Tempat Wisata

10 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Semarang yang Hits & Instagramable

Tempat wisata di ketinggian semarang – Semarang merupakan kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk ditawarkan. Semarang tidak hanya terkenal dengan objek wisatanya seperti Ambarawa dan Lawang Sewu, tetapi juga memiliki banyak objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa di atas ketinggian.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa tempat wisata di ketinggian semarang untuk referensi jika anda memang ingin mengisi liburan anda dengan suasana yang berbeda dan lebih tenang.

Rekomendasi tempat wisata di ketinggian semarang

Apa saja tempat wisata tersebut? Untuk lebih jelasnya, berikut Rekomendasi Wisataseru.com untuk Anda. Dan inilah beberapa Tempat wisata di ketinggian semarang yang bisa dikunjungi :

1. Bukit Diponegoro, Semarang

Bukit Diponegoro Semarang via Instagram @maulana.fitri_Bukit Diponegoro Semarang via Instagram @maulana.fitri_

Yang pertama adalah Bukit Diponegoro, pada dasarnya Bukit Diponegoro adalah sebuah lapangan yang digunakan sebagai tempat latihan para prajurit yang berada di Kawasan Universitas Diponegoro, Tembalang, Semarang.

Untuk menuju lokasi Bukit Diponegoro sendiri bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi, namun lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk akses jalannya sendiri bisa dikatakan cukup mulus dan nyaman. Dan selama ini kunjungan tempat tersebut belum dikenakan biaya sehingga anda bisa mengunjunginya.

Kunjungi juga: 62 tempat pertemuan di Semarang

2. Kasus kembar

kasus kembarkasus kembar

Kemudian yang kedua Air Curug Kembar, salah satu tempat wisata di ketinggian Semarang, tempat wisata air terjun di Kecamatan Banyubiru Semarang dan sudah sangat terkenal.

Ketinggian air terjun sendiri 50 m, dan juga 70 m. Akses menuju tempat ini sendiri sangat mudah jika enzytravelers langsung dari pertigaan Kauman Banyubiru dan pada jarak sekitar 7 km pada kondisi jalan menanjak menuju Desa Wirogomo dapat menyetir. Dan harga tiket masuknya sendiri adalah Rp 4.000,-.

3. Gunung Kelir

Gunung Kelir - tempat wisata di ketinggian Semarang Gunung Kelir

Kemudian gunung yang ketiga adalah Kelir, lokasi objek wisata ini sendiri adalah Ambarawa, Semarang, situs ini menawarkan sensasi yang berbeda.

Dengan ketinggian situs 715 meter di atas permukaan laut dan kawasan hijau alam yang sangat menarik, tentu memanjakan setiap mata.

Selain itu, menara observasi juga menjadi ikon di tempat ini. untuk sampai ke tempat itu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

4. Gua Jepang Promasan

Goa Jepang PromasanGoa Jepang Promasan

Tempat wisata di Semarang yang keempat adalah Gua Jepang Promasan, salah satu gua yang menjadi peninggalan Jepang ketika menjajah Indonesia. Lorong di gua ini sendiri memiliki panjang 1,8 hingga 2 meter dan berbentuk L.

Anda membutuhkan cahaya dari lampu atau senter untuk menerangi gua. Dan untuk mencapai tempat itu sendiri, jika datang dari arah Semarang bisa melewati Pasar Jrakah – Boja, dan nanti setelah sampai di Taman Rejo.

Kemudian anda bisa menuju ke Medini yang jalannya berbatu, setelah itu ada petunjuk arah menuju goa jepang ini. Biaya masuk ke objek wisata ini adalah Rp 2.500,- per orang.

Periksa juga: 7 Tempat Wisata Paling Hits Untuk Keluarga di Semarang

5. Kebun Teh Medini

Kebun teh MadinahKebun teh Madinah

Kemudian Kebun Teh Medini yang kelima dimana terdapat hamparan pohon teh yang hijau dan udaranya sangat sejuk sehingga dapat menenangkan pikiran. Ketinggian lokasi ini sendiri adalah 1.500 DPL yang merupakan salah satu kawasan di Kendal.

Tidak mudah untuk mencapai tempat ini sendiri karena Anda membutuhkan truk standar dan bukan mobil mewah. Anda juga bisa menggunakan jip. Aksesnya sendiri melalui jalur Pasar Ungaran – Gunung Pati – Cangkringan.

