Berita Wisata

Abrasi pantai Endok semakin besar, jarak dari bibir pantai kurang dari 25 meter

PEREMPUAN MENANG– Erosi akibat abrasi di Pantai Endok Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung telah mengurangi daratan pantai. Sebelumnya luasnya mencapai 110 meter persegi, kini menjadi kurang dari 25 meter persegi.

“Oleh karena itu, kami berharap ada penanganan yang lebih serius, jangan bersifat sementara seperti yang dilakukan sebelumnya yang hanya memperparah abrasi,” kata Kepala Desa Taman Ayu, Pak Tajudin.

Tajudin mengikutinya dengan memasang selangkangan. Material beton yang dibangun tegak lurus dengan pantai dimaksudkan untuk mengganggu aliran air dan membatasi pergerakan sedimen. Namun, pekerjaan yang menelan biaya miliaran rupiah itu dinilai tak mampu meredam dampak abrasi.

Diakui Tajudin, saat ini ada lagi rencana PLN membuat tetrapod atau pemecah gelombang. Menurut dia, warga baik-baik saja asalkan berdampak jangka panjang dan mampu mencegah abrasi. “Kalau coba-coba, bahaya, dan kami pasti menolak,” ujarnya.

Tajudin menjelaskan, menurut informasi yang diterimanya, PLN akan memproduksi 100 tetrapod. Namun sejauh ini belum ada dasar perencanaan yang jelas. Hal itu membuat warga khawatir, jangan sampai menambah abrasi.

“Sementara itu, warga kami ingin terus meminta dibangunnya breakwater permanen untuk mengatasi abrasi pantai. Alasannya, mereka trauma dengan penanganan sementara seperti pemasangan selangkangan”, jelas Tajudin.

Tajudin berharap kondisi pantai kembali normal. Menurutnya, dengan seringnya terjadi abrasi sangat merugikan pemerintah desa. “Karena kita tidak bisa mengembangkan dan mengembangkan potensi yang ada di desa,” ujarnya.

Di bawah dampak abrasi ini, garis pantai tidak hanya mendekati pemukiman penduduk. Namun juga dekat dengan lokasi pembangunan PLTU Jeranjang. Direktur PLN UPK Lombok Nyoman Satriyadi Rai membenarkan PLN berencana memasang tetrapod.

Ia mengaku pihaknya sudah memiliki stok 100 unit tetrapod. Sebelum pemasangan, akan dilakukan sosialisasi dengan masyarakat. “Tentu akan sangat membantu pencegahan abrasi karena memiliki fungsi pemecah gelombang,” ujarnya. (bib/r3)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button