Berita Wisata

Ada ancaman cuaca buruk, BPBD melatih tim pemantau cuaca di sejumlah pantai wisata di Pamekasan

PAMEKASAN, KOMPAS.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, membentuk satgas untuk memantau kondisi cuaca ekstrem.

Tim memantau langsung perkembangan kondisi cuaca ekstrem di sejumlah pantai yang menjadi destinasi wisata selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Budi Cahyono, Pengamat Bencana Muda BPBD Pamekasan, mengatakan, langkah itu diambil setelah pantai Pamekasan diprediksi terdampak cuaca ekstrem.

“Berdasarkan prakiraan, kondisi cuaca ekstrem berupa gelombang besar dan angin kencang dapat terjadi di Pamekasan hingga 5 Januari 2023,” kata Budi di Pamekasan, Jawa Timur, Jumat, seperti diberitakan Antara.

Baca Juga: Puncak Berkabut Tebal di Bogor, Kapolres: Waspadai Kondisi Cuaca Parah

Ia menjelaskan, di Pamekasan ada tiga objek wisata pantai yang biasa banyak dikunjungi warga saat liburan, termasuk saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Pantai Talang Siring di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pantai Jumiang di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu dan Pantai Padelegan di Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

“Khusus di tiga objek wisata pantai ini, kami telah menerjunkan tim khusus untuk memantau perkembangan situasi di sana,” ujarnya.

Budi yang juga Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pamekasan lebih lanjut menjelaskan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Laut Tanjung Perak, Surabaya, telah mengeluarkan informasi peringatan dini gelombang tinggi. di perairan Jawa Timur untuk periode 30 Desember 2022 sampai dengan 5 Januari 2023.

Dalam keterangan tersebut, BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan Jawa Timur untuk beberapa hari ke depan.

Ketinggian gelombang kategori tinggi 2,5 hingga 4 meter dapat terjadi di Perairan Kalteng Timur, Bawean Laut Jawa Utara, Bawean Laut Jawa Selatan, Laut Jawa Masalembo Barat, Perairan Tuban-Lamongan, Perairan Gresik-Surabaya, Perairan Utara Madura dan Perairan Kepulauan Sapudi.

Baca Juga: Puncak Berkabut Tebal di Bogor, Kapolres: Waspadai Kondisi Cuaca Parah

Ketinggian gelombang kategori sangat tinggi 4 hingga 6 meter dapat terjadi di Perairan Laut Masalembo Jawa Timur, Perairan Kepulauan Kangean dan Perairan Tenggara Jawa Timur.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan risiko keselamatan pelayaran, terutama untuk kapal ikan, tongkang, kapal fiber, kapal ferry dan kapal besar.

“Selain bertugas tracking objek wisata, tim kami juga bertugas memberikan sosialisasi langsung kepada nelayan dan warga pesisir untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button