Tempat Wisata

Pulau Penyengat, pulau mungil nan eksotis penuh sejarah di Tanjungpinang

harga tiket: Rp 7.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sting, Kek. Kota Tanjung Pinang, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; map: Cek lokasi

Pulau Penyengat adalah salah satu pulau di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Keberadaan tempat itu mengungkapkan banyak peninggalan sejarah yang berharga. Seperti Masjid Agung Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, Makam Para Raja, Makam Pahlawan Raja Ali Haji dan lain sebagainya. Semua ini diurus, diurus dengan baik oleh pengelola fasilitas wisata.

Banyak wisatawan yang datang ke pulau indah di Tanjungpinang ini untuk dijadikan sebagai tempat belajar lebih jauh tentang sejarah peninggalan tersebut. Tak heran jika destinasi wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit para sejarawan dan wisatawan lainnya. Peninggalan sejarahnya cukup banyak membuat penasaran pengunjung.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, fasilitas dan akses menuju pulau ini sangat mudah karena tersedia. Di sana kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan saat berada di Pulau Penyengat. Semua fasilitas yang tersedia sangat nyaman, bersih dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan para wisatawan yang datang.

Daya tarik Pulau Menyengat

Atraksi Pulau MenyengatKredit foto: Instagram maskursav photoart

Para pengunjung yang datang berasal dari kalangan sejarawan dan masyarakat dari berbagai daerah hingga mancanegara. Tentu saja pulau ini menjadi tempat favorit para sejarawan. Wisatawan belajar tentang berbagai jenis peninggalan sejarah.

1. Bangunan bersejarah Masjid Agung Sultan Riau

Pulau Penyengat terkenal dengan salah satu peninggalan sejarahnya yaitu bangunan Masjid Agung Sultan Riau. Tempat ini dibangun oleh Sultan Mahmud pada tahun 1803 dan direnovasi oleh Raja Abdurrahman pada tahun 1832. Bangunan ini memiliki 4 pilar yang terbuat dari beton.

Berdasarkan cerita Masjid Agung Sultan Riau terbuat dari campuran putih telur, pasir, kapur dan tanah liat. Dengan keunikan cara masjid ini dibangun dan sejarah pembangunannya, tempat ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang penting dan menjadi daya tarik pulau cantik ini.

2. Masakan Melayu dari Pulau Penyengat

Objek wisata pulau ini memiliki menu makanan khas yang sangat enak dan lezat. Hidangan tersebut terdiri dari nasi yang dibumbui khusus dengan lauk daging yang dimasak dengan campuran kurma dan dilengkapi dengan timun kuning, pacri nanas dan ayam manis.

Minuman khusus makan-minum ini disebut minuman dohot. Minuman ini disajikan untuk menyegarkan tenggorokan agar tidak sakit tenggorokan. Tentu saja makanan dan minuman khas tempat wisata ini sangat menggiurkan bagi pengunjung dan menjadi salah satu daya tarik utama pulau ini.

3. Pakaian Adat Tanjungpinang

Tempat wisata ini tidak hanya dikenal dengan kulinernya yang lezat, tetapi juga memamerkan pakaian adatnya yang sangat indah dan cantik. Dengan kombinasi warna yaitu merah, kuning dan hijau, seolah mempertegas keindahan outfitnya. Maka tak heran jika busana bisa menjadi salah satu daya tarik destinasi pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PenyengatKredit foto: Google Maps Vityaksono Thomas

Pulau Penyengat Tanjungpinang merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu diminati oleh para wisatawan dan sejarawan dari berbagai daerah atau negara. Lokasinya sekitar 15 menit atau 2km dari pusat kota Tanjungpinang di Kepulauan Riau. Akses menuju lokasi pulau ini sangat mudah karena tersedia transportasi air atau yang dikenal dengan pompong.

Akses menuju lokasi Jakarta menuju Tanjungpinang menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Raja Haji Fisabillah dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Sedangkan dari Batam menuju Tanjungpinang, Anda bisa naik perahu dari Telaga Punggur menuju Sri Bintan Pura yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau PenyengatKredit foto: Instagram Feddri Bonco

Bagi Anda yang ingin memasuki destinasi wisata ini, Anda akan dikenakan biaya untuk menyeberang ke Pulau Penyengat Tanjungpinang. Anda hanya akan dikenakan biaya transportasi menuju destinasi wisata pulau tersebut. Harga perjalanan tergantung pada jumlah yang disepakati antara pemilik kapal dan pengunjung.

Jadi bagi anda yang ingin menyewa bisa bernegosiasi terlebih dahulu. Sehingga pengunjung dapat melanjutkan perjalanan atau liburan dengan budget yang dimiliki.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Penyengat

Aktivitas di Pulau PenyengatKredit foto: Instagram Lily Khanna

1. Jelajahi Masjid Agung Sultan Riau

Wisata bahari ini memiliki bangunan bersejarah salah satunya Masjid Agung Sultan Riau. Bangunan ini didirikan oleh Sultan Mahmud pada tahun 1803 dan direnovasi oleh Raja Abdurrahman pada tahun 1832. Begitu masuk ke dalam masjid ini, Anda bisa menjelajahinya atau berkeliling untuk melihat isi di dalamnya.

