Berita Wisata

Aekhula Manari Event, Ajang Promosi Pariwisata dan Dorong Kreativitas Pemuda – Official Site Kabupaten Nias Barat

Bupati Khenoki Waruwu memberikan penghargaan kepada juara I Lomba Tari Kreatif Aekhula Manari Nias Barat 2022 pada Minggu (27/11/2022)

Lahomi (27/11/2022), acara Aekhula Manari Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, merupakan acara yang bertujuan untuk mendorong kreativitas masyarakat. generasi muda pulau Nias untuk mengembangkan potensi dan bakatnya, khususnya dalam bidang seni tari kreatif.

Hal itu disampaikan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu saat Grand Final Lomba Tari Kreatif Aekhula Manari Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 yang digelar di Panggung Utama Pantai Sirombu, Minggu (27/11/2022).

“Mendorong kreativitas dan mengembangkan bakat dan potensi generasi muda Pulau Nias dan khususnya Kabupaten Nias Barat dalam bidang seni tari kreasi,” kata Bupati Khenoki Waruwu.

Selain itu, lanjutnya, acara Aekhula Manari Kabupaten Nias Barat tahun 2022 merupakan salah satu strategi pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk membawa pengunjung melihat langsung destinasi wisata di Nias Barat, meski masih dalam tahap redesign.

Peserta Aekhula Manari Creative Dance Competition saat grand final

Menurut Bupati Khenoki Waruwu dari Nias Barat, promosi dan pengembangan destinasi wisata dilakukan secara simultan dan terpadu dengan program dan kegiatan perangkat daerah lainnya.

“Tidak hanya dengan menggelar event, namun pengembangan pariwisata harus masuk dalam program lintas daerah. Banyak destinasi wisata unggulan di Nias Barat yang akan terus kita tata dan benahi secara perlahan tapi pasti,” ujar Khenoki Waruwu, Bupati Nias Barat.

plt. April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si, Kepala Dinas Pariwusata Dinas Kebudayaan dan Olahraga Pemuda Kabupaten Nias Barat menyampaikan laporan pelaksanaan Grand Final Aekhula Manari

Sebelumnya, Plt. April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., Kepala Dinas Pariwusata, Pemuda Budaya dan Olahraga Kabupaten Nias Barat melaporkan pelaksanaan Lomba Tari Kreatif Aekhula Manari Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 ini melalui beberapa tahapan, yaitu Pendaftaran dan pengunggahan video pada tanggal 10 Oktober s/d 17 November 2022, Seleksi Penyisihan pada tanggal 18 November 2022 untuk memilih 10 video terbaik yang akan lolos ke babak final, Voting video peserta kategori pilihan mulai bulan November 18 November 2022 hingga 27 November 2022 dan pelaksanaan Event Grand Final Aekhula Manari yang akan dilaksanakan pada 27 November 2022 di Pantai Sirombu.

lebih banyak Manager Kantor Parbudpora Nias Barat Imelda Hia melaporkan bahwa peserta yang mengikuti Aekhula Manari Creative Dance Competition 2022 berasal dari berbagai kabupaten/kota di Kepulauan Nias hingga 23 tim sanggar dan hasil penjurian oleh Tim Kurator Dinas Parbudpora, 10 tim studio berhak lolos ke Grand Final dan mengikuti kompetisi hari ini.

Berdasarkan pantauan di venue Grand Final, kesepuluh kontestan menampilkan penampilan terbaiknya di hadapan ribuan orang yang hadir di Pantai Sirombu untuk menyaksikan penampilan para finalis.

Berdasarkan hasil penilaian ketiga juri dalam Grand Final Lomba Tari Aekhula Manari, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Sc (Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat) Regency), Martatini S. Lawolo, S.Pd (Guru dan Praktisi Tari S1 Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Medan) dan Markus F Harefa, ST (tokoh masyarakat Walk on Water Nias), pemenang Aekhula Manari Creative Dance Persaingan Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 yaitu :

  1. Juara 1 diraih Sangehao Sanggar Tari Kabupaten Nias
  2. Juara kedua diraih oleh Sanggar Suci Teturia Kabupaten Nias
  3. Juara 3 Ladari Studio Kota Gunungsitoli
  4. Juara pertama diraih oleh X-Clusive Squad Kabupaten Nias Utara
  5. Juara 2 diraih oleh Sanggar Hulayo SMA N 1 Lahomi.
  6. Juara pilihan berdasarkan like terbanyak di akun Instagram Disparbudporaniasbarat diraih oleh Sanggar Seni Sowua, SMP N 4 Mandrehe Utara.

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang latihan dari panitia yaitu juara 1 mendapatkan uang latihan sebesar Rp 5.000.000, juara 2 Rp 4.000.000, juara 3 Rp 2.500.000, juara 1 Rp 2.000.000 dan juara harapan 2 mendapat uang pembinaan sebesar Rp 500.000 sedangkan juara pilihan Rp 1.000.000.

Selain itu, sepuluh finalis yang mengikuti grand final Aekhula Manari mendapatkan bonus tambahan dari Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat masing-masing sebesar Rp 500.000.

Kesepuluh finalis juga diprioritaskan untuk tampil dalam kegiatan atau event yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat dan lebih khusus lagi untuk juara 1 lomba tari kreatif Aekhula Manari Kabupaten Nias Barat akan tampil bersama komunitas Walk on Water (WoW). pada acara Traditionaland yang akan diadakan pada bulan Januari 2023 mendatang.

Usai menyerahkan penghargaan kepada masing-masing pemenang, Misson Mendrofa mewakili Sangehao Sanggar Tari Sangehao Kabupaten Nias mengaku sangat senang mendapat kesempatan untuk tampil di ajang Aekhula Manari Nias Barat 2022 dan terpilih sebagai Juara 1.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Barat yang telah menyelenggarakan acara tersebut dan berjanji akan kembali tampil di acara serupa yang digelar di Nias Barat pada tahun-tahun berikutnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button