Berita Wisata

Agrowisata di perkebunan Agrinex, Kabupaten Pandeglang, Banten, tempat petik buah di kebun

BERITA BANTEN – Desa Agrowisata Agrinex Farm, Kabupaten Pandeglang, Banten menawarkan sensasi memetik buah langsung dari kebun seluas 27 hektar.

Agrinex Farm Village terletak di Desa Cikeusik, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten.

CEO Agrinex Farm, Rifda Ammarina mengatakan Desa Agrinex Farming Agrinex Farm, Kabupaten Pandeglang, Banten memiliki luas 27 hektare, sementara baru 25 hektare yang telah ditanami berbagai pohon buah-buahan.

“Lahan ini sudah ditanami kurang lebih 40 jenis buah, kita punya buah utama di atas 250 pohon, ada alpukat buaya, lengkeng kristal, jeruk cokun, jeruk dekopon, alpukat kendil. Lalu ada durian musang raja, mangga aromatik. dan aneka pisang dari berbagai daerah termasuk Halmahera,” kata Rifda di Kabar Banten, Senin, 2 Januari 2023.

Rifda mengatakan, selain itu, lahan tersebut juga telah ditanami berbagai pohon atau buah-buahan tropis lainnya seperti nanas, manggis, markisa, blingbing, cermai dan buni. Namun, di antara berbagai pohon buah-buahan tersebut, hanya beberapa saja yang sudah mulai dipanen.

“Alhamdulillah mereka sudah berproduksi, tapi semua hanya sebagian kecil, targetnya dalam 8 tahun semuanya sudah berproduksi. Sekarang kita baru berumur 5 tahun, jadi dalam 3 tahun durian Musang King sudah berbuah, kita bisa memanennya,” katanya.

Rifda juga menyampaikan bahwa selain sebagai desa agrowisata, Agrinex Farm kedepannya akan dijadikan sebagai tempat pengemasan dan akan membeli hasil panen dari masyarakat sekitar untuk dipasarkan di supermarket. Hal itu dilakukan dengan tujuan membantu petani meningkatkan perekonomian keluarganya.

“Proyek selanjutnya insyaallah saya ingin membangun pabrik pengepakan, sehingga saya bisa membeli produk dari masyarakat di kecamatan Cikeusik agar bisa kita kemas dan masuk ke supermarket,” ujarnya.

Lebih lanjut Rifda mengakui, saat ini hasil panen buah dari Desa Agrowisata Agrinex Farm, Kabupaten Pandeglang, Banten tidak bisa masuk supermarket karena pasarnya adalah produk organik.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button