Wisatawan yang datang ke Pulau Penyengat diharuskan berpakaian sopan. Wanita harus menggunakan kerudung yang bisa menutupi rambut. Bangunan masjid ini memiliki peraturan bagi pengunjung yang isinya tidak boleh difoto di dalam.

Hal itu dibuat oleh pengelola dengan tujuan agar tidak mengganggu masyarakat yang sedang salat disana. Aktivitas menjelajah atau berjalan kaki di masjid ini juga bisa menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di gedung ini. Maka tidak sombong jika tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang penasaran dengan peninggalan sejarahnya.

2. Ambil foto Ria

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi objek wisata ini adalah fotografi. Di sana Anda bisa mengabadikan momen Anda dengan berfoto di berbagai peninggalan sejarah yang cukup unik dan khas. Tentunya hasil foto-foto tersebut dapat memberikan kesan dan mengingatkan Anda bahwa Anda pernah mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut di masa lalu.

Tidak hanya bisa berfoto dengan peninggalan sejarah, anda juga bisa mengabadikan momen anda menghadap ke laut di depan pulau ini. Latar belakang yang eksotis membuat subjek foto yang diambil lebih menonjol dan terlihat menarik.

Jadi sayang sekali jika tidak mengabadikannya dan memiliki kenangan berharga dari suatu tempat yang dikunjunginya. Oleh karena itu, banyak orang memanfaatkannya untuk bertemu untuk foto-foto ria saat berada di objek wisata Pulau Penyengat.

3. Belajar tentang peninggalan sejarah

Destinasi wisata yang indah ini terkenal dengan berbagai peninggalan sejarah yang cukup banyak dan lengkap. Selain berwisata, institusi pendidikan yang menarik juga bisa digunakan di sini.

Maka tidak heran jika banyak pengunjung atau wisatawan dan sejarawan datang untuk melihat dan mempelajari peninggalan sejarah tersebut. Ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di sana.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di sekitar pulau PenyengatKredit foto: Google Maps Zadin M

1. Panorama hotel

Lokasi penginapan ini menawarkan kamar yang cukup luas, mewah, bersih dan tentunya nyaman untuk digunakan. Fasilitas yang ditawarkan beragam, seperti WiFi, parkir, AC, resepsionis 24 jam dan restoran, serta harga yang cukup terjangkau bagi wisatawan. Tempat ini terletak di kawasan Tanjungpinang bagian barat, Provinsi Kepulauan Riau.

2. Panorama Hotel Tanjungpinang

Akomodasi kedua ini bernama Panorama Hotel Tanjungpinang dan letaknya tidak jauh dari akomodasi pertama. Lokasi ini juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, bersih dan nyaman. Jadi siapapun yang ingin menginap di sini bisa menikmatinya dengan lebih nyaman.

3. Hotel Futuria

Akomodasi terdekat di sekitar destinasi wisata pulau ini adalah Hotel Futuria. Lokasi ini menawarkan berbagai fasilitas seperti AC, lift, restoran, resepsionis 24 jam dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, harga sewa hotel ini cukup terjangkau di kalangan wisatawan. Sehingga Anda bisa menikmatinya dengan nyaman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau PenyengatKredit foto: Google Maps Effendi Tokbond

Menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal dan bersejarah di Kepulauan Riau atau hanya di dekat kota Tanjungpinang, tentunya keberadaan fasilitas bagi wisatawan sangat penting dan diperlukan. Oleh karena itu pihak pengelola dan masyarakat Pulau Penyengat menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan dapat digunakan untuk pengunjung.

Fasilitas penunjang terdiri dari persewaan kapal dan lainnya. Semua fasilitas yang tersedia, disediakan dengan keamanan dan kenyamanan dan dirawat oleh pengelola. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau di kantong.

Fasilitas penunjang, tempat ibadah, rumah makan, sarana transportasi air bagi wisatawan, akomodasi mudah ditemukan di sekitar destinasi wisata ini. Jadikan para pengunjung menikmati perjalanan ke tempat-tempat wisata tersebut dengan cara yang lebih nyaman dan berkesan.

Ini adalah beberapa atraksi, fasilitas dan rute menuju kawasan wisata Pulau Penyengat Tanjungpinang. Sarana dan prasarana objek wisata ini tentunya sangat lengkap, sehingga wisatawan yang datang bisa berlibur dan menikmati pulau dengan asyik, seru dan lebih menyenangkan. Tentunya dapat membuat liburan atau momen liburan Anda menjadi tak terlupakan sepanjang masa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button