Dan nantinya Anda akan melewati beberapa desa lain dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok. Dan nantinya Anda bisa merasakan sejuknya udara dari kebun teh tersebut. untuk harga tiket masuknya sendiri adalah Rp 2.500,-.

6. Gunung Telomoyo

Gunung TelomoyoGunung Telomoyo

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di ketinggian Semarang, seperti Gunung Telomoyo yang berada di ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut dan terletak di sebuah lembah yang terbentuk dari runtuhnya Gunung Suropati pada masa Pleistosen. Letaknya di sebelah utara Gunung Merbabu.

Untuk aksesnya sendiri bisa melalui kota Magelang dan ambil jalan ke Semarang, lalu belok kanan ke Secang, nanti bisa ikuti jalan ke Grabag dan ke timur menuju Ngablak sampai nanti sampai di desa Dalangan di kaki Gunung Telomoyo mencapai.

Tiket masuknya sendiri bisa dibilang gratis dan Anda hanya perlu membayar biaya parkir yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Periksa juga: 27 Kafe Paling Populer di Semarang

7. Rumah Pohon Kali Kulon

Rumah Pohon Kali Kulon via Instagram.com @penky_soeRumah Pohon Kali Kulon via Instagram.com @penky_soe

Lalu ada Rumah Pohon Kali Kulon di Desa Sepakung, Banyubiru, Semarang. Dibutuhkan sekitar 1 jam dari pusat kota Semarang hanya untuk sampai ke tempat ini.

Koneksi jalan sendiri cukup baik dan untuk menuju lokasi bisa bertanya kepada warga sekitar atau menggunakan google maps. Sebelumnya tidak ada tiket masuk, jadi Anda bisa mengunjunginya secara gratis.

8. Bukit Bantir Semarang

Bantir Hills Semarang - 10 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Semarang Hits & InstagramableBukit Bantir Semarang

Lalu ada Wisata Alam Perbukitan Bantir, salah satu tempat baru di Dusun Bantir, Losari, Sumowono, Semarang.

Dan tempatnya sendiri berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Jika Anda sudah berada di Kecamatan Sumowono, Anda bisa memperhatikan pinggir jalan nanti, karena ada petunjuk untuk menuju Bukit Bantir. Tiket masuknya Rp 6.000 dengan biaya parkir Rp 2.000.

9. Umbul Sidomukti

Tempat Wisata Umbul Sidomukti Semarang di Salatiga - 10 Tempat Wisata di Puncak Semarang Hits & InstagramableTempat Wisata Umbul Sidomukti di Semarang Dekat Salatiga

Ada juga Umbul Sidomukti, kolam renang puncak bukit yang terletak di Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang.

Untuk menuju tempat ini anda bisa berkendara dari Semarang menuju Solo dan belok kanan menuju Bandungan setelah sampai di SPBU Lemah Abang dan mendapatkan petunjuk arah ke tempat ini setelah sampai di pasar Jimbaran.

Harga tiketnya sendiri adalah Rp 5.000 pada hari Senin hingga Jumat dan Rp 10.000 pada akhir pekan.

Periksa juga: 19 kafe di Semarang

10. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo - 10 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Semarang Hits & InstagramableCandi Gedong Songo

Dan tempat wisata di ketinggian Semarang yang terakhir adalah Candi Gedong Songo, tempat ini sendiri berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, dan untuk menuju kesana anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari Ambarawa sedangkan dari Bandungan 10 menit.

Selain itu, terdapat layanan ojek di pintu masuk kawasan wisata. Tiket masuknya Rp 6.000 pada hari biasa dan Rp 7.500 pada hari Sabtu dan Minggu untuk penduduk domestik dan Rp 35.000 untuk turis asing.

Menyimpulkan

Wah, keren banget ya? Semarang memiliki begitu banyak potensi wisata dataran tinggi yang indah. Sangat direkomendasikan untuk dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama pasangan atau keluarga tercinta.

Semoga review rekomendasi Tempat wisata di ketinggian semarang Hal di atas bermanfaat bagi Anda dan bisa menjadi referensi untuk liburan akhir pekan Anda atau saat liburan berikutnya, ya silahkan tentukan dulu destinasi mana yang akan Anda kunjungi.

Kunjungi juga: Taman Watu Gajah Semarang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button