Berita Wisata

Adira Finance bantu pengembangan desa wisata Carangsari Bali bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif : Okezone Travel

BALI – Desa wisata bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi seru sambil mempelajari hal-hal baru. Salah satu desa wisata yang harus Anda kunjungi adalah Desa Wisata Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.

Carangsari The Historical Village adalah julukan yang tepat untuk menggambarkan betapa bersejarahnya Desa Wisata Carangsari. Desa ini merupakan tempat kelahiran pahlawan kemerdekaan nasional Indonesia, Brigjen TNI (anumerta) I Gusti Ngurah Rai.

Saat berkunjung ke desa ini, Anda bisa belajar tentang seni budaya Bali. Desa Wisata Carangsari sangat kental dengan budaya dan tradisinya. Salah satunya adalah tari topeng Tugek Carangsari. Tarian ini diciptakan dan dipopulerkan oleh seorang maestro tari topeng dari Carangsari I Gusti Ngurah Widya

Potensi wisata budaya lainnya yang menunjukkan karakter desa Carangsari, seperti Puri Agung Carangsari, komunitas seni budaya Tugek Carangsari, tugu I Gusti Ngurah Rai, akulturasi budaya Tionghoa dengan masyarakat lokal.

BACA JUGA: Adira Finance mengajak para komunitas otomotif untuk berkendara menikmati keindahan desa wisata Sanankerto Malang

Desa Carangsari memiliki potensi wisata alam seperti arung jeram. Apakah Anda siap untuk mengarungi sungai terpanjang di Bali? Langsung menuju lembah Sungai Ayung di desa wisata ini.

Untuk bisa mencapai sungai yang memiliki panjang 62,5 kilometer ini, Anda harus menempuh ratusan anak tangga terlebih dahulu. Rasa lelah trekking akan terbayar saat Anda melakukan rafting. Bagaimanapun, itu lengkap, sensasinya!

Sebagai daerah pertanian, Badung Utara khususnya Petang tidak hanya kaya akan perkebunan kopi. Di sini Anda bisa belajar cara membuat dan mencicipi coklat Carangsari Petang asli yang berkualitas tinggi.

Kunjungi Pod Chocolate Bali untuk merasakan tour selama 1,5 jam mulai dari proses panen di kebun coklat, memetik biji kakao, memanggangnya, mencoba membuat coklat sendiri.

Di desa ini, Anda juga bisa berjalan-jalan di hutan konservasi ditemani gajah sumatera yang besar dan lucu. Kagumi pemandangan sawah, hutan, sungai, dan lembah bersama gajah-gajah ini, dan jangan lupa untuk mengambil foto sebanyak mungkin.

Desa Wisata Ramah Berkendara

Keindahan alam desa Carangsari menarik perhatian Adira Finance bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta didukung oleh Zurich, MUFG, Bank Danamon dan Adira Finance Syariah untuk menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2022 (FKL).

Dalam rangkaian FKL tersebut, Adira Finance bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan peresmian landmark desa wisata ramah berkendara di desa Carangsari dan festival pasar populer di pasar tradisional desa Carangsari sebagai destinasi ke-3 Lokal 2022. Kegiatan Festival Kreatif.

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal yang berfokus pada pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia. Tahun ini merupakan tahun ke-3 penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Adaptasi, kolaborasi dan inovasi merupakan aspek penting dalam pengembangan desa wisata. Inovasi yang dilakukan Adira Finance dalam pelaksanaan rangkaian program festival kreatif lokal yang bekerjasama dengan program ADWI Kemenparekraf tentunya menjadi langkah strategis untuk mengangkat potensi sektor desa wisata parekraf secara lebih luas, kami berharap kerjasama ini menjadi upaya untuk membangkitkan perekonomian sektor pariwisata pascapandemi,” kata Indra Ni Tua, Direktur Pengelola Destinasi, Kemenparekraf/Baparekraf .

Carangsari dipilih sebagai salah satu desa wisata ramah kendaraan karena memenuhi kriteria pendukung. (Foto: dok. Adira Finance)

Pada kesempatan yang sama, Senior Director Adira Finance Dewa Made Susila mengatakan Adira Finance ingin membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya segmen bisnis UMKM.

“Oleh karena itu, kami menjalin kemitraan strategis dengan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk menyelenggarakan rangkaian festival kreatif lokal. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan untuk menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, dan memperkuat bisnis Adira Finance. hadir sebagai perusahaan yang memberikan solusi keuangan sesuai kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Carangsari dipilih sebagai salah satu desa wisata ramah mobil karena memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalan aspal, lampu lalu lintas, SPBU dan bengkel mobil, sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, tour operator dan guide, serta serta ekosistem pariwisata, yaitu tempat wisata, akomodasi atau fasilitas lainnya.

“Terima kasih kepada seluruh pengelola desa wisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Zurich, MUFG, Bank Danamon dan mitra pendukung kami lainnya atas kerjasama dan peran aktifnya dalam penyelenggaraan acara ini.” berharap program ini dapat memberikan manfaat yang tidak hanya meningkatkan minat wisatawan lokal untuk berkunjung, tetapi juga memperkuat ekosistem desa wisata setempat,” ujar Dewa Made Susila.

Informasi terkait rangkaian kegiatan Festival Kreasi Lokal 2022 dapat diakses melalui akun media sosial resmi Adira Finance @adirafinanceid, kanal Youtube Adira Finance dan platform website Sahabat Lokal Adira Finance.

Sehari dua hari tak cukup untuk menikmati desa wisata Carangsari. Untuk ini, Anda bisa menginap di beberapa resort yang ada. Ayo tunggu apa lagi segera atur waktu untuk berkunjung ke desa Carangsari. Jalani pengalaman seru dan tak terlupakan di desa ini bersama keluarga atau pasangan Anda.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

(FDA)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button