Berita Wisata

Agam sedang menyiapkan 3 destinasi wisata baru di tahun 2023, termasuk masjid terapung pertama

RINGKASAN – Pemerintah Kabupaten Agam sedang menyiapkan tiga destinasi baru untuk menjadi tuan rumah kunjungan wisata sepanjang tahun Sumbar.

Seperti diketahui, tahun 2023 telah disepakati sebagai tahun wisata tamasya Sumatera Barat dengan slogan “Visit Beautiful West Sumatera”.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Keagamaan Syatria mengatakan, berdasarkan RPJMD, ada tiga pengembangan destinasi baru di wilayah tersebut.

Asyefa Griya Pusaka

Pertama, pengembangan destinasi wisata pantai di Pasia Tiku dengan ikon Masjid Sirah.

Syatria menargetkan Masjid Sirah selesai tahun depan dan menjadi masjid terapung pertama di Agam.

Selain itu, kata Syatria, Pemkab Agam juga berupaya menciptakan ikon wisata baru di tempat ini dari segi kuliner, yakni gulai ikan tiku.

“Sajian yang menarik dengan pemandangan pantai yang indah dan kuliner yang memanjakan lidah sudah menjadi konsep pengembangan wisata di Pantai Tiku,” jelasnya dikutip AMCNews, Minggu 13 November 2022.

Pengembangan destinasi wisata baru kedua adalah Taman Safari di Canduang. Menurutnya, wacana ini sedang dipopulerkan masyarakat, khususnya finalisasi lahan.

Sedangkan tujuan ketiga adalah pembangunan kereta gantung yang nantinya akan menghubungkan kecamatan Matur dan Tanjung Raya.

“Untuk dua destinasi wisata baru ini telah dilakukan pertemuan dengan sejumlah pihak yang diyakini pemerintah daerah memiliki minat yang kuat untuk berinvestasi di kawasan ini,” ujar Syatria.

Syatria menambahkan, selain memperkenalkan destinasi wisata baru, pihaknya juga akan mengoptimalkan destinasi yang sudah ada untuk menampung kunjungan wisatawan pada 2023.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button