Berita Wisata

Aceh Selatan mengandalkan Pulau Dua sebagai destinasi wisata

Aceh Selatan (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan membidik Pulau Dua sebagai destinasi wisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut.

Pejabat pariwisata Aceh Selatan Muchsin di Aceh Selatan mengatakan pada hari Rabu bahwa Pulau Dua didasarkan pada perairan Ujung Pulo Rayeuk Gampong (desa) di Kabupaten Bakongan Timur.

“Pulau Dua letaknya di Samudera Hindia, tapi jaraknya sekitar tiga kilometer dari bibir pantai. Keindahan alam sekitar pulau dan alam bawah laut menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Aceh Selatan,” kata Muchsin.

Selain keindahan alam, kata Muchsin, Pulau Dua memiliki pantai yang bersih. Di Pulau Dua juga terdapat burung endemik yaitu burung Perlin yang terbang berkelompok di malam hari.

“Tiap senja atau menjelang magrib, burung Perlin kembali ke Pulau Dua. Mereka terbang berkelompok besar, bisa mencapai ribuan,” kata Muchin.

Muchsin mengatakan pihaknya terus membenahi destinasi wisata Pulau Dua. Diantaranya, pembangunan sarana dan prasarana penunjang. Pengelolaan destinasi wisata di Pulau Dua dilakukan oleh masyarakat setempat.

“Pengelolaan dilakukan langsung oleh desa dan transportasi masih menggunakan perahu motor tradisional. Kami mendukung perbaikan infrastruktur pariwisata di Pulau Dua,” kata Muchsin.

Muchsin mengatakan wisatawan di Pulau Dua tidak pernah sepi setiap harinya. Pengunjung membludak saat liburan, yang biasanya datang dari kabupaten kota tetangga seperti kota Subulussalam dan provinsi Sumatera Utara.

“Dari segi pengunjung pasti meningkat setiap tahunnya, tidak hanya dari Aceh tapi juga dari Sumut. Berapa kunjungan ke Pulau Dua setiap tahunnya, belum kami hitung,” kata Muchsin.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button