Berita Wisata

Ada jembatan Kretek II, sisi timur dan barat pantai Bantul kini bisa dijangkau dengan lebih nyaman

TEMPO.CO, Yogyakarta – Wisatawan yang gemar berkunjung ke pantai selatan, khususnya di Bantul Yogyakarta, tidak perlu lagi khawatir jika ingin berpindah tempat dengan cepat dari satu titik pantai ke titik pantai lainnya. Memang, pada akhir Januari pantai-pantai di sisi timur kabupaten, seperti pantai Parangtritis dan Parangkusumo, terhubung melalui jembatan Kretek II ke pantai barat, seperti pantai Samas.

Infrastruktur baru yang melintasi Sungai Opak pada Selasa 31 Januari 2023 itu sudah mulai uji coba bagi Pemkab Bantul. “Pembukaan Jembatan Kretek II sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan Bantul,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di sela-sela uji coba jembatan.

Jembatan Kretek II yang terdiri dari empat jalur dan dua arah ini dilengkapi dengan jalur sepeda dan jalur pejalan kaki. Jembatan ini juga dilengkapi dengan penerangan umum dan pencahayaan artistik dan beroperasi 24 jam sehari.

Panjang Jembatan Kretek II sekitar 600 meter, namun total penanganan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sepanjang 2,6 kilometer. Karena berada di kawasan Sesar Opak aktif yang berpotensi bencana gempa, jembatan ini didesain tahan gempa.

Halim mengatakan, dengan beroperasinya jembatan tersebut diharapkan dapat semakin mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir selatan dan mengurangi angka kemiskinan di Bantul. “Dengan menghubungkan pantai timur dan barat akan semakin banyak wisatawan yang datang dan ini akan mendorong tumbuhnya tempat wisata baru, taman kuliner dan permainan di pantai selatan,” katanya.

Tes jembatan bertujuan untuk mengetahui perilaku pengguna jalan setelah jembatan dibuka. Selain itu, menjadi pertanyaan apakah jembatan ini memenuhi standar operasi, khususnya standar keselamatan bagi pengguna jalan.

Halim mengatakan, Jembatan Kretek II akan terus dibuka hingga akhirnya diresmikan oleh pemerintah pusat. Pasalnya, jembatan tersebut diperkirakan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. “Kami meminta masyarakat untuk membantu menjaga infrastruktur ini, agar bahu jembatan tidak digunakan untuk perdagangan, karena dapat mengganggu lalu lintas,” katanya.

Baca juga : Asyiknya main air dan makan soto di Padusan Banyu Bening, Bantul

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button