Berita Wisata

Aceh Utara memiliki destinasi wisata religi dan alam

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:24 WIB

| Penulis:

Penerbit: Tobari

Aceh Utara, InfoPublik – Bumi Malikussaleh adalah sebutan untuk kabupaten Aceh Utara yang berpenduduk lebih dari 600.000 jiwa yang tersebar di 852 desa di 27 kecamatan.

Aceh Utara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang memiliki beragam potensi wisata alam dan wisata religi yang mempesona. Kabupaten Aceh Utara berjarak sekitar 267 kilometer dari kota Banda Aceh dan ibukotanya adalah Lhoksukon.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Saifuddin pada Kamis 19/01/2023 mengatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya peningkatan tempat wisata di Aceh Utara agar menarik dan dikunjungi wisatawan.

“Bepergian adalah salah satu kebutuhan terpenting bagi anak-anak dan orang dewasa di akhir pekan,” katanya.

Disebutkan, bagi masyarakat atau wisatawan dari luar Aceh Utara yang ingin berkunjung untuk berkunjung, ada tujuh rekomendasi pemandangan alam terindah dan destinasi wisata religi.

1. Rumah Adat Cut Meutia

Rumah adat Cut Nyak Meutia merupakan cagar budaya yang terletak di Desa Masjid Pirak Kecamatan Matangkuli. Rumah adat yang juga menjadi museum untuk menghormati pahlawan Cut Mutia Aceh ini memiliki bangunan kayu dengan gaya Aceh yang unik. Dahulu Cut Meutia adalah seorang pahlawan wanita Aceh yang berjuang melawan penjajahan Belanda selama 20 tahun.

Rumah adat Cut Nyak Meutia menawarkan pengunjung untuk merasakan sejarah pahlawan perempuan Aceh. Bagi anda yang ingin mengunjungi rumah adat ini, anda dapat berkendara sekitar 9 km dari kota Lhokseumawe.

2. Wisata Gunung Salak

Wisata Gunung Salak merupakan objek wisata yang terletak di kawasan perbukitan, tepatnya di kilometer 31, Gampong Alue Dua, kecamatan Nisam Antara. Tempat ini menawarkan panorama alam yang indah sehingga menjadi pusat perhatian wisatawan.

Obyek wisata ini ditujukan untuk kalangan muda dan konsep wisata Gunung Salak sangat Instagrammable. Pengunjung bisa berfoto di spot-spot menarik tempat ini sambil menikmati kuliner yang ditawarkan oleh kafe dan restoran modern

Untuk mengunjungi wisata Gunung Salak ini, Anda bisa memulainya dari jalan Simpang Kertas Kraf Aceh (KKA) kemudian lurus ke kilometer 31.

3. Air Terjun Tujuh Bidadari

Air terjun ini terletak di Geureudong Pase. Air Terjun Tujuh Bidadari menawarkan keindahan alam yang dikelilingi alam liar yang selalu sangat asri. Tempat wisata ini memiliki nama yang sesuai dengan tempatnya karena terdapat air terjun bertingkat 7 yang sangat mempesona.

Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana air terjun yang sejuk dan pepohonan di sekitar tempat wisata. Untuk mengunjungi Air Terjun Tujuh Bidadari, pengunjung dapat menempuh Jalan Punteuet Lhokseumawe menuju Geureudong Pase di Aceh Utara.

4. Pantai Bantayan

Pantai Bantayan merupakan salah satu tempat wisata pantai di desa Bantayan, Seunuddon, Aceh Utara. Pantai ini dengan pemandangan air laut yang indah, deretan pohon pinus rindang yang sejuk dan wisata kuliner kekinian Tersedia area parkir sepanjang jalan 1000 x 4 meter, tersedia 1 unit Mushalla untuk sarana ibadah pengunjung

Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya tidak hanya berasal dari masyarakat setempat tetapi juga dari berbagai daerah. Apalagi saat akhir pekan tiba, pantai ini menjadi semakin ramai dikunjungi wisatawan, terutama orang-orang yang berwisata bersama keluarga.

5. Kompleks Kerajaan Samudera Pasai

Kemudian Anda bisa mengunjungi kompleks kerajaan Samudra Pasai, salah satu kerajaan Islam yang pernah ada di kepulauan tersebut. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1267. Bukti keberadaannya masih bisa ditemukan.

Banyak bukti sejarah kerajaan samudra Pasai yang masih terjaga kelestariannya. Anda bisa mengunjungi makam Malik as-Saleh.

Letak makam Sultan berada di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Geudong, Kabupaten Aceh Utara. Bukti sejarah Kerajaan Samudra Pasai memang tersebar di seluruh Aceh Utara.

Kita bisa berkeliling kawasan Aceh Utara atau Lhokseumawe untuk menelusuri sisa-sisa Kesultanan Samudra Pasai.

6. Air Terjun Blang Pond

Air terjun ini merupakan tempat wisata di wilayah Aceh Utara yang menawarkan pesona alam yang indah. Letaknya yang berada di antara pepohonan rimbun dan jauh dari kota membuat air terjun ini asri dan alami.

Saat memasuki kawasan air terjun, Anda akan dimanjakan dengan panorama air terjun yang eksotis. Anda bahkan bisa bermain air di bawah air terjun yang terasa sejuk dan sejuk. Namun sebelum akhirnya sampai di air terjun Blang Pond, Anda harus melewati 660 anak tangga.

Menyeberangi ratusan anak tangga sepertinya mudah, karena selama perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Jika ingin mengunjungi air terjun ini, datanglah ke Gampong Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Akses jalan menuju air terjun juga cukup baik dan dapat digunakan kendaraan pribadi.

7. Makam Potong Meutia

Mendapatkan ke daerah itu agak sulit. Wisatawan harus menempuh jalan Jalan Pema Global Energi (PGE) menuju Gampong Alue Bungkoh, distrik Pirak Timu. Setelah itu, belok kanan dan ikuti jalan lurus.

Sebaiknya wisatawan menggunakan buku panduan agar tidak tersesat saat berwisata ke pedalaman Aceh Utara. Relief jalan masih agak sulit.

Sekarang sedang dibangun. Tentu saja, kami berharap kedepannya akan lebih baik lagi karena sudah ditetapkan sebagai desa wisata.

Selama ini, kawasan tersebut kerap didatangi para pecinta sepeda trail yang sekaligus berziarah ke makam para pahlawan nasional tersebut. (mc03/toeb)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button