Berita Wisata

Nikmatnya main basah-basahan di objek wisata Bandung Timur

Saat hendak berwisata ke Bandung, wisatawan lokal atau wisatawan luar kota terkadang bingung. Kemana kamu pergi, ya? Bukan tanpa alasan, Bandung utara, timur, selatan, barat hampir dikelilingi oleh berbagai objek wisata, sehingga wisatawan terkadang kesulitan untuk menentukan tempat wisata. Satu-satunya cara adalah dengan mengklik informasi wisata, seperti ini di wisatabdg.com.

Ya, pemilihan tempat wisata memang sewenang-wenang, tidak bisa dipaksakan. Ada wisatawan yang menyukai wisata alam yang tidak begitu ramai, seperti danau, sungai, air terjun, telaga, kolam alam/buatan dan bendungan. Terlepas dari tujuan dan daya tarik wisata, yang terpenting bagi wisatawan adalah merasa kenyang, segar, dan rileks setelah piknik.

Nah, bagi Anda yang suka bermain tempat wisata, kawasan wisata Bandung Timur ini memiliki sejumlah tempat wisata air. Merupakan objek wisata bahari di wilayah timur Bandung.

Sumber: www.desawisatacikadut.com
Sumber: www.desawisatacikadut.com
Air Terjun Batu Templek

1. Air Terjun Templek Batu

Sebelum dikenal dengan nama air terjun atau curug, kawasan Batu Templek Curug merupakan kawasan penambangan batu berbentuk segi empat datar. Kebetulan di area pertambangan terdapat aliran air yang cukup besar yang berasal dari sungai di atas tebing. Mungkin nama Batu Templek diambil dari hasil pertambangan masyarakat setempat berupa batu pipih. Tambang batu tua menjadi daya tarik utama air terjun ini. Ketinggian tebing Batu Tempek sekitar 50m dan panjangnya sekitar 300m. Lokasi Air Terjun Batu Templek berada di Desa Cisanggarung, RT 1/RW 11, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Bagi Anda yang ingin menjelajahi air terjun, Anda dapat menemukan titik-titik menarik untuk mengambil foto atau membuat video perjalanan. Hai! Tunggu sebentar, Anda perlu membayar tiket masuk Rp 5.000, memarkir kendaraan dengan harga yang sama dengan tiket masuk dan berkemah seharga Rp 30.000. Untuk kegiatan pendakian anda akan dipandu oleh seorang guide dan tentunya ada biayanya. Pada musim penghujan seperti sekarang ini (Oktober 2022), debit air dari air terjun cukup besar sehingga membuat pemandangan semakin indah diabadikan dalam foto/video.

Fasilitas umum di kawasan wisata air terjun ini cukup memadai, seperti toilet umum, mushola, area parkir kendaraan, warung makan khas alam hutan lindung. Untuk menuju tempat wisata tersebut, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Kalau rombongan suka sepeda, lebih asyik bersepedanya karena jalannya sudah diaspal dengan baik. Jika ingin berbasah-basah di air terjun ini tentunya disarankan untuk membawa baju ganti agar tidak kedinginan.

Sumber: sandraaersense.com
Air Terjun Cilengkrang

2. Air Terjun Cilengkrang

Air terjun atau orang Sunda menyebutnya curug yang merupakan objek wisata alam. Wisatawan akan terpesona ketika aliran air yang terbentuk jatuh dari ketinggian. Jika matahari bersinar, air terjun memancarkan cahaya pelangi yang indah. Biasanya cekungan di bawah air terjun ini untuk bermain basah, mandi atau berendam, lalu berfoto-foto.

Salah satu air terjun yang terkenal di kawasan wisata Bandung Timur yaitu Curug Cilengkrang di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang. Panorama di sekitar air terjun masih alami segar. Kesegaran ini akan menyejukkan mata karena jauh dari kebisingan kota. Ada banyak jalur alternatif untuk mencapai air terjun. Landmark utama adalah Pasir Impun (pintu masuk ke Jalan Cisanggarung), Ujungberung (pintu masuk ke Jalan Cilengkrang I), Cibiru (pintu masuk ke Jalan Desa Cipadung, Jalan Manisi, Jalan Sindangreret), Cinunuk (pintu masuk ke Jalan Sadang), ke Cileunyi (pintu masuk ke Jalan Sadang).Jalan Vila Bandung Indah). Semua pintu masuk dalam kondisi baik karena telah diaspal atau beton.

Angkutan umum hanya moto taxi yang bisa mengantar anda ke lokasi air terjun. Sesampainya disana, kamu hanya membayar tiket masuk sebesar Rp7500.00. Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup, Anda dapat menjelajahi air terjun lain di sekitar Curug Cilengkrang (atau Batu Peti), yaitu Curug Panganten, Kacapi, Dampit, Leknan dan Papak.

