Berita Wisata

Keindahan Pantai Amed dan Tempat Menyelam Favorit

Bali memiliki banyak tempat wisata, salah satu yang paling terkenal adalah pantainya. Maka tidak heran jika Pulau Dewata banyak dijadikan sebagai destinasi wisata baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Nah, tahukah Anda bahwa ada pantai yang menawarkan keindahan namun belum banyak dikunjungi orang? Pantai itu bernama Amed. Memang pantai ini tidak setenar pantai Kuta, Pandawa atau Sanur, namun pantai Amed menawarkan keindahan dan menjadi spot favorit untuk snorkeling.

Lantas, apa saja daya tarik pantai Amed selain menawarkan pemandangan yang indah? Lalu bagaimana menuju ke pantai Amed? Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini yuk detikers.

Lokasi Pantai Amed

Dilansir dari situs Disbudpar Karangasem, Pantai Amed terletak di kawasan timur Bali, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Jika Anda ingin menuju pantai Amed dari kota Amlapura, dibutuhkan waktu sekitar 30-40 menit dengan mobil. Jika Anda menuju pantai Amed dari kota Denpasar, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan mobil.

Aktivitas Pantai Amed

Sama seperti puluhan pantai lainnya di Bali, Pantai Amed juga menawarkan pemandangan yang indah dan air laut yang biru. Tapi bukan itu saja, masih ada sejumlah tempat wisata pantai Amed lainnya yang wajib kamu coba. Apa pun? Lihat di bawah ini.

1. Tempat menyelam favorit

Perairan Laut Amed terkenal dengan keindahan bawah lautnya karena terjaga dengan baik. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang pergi ke pantai Amed untuk melihat keindahan terumbu karang.

Oh ya, saat menyelam di pantai Amed, jangan lupa untuk melihat kerangka kapal patroli Jepang yang tenggelam sejak Perang Dunia II. Lokasi bangkai kapal ini juga menjadi spot yang menarik bagi wisatawan saat menyelam di pantai Amed.

2. Sempurna untuk bersantai

Selain itu, pantai Amed cenderung lebih sepi karena wisatawan jarang mau ke sana. Oleh karena itu, wisatawan yang datang ke Pantai Amed biasanya untuk menyelam atau sekedar bersantai sambil menikmati suasana tenang yang sulit ditemui saat mengunjungi sejumlah pantai populer di Pulau Dewata Amed.

Kegiatan menarik di pantai Amed

Jika Anda berkunjung ke Pantai Amed, jangan lewatkan kesempatan ini untuk melakukan beberapa aktivitas seru. Dilansir dari website Disbudpar Karangasem, berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai Amed.

1. Menyelam

Pantai Amed terkenal sebagai tempat menyelam favorit karena menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Jika Anda tidak tahu cara menyelam, jangan khawatir karena di sekitar pantai terdapat sejumlah instruktur menyelam yang bisa mengajari Anda cara menyelam.

2. Kunjungi Desa Amed

Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah desa bernama desa Amed. Anda dapat mengunjungi desa Amed dan melihat aktivitas sehari-hari penduduk setempat yang biasanya berprofesi sebagai nelayan, penggembala, dan penghasil garam.

3. Bersantai di pantai

Jika Anda hanya ingin menikmati indahnya pemandangan alam Pantai Amed, Anda bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati semilir angin. Hati-hati, Pantai Amed cukup jarang dikunjungi wisatawan sehingga kondisinya lebih damai dan kondusif untuk relaksasi.

4. Wisata Kuliner Lokal

Di sekitar Pantai Amed, banyak restoran yang menawarkan makanan khas Bali. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mencicipi beberapa masakan tradisional dengan cita rasa yang lezat.

Tempat menyelam favorit di pantai Amed

Ada sejumlah tempat menyelam favorit di Pantai Amed yang bisa Anda kunjungi. Dijelaskan dalam buku Bali The Island of Beauty karya Rijal Fahmi Mohamadi, berikut sejumlah lokasi menyelam favorit wisatawan.

1. Dekat pantai

Sejumlah lokasi penyelaman favorit wisatawan terletak hanya beberapa meter dari pantai. Jadi, Anda cukup berenang dengan snorkel saja dan Anda sudah bisa melihat keindahan terumbu karangnya.

2. Kapal Karam

Tempat menyelam favorit para wisatawan adalah di atas kapal patroli Jepang yang tenggelam sejak Perang Dunia II. Lokasinya di Banyuning, melihat bangkai kapal cukup mudah karena hanya berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai, kemudian kedalamannya sekitar 2 meter.

Selain itu, situs menyelam di sekitar bangkai kapal juga menawarkan ikan yang lebih baik daripada situs menyelam di tempat lain. Sejumlah hewan laut yang mungkin Anda lihat saat menyelam adalah penyu, ikan pari, dan hiu karang.

Sedikit informasi, detikers, hindari menyelam di musim hujan karena visibilitas bawah laut akan sangat buruk. Kemudian suhu air pada musim hujan cenderung lebih dingin dibandingkan pada musim panas.

Waktu terbaik untuk menyelam adalah di pagi hari hingga siang hari. Memang, angin pagi umumnya lebih tenang dan arus laut tidak terlalu kuat.

Cara Menuju Pantai Amed

Dikutip detikTravel, ada banyak cara untuk menuju pantai Amed. Anda bisa menggunakan sepeda motor, mobil atau angkutan umum.

Jika Anda mengendarai mobil, akan memakan waktu sekitar 2,5 jam dari kota Denpasar untuk mencapai pantai Amed. Sementara itu, perjalanan dengan sepeda motor membutuhkan waktu yang hampir sama dengan mengendarai mobil karena menempuh rute yang sama.

Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik bus dari Terminal Batubulan ke Amlapura dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Begitu sampai di Amlapura, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bemo selama kurang lebih 30 menit untuk sampai di pantai Amed. Namun perlu diingat bahwa bemo yang menuju pantai Amed atau sebaliknya hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu saja.

Itulah tadi penjelasan mengenai pantai Amed dan atraksinya, aktivitas menarik, tempat menyelam favorit dan cara menuju kesana. Jadi, berlibur ke Bali, sempatkan untuk pergi ke pantai Amed untuk mengagumi keindahan terumbu karangnya!

Saksikan Video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Kuliner Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(si/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button