatan dan pakaian ganti untuk kenyamanan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button