Sesampainya di air terjun, Anda bisa mengamati fasilitas yang ada, seperti tempat ibadah (musala), toilet umum, area berkemah dan deretan tempat makan dan minum sederhana. Sebelum pergi ke air terjun sebaiknya persiapkan perlengkapan perjalanan anda seperti datang pagi hari untuk menghindari terik matahari, memakai sepatu yang nyaman karena jalur menuju air terjun cukup curam, membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, dan daya tahan tubuh yang prima ya.

Sumber: bogordaily.net

3. Taman Lahan Basah Cisurupan

Wetland Park Cisurupan yang seluas 4 hektar ini terletak di sebelah timur kota Bandung, tepatnya di Jalan Cilengkrang 1 RW 08, Cisurupan, Cibiru, Bandung Timur. Kawasan perairan ini diresmikan pada tahun 2021. Taman wisata ini memiliki 19 kolam retensi, 1 septic tank komunal, 1 rumah kompos dan gazebo serbaguna. Taman air ini telah menjadi sarana pendidikan ekologi air dan tumbuhan. Wisata gratis ini sangat bermanfaat bagi para orang tua yang mengajak anaknya piknik ke tempat wisata ini. Selain dikenalkan tentang pentingnya sistem pengelolaan air sungai untuk pertanian dan ketahanan air, juga diberikan pengetahuan tentang fungsi taman untuk mengurangi banjir. Bagi yang menyukai aktivitas media sosial, Wetland Park Cisurupan pasti memiliki poin yang bagus untuk diabadikan di platform media sosial Anda, seperti Youtube, IG atau FB.

Sumber: Facebook MJP Bandung/eb.findmybucketlist.com

4. Tempat Hutan Manglayang

Manglayang Jungle Place (MJP) merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung timur, tepatnya di Jalan Cilengkrang 1, Kp. Cigupakan RW 3, Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Kehadiran objek wisata MJP ini bisa menjadi alternatif bagi wisatawan Bandung Raya atau siapapun yang berkunjung ke Bandung untuk berlibur sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Kawasan wisata MJP yang luas begitu tertata dengan apik dan nyaman bagi wisatawan. Anak-anak dan remaja akan senang diajak ke MJP karena banyak tempat menarik untuk berfoto dan juga bermain basah di wahana kolam renang.

Selain wahana air, MJP juga menawarkan area untuk camping keluarga, wahana air, flying fox, peternakan, wisata budaya, mancakrida (sekali jalan) dan tentunya makanan tradisional. Untuk kegiatan khusus, seperti workshop atau seminar, MJP juga menyediakan ruangan yang sangat representatif. Jika Anda berkunjung ke MJP, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Sebelum berwisata ke MJP, Anda yang berniat camping sebaiknya membawa perlengkapan yang cukup. Ditambah baju ganti, makanan dan minuman jika Anda lapar, terutama di malam hari. Bagi yang sekedar menikmati wisata MJP tanpa bermalam, Anda berangkat pada pagi hari agar lebih leluasa menikmati kawasan wisata ini.

Sumber: soapaps.com/www.top-rated.online

5. Ciipo Paniisan

Dimana tempat wisata bermain basah lainnya di Bandung Timur? Pergi ke Paniisan Cippo, oke? Lokasi wisata air ini berada di Cijasirna, Ciporeat, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Menurut pengelola tempat wisata ini, kolam ini merupakan sumber air dari Pegunungan Manglayang. Oleh karena itu, air kolam ini mengalir terus menerus sehingga bebas dari bahan kimia, klorin. Karena sirkulasi air terus berubah atau mengalir ke tempat lain di sekitar lokasi Panisan Ciipo, kebersihan air sangat terjaga.

Kolam ini seperti kolam pada umumnya, terbagi menjadi kolam khusus untuk dewasa dengan kedalaman 2 m dan 80 cm, sedangkan kedalaman kolam khusus untuk anak-anak adalah 30 cm. Paniisan Ciipo mengurus fasilitas yaitu kamar mandi, gazebo, tempat penitipan barang dan tempat botram setelah berenang. Namanya juga air pegunungan, pasti akan lebih dingin jika bermain basah-basahan di kolam ini.

Bagi Anda yang ingin bermain di kolam yang berada di kaki Gunung Manglayang ini, tentu saja mudah untuk diikuti. Anda masuk dari jalan utama, Jalan Ujung Berung atau Jalan Cilengkrang 1. Akses menuju ke sana bisa dilakukan dengan sepeda motor atau mobil. Untuk berenang, biaya masuknya cukup murah yaitu Rp 10.000, Anda bisa bermain sepuasnya.

Apa yang kamu tunggu? Jika sudah waktunya untuk perjalanan basah, saatnya untuk pergi. Pilih tempat wisata mana saja yang kamu suka di kawasan Bandung Timur ini ya. Jadi, persiapkan juga segala kebutuhan perjalanan Anda agar kunjungan Anda semakin nyaman, apalagi jika ingin mengabadikan semua momen piknik Anda di akun media sosial.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button